Berapa Sih Biaya Operasi Hidung di Korea?

Ilustrasi: bentuk hidung wanita (sumber: estetrips.com)Ilustrasi: bentuk hidung wanita (sumber: estetrips.com)

Tidak semua orang diberkati dengan bentuk hidung yang mancung dan mungil. Sebagai solusi, akhirnya banyak yang mencoba operasi plastik. Selain bisa melakukannya dengan mudah di Jakarta dan Thailand, Anda juga bisa memperbaiki bentuk hidung di Korea Selatan, meskipun biayanya mungkin tidak bisa dibilang murah. Banyak yang berpendapat bahwa operasi plastik di Korea hasilnya lebih memuaskan dan cukup aman.

Alasan Operasi Hidung

Operasi plastik tampaknya sudah bukan menjadi hal yang tabu lagi, termasuk di kalangan remaja hingga orang dewasa. Pada zaman dahulu, operasi plastik dikaitkan dengan perbaikan dan penyembuhan bagian tubuh yang cedera atau terluka. Sekarang, operasi plastik sudah memiliki tujuan lain, yakni sebagai cara untuk mengubah penampilan tubuh menjadi lebih ideal.

Banyak alasan seseorang melakukan operasi plastik estetik, antara lain minder, rasa rendah diri, kurang percaya diri, merasa kurang sempurna, hingga ambisi untuk menjadi cantik atau tampan.[1] Faktor-faktor ini bisa muncul akibat rasa tidak puas dengan bentuk fisik dan kurang mencintai diri sendiri.

Selain itu, beberapa orang dewasa di usia madya juga memiliki alasan untuk melakukan operasi plastik terkait dengan perubahan tubuhnya. Orang dewasa dengan usia 40 hingga 49 tahun, biasanya mengalami perubahan fisik akibat muncul gejala penuaan dini. Tak jarang, mereka juga akan mengalami perubahan bentuk wajah, seperti kelopak mata yang turun, alis yang mengerut, dan hidung yang melebar.

Baca juga:  NYX Wonder Stick (Contour & Highlight) Review Indonesia

Untuk memperbaiki atau mengembalikan bentuk wajah seperti semula, akhirnya mereka melakukan operasi plastik. Selain operasi kelopak mata, alis, dan dagu, beberapa lebih suka memperbaiki bentuk hidung mereka. Hidung yang menjadi pusat perhatian karena letaknya di tengah wajah, lebih diutamakan daripada mata atau dagu. Selain itu, kebanyakan orang mendambakan bentuk hidung yang mungil dan mancung.

Operasi hidung (sumber: newsweek.com)

Operasi hidung (sumber: newsweek.com)

Menurut beberapa beauty vlogger, kita tidak bisa sembarangan memilih tempat yang pas untuk operasi plastik, terutama hidung. Biasanya orang akan memilih melakukan treatment ini di luar negeri, seperti Korea Selatan. Seperti yang kita ketahui, operasi plastik di Negeri Ginseng tersebut adalah hal yang lazim. Bahkan, tak jarang orang tua menghadiahkan perawatan tersebut kepada anaknya ketika remaja.

Banyaknya orang Korea yang operasi plastik, bisa dibilang membuktikan keberhasilan treatment tersebut di berbagai klinik di Negeri K-Pop ini. Menurut pengalaman seorang beauty Youtuber bernama Sunny, treatment operasi plastik tidak hanya bisa dilakukan di rumah sakit seperti di Indonesia, tetapi juga bisa di klinik-klinik pinggir jalan. Meskipun begitu, akan lebih aman jika Anda memilih operasi hidung di klinik yang terpercaya.

Baca juga:  Beberapa Alas Bedak Wardah Untuk Kulit Berminyak

Operasi hidung tidak serumit operasi dagu atau payudara, sehingga waktunya juga hanya sebentar, yaitu sekitar 1 jam hingga 3 jam. Meskipun waktu treatment tidak lama, Anda perlu bersabar menunggu proses recovery. Proses penyembuhan operasi hidung terbilang cukup lama, meskipun lebih cepat dibanding operasi dagu. Anda perlu menunggu selama 7 hingga 14 hari untuk melihat perubahan bentuk hidung.

Untuk metode dan varian operasi hidung, akan ditentukan oleh dokter dan tergantung dari kesepakatan pasien. Biasanya, dokter akan memberi pilihan kepada Anda, apakah Anda ingin memperbaiki sebagian bentuk hidung atau mengubah keseluruhan bentuk hidung. Dilansir dari hersebeauty.com, dokter juga akan memberikan pilihan terkait dengan tingkat kemancungan dan ukuran hidung yang Anda inginkan.

Ketika memilih derajat ketinggian tulang hidung dan ukuran cuping hidung, sebaiknya Anda tidak asal memilih. Pikirkan bentuk hidung yang paling pas dan tepat untuk wajah Anda. Dokter akan membantu dengan cara memberikan gambaran di hidung Anda. Pihak medis juga akan memberikan gambaran 3D di komputer mereka mengenai bentuk hidung yang baik. Lalu, berapa kira-kira biaya operasi hidung di Korea?

Baca juga:  Tutorial Berjilbab Ala Umi Pipik

Perkiraan Biaya Operasi Hidung di Korea

Ilustrasi: operasi plastik (sumber: scmp.com)

Ilustrasi: operasi plastik (sumber: scmp.com)

Jenis Treatment Operasi HidungHarga (KRW)Harga (Rp)
Rhinoplasty4,9-6 jutaan62-76,3 jutaan
Simple Rhino2-4 jutaan25-50 jutaan
Rhino (Implant + Tip)4,5-6,5 jutaan57,2 jutaan-82,6 jutaan
Osteotomy4,5-6,5 jutaan57,2 jutaan-82,6 jutaan

1 KRW= Rp12,72

Perlu Anda ketahui, biaya operasi hidung di atas hanya perkiraan saja sebagai referensi. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa langsung menghubungi klinik kecantikan di Korea.

[1] Putri, Aulia Medina, Dwi Nur Rachmah, Neka Erlyani. 2019. Citra Tubuh pada Dewasa Madya yang Melakukan Operasi Plastik Estetik. Jurnal Kognisia Universitas Lambung Mangkurat, Vol. 2(2): 1-6.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: