Bisnis Es Pisang Cokelat, Manis Semanis Rasanya

Es Pisang Coklat - (Sumber: cookpad.com)Es Pisang Coklat - (Sumber: cookpad.com)

Umumnya buah pisang dijadikan sebagai buah pencuci mulut pada saat selesai makan. Akan tetapi, karena rasanya yang manis dan nikmat menjadikan buah pisang ini dapat diolah menjadi berbagai hidangan, seperti kolak, keripik pisang, hingga es pisang cokelat.

Olahan es pisang cokelat adalah salah satu olahan berbahan utama pisang yang digemari oleh masyarakat, utamanya anak-anak karena memiliki bentuk yang menarik dan rasanya yang enak dan segar. Jauh sebelum hadinya tren es krim pot dan es krim goreng, olahan kuliner es pisang cokelat ini sudah populer dan dikenal dengan salah satu jajanan yang favorit di kalangan anak-anak generasi 90’an.

Es Pisang Coklat - (Sumber: cookpad.com)

Es Pisang Coklat – (Sumber: cookpad.com)

Demi mengulang sejarah sebagai jajanan favorit, sajian es pisang cokelat kembali dimunculkan di belantara industri kuliner Indonesia. Bahkan menurut beberapa sumber, prospek bisnis ini mengungguli beberapa jenis usaha kuliner lainnya.

Merujuk pada beberapa analisa, perhitungan finansial bisnis es pisang cokelat dianggap mampu balik modal hanya dalam jangka waktu 3 bulan operasional saja. Tentu saja menjadi angka yang terbilang instan mengingat rata-rata waktu balik modal sebuah usaha kuliner lainnya biasanya cukup lama sekitar 6 bulanan. Hal tersebut dapat menjadi bahan pertimbangan bagi Anda yang ingin turut berperan dan terjun langsung sebagai pebisnis es pisang cokelat.

Referensi jenis usaha es pisang cokelat ini dapat dijadikan sebagai bisnis rumahan atau sampingan bagi ibu rumah tangga ataupun bagi pebisnis yang serius untuk menggeluti bisnis es pisang cokelat sebagai ladang penghasil uang utamanya. Dengan target utama pemasarannya ke tetangga sekitar tempat tinggal, sistem titip ke warung-warung yang ada di sekitar tempat tinggal, sistem titip ke warung di beberapa sekolah atau koperasi sekolah, hingga mendirikan stan penjualan es pisang cokelat.

Berdasarkan analisa usaha yang dilakukan oleh situs tokomesin.com, ringkasan perhitungan finansial usaha es pisang cokelat dengan menjual sebanyak 24 porsi es pisang cokelat setiap harinya adalah sebagai berikut:
Total biaya investasi: Rp2.500.000
Total biaya tetap per bulan: Rp47.000
Total biaya variabel per bulan: Rp2.700.000
Total pemasukan per bulan: Rp3.600.000
Total pendapatan: Rp835.000 per bulan, atau Rp10.236.000 per tahun.
Balik modal: Rp2.550.000 / Rp10.236.000 = 0,24 = 3 bulan.

Jadi, keuntungan atau laba yang diperoleh dengan menekuni bisnis es pisang cokelat per bulannya akan mendapatkan omzet yang besar. Omzet yang didapatkan dengan menjalankan jenis usaha ini bisa mencapai Rp853.000 per bulan. Dari perhitungan peluang tersebut masih dapat berganti dan berubah. Perubahan ini biasanya disebabkan dengan harga satuan dari bahan yang digunakan serta peralatan pendukung lain yang umumnya memiliki harga yang berbeda di setiap waktu dan masing-masing daerahnya.

Proses pembuatan es pisang cokelat ini juga relatif mudah dan tidak membutuhkan waktu yang lama, tentunya sangat menguntungkan apabila dijadikan sebagai salah satu peluang usaha yang menggiurkan. Jenis pisang yang biasanya digunakan dalam pembuatan kuliner favorit anak-anak tersebut biasanya jenis pisang Ambon, muli dan lainnya.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: