Banyak Efek Samping, Jangan Gunakan Pelembap Tubuh (Body Lotion) untuk Wajah

Ilustrasi: penggunaan body lotion (sumber: prevention.com)

Bagi sebagian besar orang, merawat kulit adalah sebuah kewajiban sekaligus kesenangan. Dibalik itu semua, sayangnya banyak orang yang tidak mengetahui penggunaan pelembap tubuh atau bisa juga disebut body lotion dan penggunaan pelembap wajah. Beberapa orang bahkan menganggap keduanya adalah hal yang serupa, dan akhirnya sering menggunakan body lotion untuk wajah. Jika Anda juga memiliki kebiasaan tersebut, lebih baik Anda menghentikannya karena bisa berakibat fatal untuk wajah Anda.

Beberapa orang mungkin menganggap penggunaan body lotion pada wajah adalah cara merawat kulit yang sederhana dan praktis. Apalagi bentuk dan tekstur body lotion dan pelembap wajah seringkali mirip. Alasan lain ketika orang menggunakan body lotion untuk wajah, karena lebih ekonomis. Ya, bisa dibilang harga skincare, khususnya untuk pelembap wajah, memang lebih mahal. Secara perhitungan pun, Anda bisa menghemat puluhan ribu rupiah untuk tidak membeli pelembap wajah. 

Perbedaan Kulit Tubuh dan Wajah

Perlu Anda ketahui bahwa kulit pada setiap bagian tubuh itu berbeda-beda, tidak terkecuali kulit wajah. Dilihat dari sifat dan tekstur, bahkan cara kerjanya pun berbeda. Inilah alasan yang tepat mengapa setiap bagian kulit tubuh memiliki cara perawatan yang berbeda, termasuk pada varian produk pelembap kulit. 

Kulit tubuh (sumber: glamourmagazine.co.uk)

Kulit tubuh (sumber: glamourmagazine.co.uk)

Perbedaan lain yang terdapat pada kulit wajah dan kulit tubuh, yaitu terletak pada ketebalannya. Setiap bagian tubuh, termasuk wajah, pasti memiliki ketebalan kulit yang bervariasi. Ahli kulit bersertifikat New York City, Shari Lipner, mengatakan, kulit di wajah Anda lebih tipis daripada bagian tubuh Anda yang lain. Pada bagian kulit wajah, juga masih terdapat perbedaan ketebalan, terutama pada kulit periorbital di sekitar mata Anda yang memiliki lapisan kulit paling tipis.

Menurut Healthline, kulit wajah Anda mengandung kelenjar sebaceous dengan konsentrasi tertinggi. Kelenjar-kelenjar tersebut berfungsi untuk memproduksi minyak. Minyak yang diproduksi jumlahnya tergantung pada perubahan hormon dan kondisi lingkungan. 

Perbedaan Body Lotion dan Pelembap Wajah

Karena sifat-sifat pada kulit tubuh dan wajah itu berbeda, maka jenis pelembap yang digunakan pun berbeda. Perbedaan tersebut terletak pada kandungan formula dan kegunaannya. Lotion tubuh cenderung mengatasi masalah seperti firming, selulit, atau spider veins, menurut ahli kimia kosmetik Ginger King. Ini jelas berbeda dengan pelembap wajah yang lebih difokuskan pada pori-pori, bintik-bintik gelap, sifat berminyak, keriput, dan garis-garis halus.

Ilustrasi: pelembap wajah (sumber: dermstore.com)

Ilustrasi: pelembap wajah (sumber: dermstore.com)

Formula yang digunakan dalam pembuatan body lotion juga lebih berat daripada pelembap wajah, dengan emolien lebih tebal untuk melindungi dan melembapkan kulit yang cenderung tebal. Body lotion juga mengandung banyak minyak dan bahan ini tidak baik untuk kulit wajah. Minyak pada pelembap tubuh ini dapat membuat kulit Anda menjadi lebih sensitif dan mudah berjerawat. Beberapa merk body lotion juga menggunakan parfum dan wewangian yang keras. Ini tentunya tidak baik untuk wajah Anda, terutama bagi Anda dengan kondisi kulit wajah sensitif atau mudah iritasi.

Formula pada body lotion tentu berbeda dengan pelembap wajah. Pelembap wajah cenderung menggunakan bahan-bahan ringan yang tidak terlalu memakai banyak minyak. Daripada minyak, pelembap wajah lebih mengutamakan bahan dengan kandungan moisturizer dan bahan-bahan aktif tertentu. Bahan-bahan aktif tersebut difokuskan untuk membuat tampilan kulit wajah menjadi lebih lembap, lembut, dan halus. Bahkan, beberapa pelembap juga bisa menghambat proses penuaan dini dan menghilangkan flek hitam. 

Beberapa produk pelembap wajah pun memiliki fungsi yang disesuaikan dengan kondisi wajah Anda. Mulai dari jenis pelembap untuk kulit dengan kondisi berminyak, kering, hingga berjerawat. Ini juga salah satu solusi bagi Anda untuk tetap menjaga kesehatan dan kecantikan kulit wajah setiap harinya. Berikut ini adalah efek penggunaan body lotion sebagai pengganti pelembap wajah

Efek Penggunaan Body Lotion di Wajah

Ilustrasi: kulit iritasi (sumber: yahoo.com)

Ilustrasi: kulit iritasi (sumber: yahoo.com)

  • Tidak dapat menutrisi kulit dengan baik. Perlu Anda ketahui bahwa body lotion tidak cocok untuk kulit wajah karena formulanya yang tebal tidak dapat diserap dengan baik oleh kulit wajah yang tipis. Sehingga, kandungan serta formula baik pada body lotion tidak dapat menutrisi kulit dengan baik. Penggunaannya justru akan berdampak sia-sia bagi wajah Anda.
  • Mengiritasi kulit wajah. Salah satu efek samping yang sering dialami oleh orang yang menggunakan body lotion untuk wajah, yaitu iritasi. Iritasi ini berupa rasa panas, gatal, kemerahan, hingga ruam pada bagian kulit wajah. Ini sering terjadi di bagian pipi dan dahi.
  • Jerawat. Masalah lain yang muncul akibat salah menggunakan pelembap tubuh sebagai pelembap wajah, yaitu jerawat. Jerawat dapat timbul karena pori-pori yang tersumbat oleh formula body lotion yang tidak dapat diserap dengan baik oleh kulit.
  • Milia. Ini dapat terjadi karena sebagian besar body lotion tidak memiliki perlindungan yang baik terhadap sinar matahari. Milia dapat muncul setelah Anda menggunakan body lotion di wajah dalam waktu berbulan-bulan. Biasanya, milia akan muncul di kulit bagian bawah dan kelopak mata.
  • Bruntusan. Jika Anda termasuk orang dengan kondisi kulit sensitif, ada baiknya tidak mencoba body lotion untuk wajah. Kulit yang cenderung sensitif tidak cocok dengan kandungan body lotion yang berminyak dan berat. Body lotion juga mengandung parfum dan alkohol, yang tidak cocok dengan kulit sensitif. Inilah penyebab bruntusan pada kulit wajah jika Anda menggunakan body lotion.

Itulah beberapa efek samping yang dapat terjadi jika Anda tidak menghentikan kebiasaan menggunakan body lotion untuk wajah. Ada baiknya Anda menggunakan produk perawatan kulit yang sesuai dengan penggunaan dan fungsinya. Anda juga bisa menggunakan skincare, seperti serum atau essence, untuk melembapkan wajah, alih-alih body lotion.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: