Bisnis Alat Tulis Kantor (ATK), Bisnis Potensial Dengan BEP Yang Cepat

ATK - (Sumber: atk.co.id) ATK - (Sumber: atk.co.id)

Salah satu pilihan usaha yang menarik adalah Bisnis Alat Tulis Kantor (ATK). Bisnis ini menjadi potensial mengingat peralatan tulis merupakan kebutuhan mutlak mulai dari pelajar, mahasiswa hingga orang kantoran.

Mengapa bisnis ATK menjadi menarik untuk ditekuni? Pertama, ATK adalah barang yang tahan lama dan tidak mempunyai masa kadaluwarsa seperti makanan. Jadi, kalau tidak laku dalam jangka panjang tetap bisa untuk digunakan dan dijual.

Bisnis ATK - (Sumber: infoperbankan.com)

Bisnis ATK – (Sumber: infoperbankan.com)

Kedua, modal bisnis ATK ini relatif kecil (kalau belum punya tempat bisa menyewa). Ketiga, barang ATK merupakan barang yang banyak dibutuhkan oleh masyarakat misal meterai, pulpen, pensil, buku tulis, penggaris, penghapus, amplop, kwitansi dan lain sebagainya.

Keinginan untuk berjualan ATK menjadi semakin terbuka luas apabila lokasi rumah Anda berdekatan dengan kampus, sekolah, atau kantor. Lokasi tersebut dinilai cocok untuk bisnis ini. Target bisnis ini adalah anak sekolah, mahasiswa, atau karyawan kantor.

Bisnis Alat Tulis Kantor ini biasanya dibarengi dengan dibukanya jasa print. Alat cetak atau printer juga menjadi kebutuhan, khususnya bagi mahasiswa. Mahasiswa seringkali membutuhkan printer dalam menyusun tugas atau bahkan skripsi. Tapi, biasanya jasa print nanti dibuka menyusul seusai bisnis ATK sudah berjalan.

Untuk persiapan Anda membuka bisnis ini, ada beberapa tahapan yang dilalui, yaitu:

Tahap I Memulai Bisnis

  • Melakukan survey tempat, seperti di sekitar kampus atau sekolah..
  • Melakukan analisis barang yang dibutuhkan konsumen.
  • Mempersiapkan sarana promosi.

Tahap II: Strategi Bisnis

Langkah selanjutnya adalah menyusun strategi. Salah satunya adalah strategi pemasaran. Dalam bidang promosi (pemasaran), ada beberapa momen yang bisa Anda manfaatkan, seperti pada saat penerimaan mahasiswa baru. Berikan promosi-promosi yang menarik supaya mahasiswa tertarik berbelanja di toko Anda.

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah menjalin kerjasama dengan pihak kampus, fakultas atau sekolah untuk mempromosikan toko Anda. Apabila diperlukan, pasang iklan di majalah kampus atau sekolah, atau juga bisa dengan menyebarkan brosur.

Kecepatan informasi yang diperoleh dari media sosial pun bisa Anda manfaatkan. Iklan yang dipajang di media sosial sebaiknya yang menarik, walaupun singkat tapi dapat meninggalkan kesan bagi yang melihatnya.

Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan hal-hal lain seperti kerapian tempat. Barang yang harus ada di toko ATK terdiri dari berbagai macam barang, seperti pensil, penggaris, bolpoin, penghapus, tip-ex, kertas, dll. Oleh sebab itu, penataan barang yang rapi akan menambah nilai plus. Anda juga perlu memperhatikan desain toko ATK supaya menarik perhatian pengunjung.

ATK - (Sumber: atk.co.id)

ATK – (Sumber: atk.co.id)

Hal yang kerap dikritik konsumen adalah pelayanan. Oleh sebab itu, keramahan dan sopan santun penjaga toko perlu diperhatikan supaya kenyamanan konsumen juga terjaga. Apalagi jika Anda menginginkan agar bisnis ini bisa bertahan dalam jangka panjang.

Tahap III: Menyikapi Hambatan

Berbisnis tidak mungkin nihil hambatan. Anda perlu mempersiapkan kemungkinan-kemungkinan buruk, dan bersiap dengan segala perubahan lingkungan yang mungkin terjadi. Inovasi serta kreativitas juga diperlukan di sini.

Salah satu hambatan itu bisa datang dari adanya persaingan. Tidak dipungkiri dengan adanya persaingan menjadikan Anda sebagai pemilik toko untuk meningkatkan pelayanan serta ketersediaan dan keberagaman barang yang dijual.

Akan tetapi, dengan adanya persaingan, menjadikan Anda tetap bergerak, tetap mencari sesuatu yang kurang, yang perlu diperbaiki dan memandang persaingan sebagai salah satu upaya Anda tetap bertahan, tentunya dengan strategi yang Anda buat.

Selanjutnya adalah memperoleh barang-barang dengan harga miring, atau lebih murah. Menjual alat-alat tulis kantor dengan harga yang jauh lebih murah dari toko lain memang menjadi daya tarik sendiri. Perbedaan harga yang signifikan akan menjadikan toko Anda lebih mudah untuk diminati konsumen.

Hal ini akan semakin diperkuat apabila Anda memberlakukan diskon atau potongan-potongan harga, misalnya untuk pelajar maupun mahasiswa diberikan harga khusus dengan menunjukkan KTM atau Kartu Pelajar.

Sebagai pertimbangan awal memulai bisnis ini adalah Anda harus mempunyai rincian biaya-biaya serta apa saja yang dibutuhkan. Seperti contoh perhitungan usaha berikut ini:

(Dimisalkan Anda menyewa tempat sebagai lokasi usaha)

Modal awal
Etalase: Rp 1.000.000,00
Rak dan meja Rp 1.000.000,00
Stok awal (pulpen, pensil, buku, kertas, penghapus, dll) Rp 3.500.000,00 +
Total Rp 5.500.000,00
Peralatan etalase, rak dan meja mengalami penyusutan setelah pemakaian selama 4 tahun.
Dengan rincian : 1/48 bulan x Rp 2.000.000,00 = Rp 41.700,00 per bulan
Biaya operasional per bulan
Belanja stok bahan per bulan: @ Rp 500.000/minggu x 4: Rp 2.000.000,00
Perlengkapan toko (plastik, nota, dll): Rp 100.000,00
Biaya sewa tempat per bulan: Rp 500.000,00
Biaya listrik: Rp 100.000,00
Biaya transport: Rp 150.000,00
Biaya promosi: Rp 100.000,00
Biaya penyusutan alat: Rp 41.700,00
Total: Rp 2.991.700,00
Omzet per bulan
Penjualan rata-rata per hari: Rp 150.000,00
Omset per bulan : @ Rp 150.000,00 x 30 hari: Rp 4.500.000,00
Laba bersih per bulan
Rp 4.500.000,00 – Rp 2.891.700,00: Rp 1.508.300,00
ROI
(modal awal : laba bersih per bulan): 3,7 bulan

Dengan perkiraan kembali modal dalam waktu yang singkat, mungkin menjadikan usaha berjualan alat tulis kantor (ATK) menjadi suatu bisnis yang menarik untuk digeluti. Hal ini juga didukung oleh kebutuhan anak sekolah, pekerja kantoran maupun masyarakat umum terhadap alat tulis tersebut.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: