Biskuit Sebagai Cemilan Bayi 8 Bulan, Tambahan Asupan Gizi Untuk Si Kecil

Bayi yang Sedang Makan - (Sumber: babycantre.co.uk) Bayi yang Sedang Makan - (Sumber: babycantre.co.uk)

Bayi berusia 8 bulan umumnya sudah mampu bergerak ke sana kemari dengan cara merangkak. Sebagian bayi bisa jadi sudah dapat berdiri dengan berpegangan pada benda, seperti sisi meja atau tangan orang dewasa.

Dikarenakan bayi sudah mulai aktif bergerak, pastinya merasa lebih cepat lapar. Seiring dengan pertambahan usia, jumlah si kecil akan bertambah. Selain utama, si kecil juga perlu mendapatkan tambahan asupan gisi lewat cemilan atau snack.

Dalam memilih cemilan untuk bayi usia 8 bulan, pertama-tama, perlu mempertimbangkan kandungan yang dibutuhkan. Misalnya, cemilan yang bernutrisi dengan karbohidrat, protein, serat, vitamin, dan mineral untuk memberikan tambahan asupan gizi untuk si Kecil. Tetapi karena sifatnya adalah makanan tambahan, sebaiknya si kecil diberikan yang rendah gula dan rendah lemak.

Bayi yang Sedang Makan - (Sumber: babycantre.co.uk)

Bayi yang Sedang – (Sumber: babycantre.co.uk)

Untuk bayi usia 8 bulan mulai diberikan biskuit dengan tekstur agak padat untuk menstimulasi pertumbuhan gigi, serta kemampuan mengunyah dan bicara. Untuk melatih pola makan yang baik sejak dini, tetapkan jadwal makan cemilan antara waktu makan utama secara teratur. Waktu makan cemilan sebaiknya tidak mendekati waktu makan utama agar tidak mengurangi nafsu makan.

Para ibu pastinya ingin memberikan yang terbaik untuk anaknya. Untuk menghindari kekhawatiran terhadap kandungan cemilan yang dijual di pasaran, ada baiknya para ibu membuat sendiri resep cemilan di rumah, seperti berikut:

Biskuit Susu Apel

:

  • 150 ml Air Hangat
  • 50 gram Apel
  • 3 Biskuit Bayi
  • 2 sendok makan

Cara membuat:

  1. Tahap pertama, Anda kupas terlebih dahulu kulit apel, cuci hingga bersih, dan haluskan dengan menggunakan blender
  2. Setelah itu, larutkan susu formula dengan menggunakan air hangat
  3. Dan setelah itu, siram biskuit yang telah Anda siapkan dengan menggunakan susu formula
  4. Aduklah hingga lunak dan tercampur dengan rata.
  5. Dan setelah itu, tambahkan buah apel yang telah dihaluskan
  6. Aduh hingga keadaan tekstur biskuit hancur dengan sempurna
  7. Sajikan sesegera mungkin untuk cemilan si kecil.

Selain resep biskuit di atas, Anda juga dapat membuat cemilan lain, seperti pure alpukat campur jeruk, jus bayam, apel saus, dan masih banyak resep lainnya yang patut dicoba.

Ada beberapa ibu yang mencoba untuk memberikan bayi mereka yoghurt. Hal ini dikarenakan yoghurt memberikan bagi tubuh. Bayi berumur 8 bulan ternyata tidak masalah jika diberi yoghurt. Menurut Leona Victoria Djajadi, sebaiknya bayi belajar membedakan makanan berat dan ringan sedini mungkin. Walaupun di usia sekian (8 bulan) semua makanan akan sama banyaknya, tetapi yang lebih diperhatikan adalah jam makannya. Jam makan dibagi menjadi jam sarapan, dan cemilan di waktu yang berbeda.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: