Bisnis Es Krim Rumahan, Bisnis Yang Digemari Semua Kalangan

Bisnis Es Krim - (Sumber: monzatoday.it) Bisnis Es Krim - (Sumber: monzatoday.it)

Es krim merupakan salah satu jajanan yang digemari semua kalangan, mulai dari anak-anak hingga dewasa. Terlebih di Indonesia, dengan suasana dan cuaca yang hangat, menjadikan es krim sebagai jajanan favorit.

Bagi penggemar es krim, mungkin dapat mulai memanfaatkan jajanan tersebut untuk dijadikan sebuah , yaitu es krim rumahan. Untuk dapat membuat es krim di rumah, Anda membutuhkan -bahan seperti sekantong buah-buahan dingin atau buah kaleng.

Apabila tidak ada, maka dapat ditukar dengan 1 batang vanilla. Lalu, jangan lupa siapkan juga seperempat gelas susu, dua gelas es batu yang sudah dihancurkan, whipping cream, dan empat sendok gula.

Campur dan aduk semua bahan di atas ke dalam blender, mulai dari buah-buahan sebagai rasa utama, susu, vanilla dan whipping cream. Setelah tercampur rata, tambahkan gula dan aduk dengan kecepatan tinggi.

Es Krim Rumahan - (Sumber: inisayadanhidupsaya.wordpress.com)

Es Krim Rumahan – (Sumber: inisayadanhidupsaya.wordpress.com)

Ketika semua bahan sudah masuk, pelankan blender hingga adukan menjadi lambat, dan pastikan semua bahan sudah tercampur dengan sempurna. Kemudian, tuang adonan es krim ke dalam cetakan. Letakkan di dalam lemari pendingin selama setengah jam atau lebih.

Anda juga bisa memberikan beberapa tambahan seperti potongan buah dan choco chips ke dalam es krim. Setelah dingin, sebaiknya keluarkan dari cetakan dan es krim pun siap untuk dinikmati.

Resep di atas merupakan satu di antara banyak resep dan cara membuat es krim, apabila Anda menginginkan membuat es krim di rumah, atau ingin membuatnya menjadi sebuah bisnis.

Untuk membuatnya menjadi suatu , mungkin dapat dimulai dari bagaimana kreativitas Anda dalam mengolah bahan-bahan menjadi es krim. Bisnis es krim rumahan mampu menjadi salah satu bisnis yang menguntungkan. Seperti yang dialami oleh Elia Kurniawati. Ia merupakan pemilik es krim kemasan dengan nama Bingu Bidu, singkatan dari Ubi Ungu dan Ubi Madu.

Awalnya, ia memang pembuat es krim ubi ungu, karena suaminya bekerja sebagai pemandu dan sering membawa oleh-oleh ubi ungu. Usaha membuat es krim telah dimulai sejak tahun 2013.

rumah tangga dengan satu anak tersebut awalnya merasa pusing, karena ubi yang diolah secara sederhana dengan direbus, tidak juga laku disantap suami, maupun anggota lainnya.

Berawal dari situ, ia kemudian berkreasi untuk membuat es krim. Ternyata, es krim ubi buatannya laris dinikmati anggota keluarganya, termasuk suaminya. Oleh suaminya, ia ditantang untuk membuat es krim lain, sementara suaminya yang akan mengurus pemasarannya.

Hingga kini, telah banyak varian es krim yang dibuatnya, dan sudah dijual ke beberapa daerah seperti Malang, Jombang, Kediri, Blitar, Banyuwangi, Surabaya, Jakarta, hingga Banjarmasin.

Rasa-rasanya pun sudah beragam, mulai dari es krim wortel, brokoli, apel, buah naga, strawberry, jamur, kacang merah, pisang, kopi, greentea, es krim original, dan rasa-rasa lainnya.

Rata-rata penjualan es krim dalam kemasan cup tersebut dapat terjual sekitar 2.000 cup es krim setiap bulannya. jualnya sendiri berkisar antara Rp 5.000 hingga Rp 7.000 per cup. Sehingga omzet yang didapatkan setiap bulannya dapat mencapai angka puluhan juta rupiah.

Di bawah bendera CV Berkah Omah Sejahtera, Ellia kini mampu mempekerjakan lima orang sebagai karyawan untuk membantunya membuat es krim. Kini, ia mulai mencari cara bagaimana untuk lebih mengembangkan lagi usahanya ke depan.

Selain bisnis es krim milik Ellia, ada juga cerita menarik dari pebisnis es krim keliling yang ada di Dusun Plebengan, Desa Sidomulyo, Bambanglipuro, Bantul, Jawa Tengah. Pebisnis tersebut bernama Sheila Reswari.

Ia merupakan salah satu pendiri Osiris. Es krim yang dijualnya merupakan spesial, karena terbuat dari komunitas difabel Bangkit Maju. Es krim itu dibuat dan dipasarkan oleh orang-orang difabel binaan Sheila dkk.

Berawal dari musyawarah Sheila dan teman-temannya di kala senggang, usaha es krim buah naga tersebut berdiri. Mereka memang ingin membantu kaum difabel untuk bekerja. Pertimbangan mengapa memilih es krim, dikarenakan pasar es krim tidak pernah habis dan bisa dimakan oleh siapa saja.

Mereka memilih buah naga sebagai utama es krim tersebut. Selain rasanya enak, buah naga juga mudah untuk ditemukan. Sheila dkk memasarkan es krim tersebut dari kampung ke kampung.

Akibat kepedulian terhadap kaum difabel, Sheila berkesempatan untuk bertemu dengan Presiden Barrack Obama. Ia bersalaman dan berfoto bersama. Pertemuan itu terjadi dalam acara Young Southeast Asian Leaders Initiative (YSEALI) di Luang Prabang, Laos.

Varian Es Krim - (Sumber: Ralali.com)

Varian Es Krim – (Sumber: Ralali.com)

Bagi Anda yang tertarik dengan bisnis es krim buatan sendiri (rumahan), tetapi ingin menjadi reseller dari produsen, mungkin dapat mencoba paket usaha yang ditawarkan oleh Es Krim Diamond. Peluang usahanya dinilai menguntungkan karena es krim ini biasa disajikan untuk cara hajatan/ulang tahun/acara lain.

Beberapa paket yang dapat dipilih, antara lain:

Paket Kecil Untuk Hajatan/Ulang Tahun/Acara Lain

Paket 1 ember Rp 350.000, terdiri dari:

  • 1 pcs es krim reguler (neapolitan, coklat, vanilla, strawberry)
  • 150 cup + 150 sendok
  • Box stereofoam untuk penahan dingin
  • Pelayanan

Paket 2 ember Rp 650.000, terdiri dari:

  • 2pcs Es Krim Reguler (Neapolitan, Coklat, Vanilla, Strawberry)
  • 300cup + 300sendok
  • Box styrofoam untuk penahan dingin
  • Pelayanan

Paket 3 Ember Rp. 930.000, terdiri dari:

  • 3pcs Es Krim Reguler (Neapolitan, Coklat, Vanilla, Strawberry)
  • 450cup + 450sendok
  • Box styrofoam untuk penahan dingin
  • Pelayanan

Paket 4 Ember Rp. 1.200.000, terdiri dari:

  • 4pcs Es Krim Reguler (Neapolitan, Coklat, Vanilla, Strawberry)
  • 600cup + 600sendok
  • Box styrofoam untuk penahan dingin
  • Pelayanan

Dengan berbagai paket di atas, Anda dapat memilih sesuai dengan kemampuan. Apabila Anda termasuk pendatang baru di dunia bisnis es krim rumahan, mungkin dapat memulai dengan paket yang paling terjangkau terlebih dahulu.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: