Manfaat dan Penyajian Biskuit Regal untuk Bayi 7 Bulan

Biskuit Regal (sumber: kaskus.co.id)Biskuit Regal (sumber: kaskus.co.id)

Memenuhi asupan gizi sang buah hati menjadi salah satu kewajiban bagi para orang tua. Hal ini karena asupan nutrisi sangat berpengaruh terhadap tumbuh kembang anak, apalagi bayi sudah memasuki usia 7 bulan. Nah, salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan nutrisi bayi, yaitu dengan memberikan MPASI, seperti biskuit Regal.

Biskuit Regal sendiri merupakan salah satu merek biskuit ternama yang populer di kalangan masyarakat Indonesia. Konsumennya tidak hanya berasal dari kalangan orang dewasa, bahkan balita pun juga mengonsumsinya. Rasanya yang tidak terlalu manis dengan citarasa yang khas, membuat makanan ini digemari.

Kandungan Nutrisi Biskuit Regal

Biskuit sendiri sebetulnya sudah menjadi salah satu MPASI bagi bayi untuk memenuhi kebutuhan nutrisi hariannya. Biskuit dijadikan sebagai upaya untuk memperbaiki gizi anak-anak dan balita agar tidak mengalami stunting maupun gizi buruk.[1] Nah, biskuit yang terkenal untuk dijadikan sebagai MPASI mulai zaman dulu hingga kini, yaitu Regal.

Regal merupakan salah satu brand biskuit marie yang populer dan menjadi pionir di antara brand biskuit marie. Karena popularitasnya dari dulu hingga sekarang, tak aneh jika orang lebih mengenal biskuit Regal sebagai nama umum untuk biskuit marie. Selain itu, biskuit Regal disukai karena bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatannya.

Baca juga:  Kapan Masa Nifas Berakhir & Seperti Apa Tanda Selesai Nifas?
Biskuit Marie Regal (sumber: bukalapak)

Biskuit Marie Regal (sumber: bukalapak)

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat biskuit Regal adalah bahan-bahan yang diklaim berkualitas, seperti susu, mentega, telur, dan tepung. Komposisi tersebut membuat biskuit Regal memiliki banyak kandungan nutrisi lengkap yang dibutuhkan oleh bayi berusia 7 bulan. Biskuit Regal mengandung protein, serat, karbohidrat, vitamin A, vitamin B, dan vitamin D.

Selain itu, biskuit Regal juga tidak mengandung zat yang berbahaya bagi bayi, seperti pengawet, pewarna buatan, dan MSG. Karena tidak mengandung bahan-bahan yang berbahaya, biskuit Regal tidak hanya dapat memenuhi kebutuhan nutrisi bayi, tetapi juga aman untuk dikonsumsi.

Kandungan protein serta vitamin pada biskuit Regal memiliki manfaat untuk menunjang tumbuh kembang bayi. Sementara, vitamin D yang ada pada biskuit akan membantu menguatkan tulang dan mempercepat pertumbuhan gigi serta tulang, sedangkan kandungan vitamin A akan membantu menjaga kesehatan mata bayi.

Baca juga:  Tips Mudah Menghilangkan Ketombe: Bukan Hanya Rambut, Nutrisi Diet Juga Penting

Cara Penyajian Biskuit Regal untuk Bayi 7 Bulan

Biskuit Regal dapat diberikan kepada bayi berusia 7 bulan dengan cara menghancurkannya terlebih dahulu jika gigi depan bayi belum tumbuh sempurna. Hancurkan biskuit bayi menggunakan blender hingga lembut, lalu campurkan sedikit air. Masukkan campuran biskuit dan air ke dalam mangkuk, lalu aduk kembali hingga menyerupai bubur.

Biskuit regal dicampur air (twitter: @picoez)

Biskuit regal dicampur air (twitter: @picoez)

Jika bayi Anda sudah memiliki gigi depan yang cukup kuat, Anda bisa menghancurkan kasar biskuit Regal dengan cara menumbuk atau meremukkan biskuit. Remahan biskuit yang tidak terlalu lembut, kemudian dicampur dengan sedikit air. Aduk perlahan hingga air dan biskuit merata, namun tidak membuat teksturnya lembut. Ini akan membantu bayi belajar menggigit makanannya, sehingga gigi lainnya akan cepat tumbuh dan kuat.

Cara lain jika ingin memberikan biskuit Regal kepada bayi usia 7 bulan, yaitu dengan memberikan biskuit Regal secara langsung. Sesekali, Anda bisa memberikan biskuit Regal tanpa harus dihancurkan terlebih dahulu. Bayi akan mencoba menghisap biskuit tersebut dan menggigitnya. Ini akan membantu merangsang pertumbuhan gigi mereka dengan cepat.

Baca juga:  Sehat & Murah, Begini Cara Membuat Rice Milk Sendiri di Rumah

Untuk membuat MPASI dari biskuit Regal, Anda tidak harus mencampurnya dengan air mineral. Anda bisa berkreasi dengan mencampurkan susu. Perpaduan biskuit Regal dan susu akan membuat bubur biskuit memiliki rasa yang lebih creamy dan lembut. Ini cocok bagi bayi Anda yang belum bisa menggigit makanan atau bagi bayi yang belum tumbuh gigi sama sekali.

MPASI biskuit Regal dianjurkan diberikan pada bayi maksimal dua kali sehari. Anda bisa memberikan pada pagi hari dan sore hari sebelum bayi beraktivitas. Ini akan membantu mereka mendapatkan energi yang cukup dan rasa kenyang yang cukup lama.

[1] Aini, Nurly Qurrota & Yekti Wirawani. 2013. Kontribusi MP-ASI Biskuit Tepung Garut, Kedelai, dan Zink pada Bayi. Journal of Nutrition College Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro Semarang, Vol. 2(4): 458-466.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: