Biar Tetap Tampil Percaya Diri, Ini Cara Menghilangkan Bau Mulut Saat Puasa

Ilustrasi: menggunakan penyegar mulut (sumber: completehealthnews.com)Ilustrasi: menggunakan penyegar mulut (sumber: completehealthnews.com)

Memasuki bulan Ramadan, Anda mungkin saja mengalami berbagai masalah pada mulut. Mulai dari bibir pecah-pecah hingga bau mulut. Pasalnya, tak makan dan minum apapun selama berjam-jam bisa menyebabkan kondisi yang disebut halitosis. Untuk itu, Anda butuh cara yang ampuh untuk mencegah dan menghilangkan bau mulut saat puasa.

Dari segi kesehatan, puasa memberikan kesempatan bagi tubuh untuk melakukan detoksifikasi secara alami dari dalam. Organ-organ tubuh pun beristirahat lebih banyak karena lebih dari 13 jam tidak mengolah makanan maupun minuman. Namun, saat tubuh tidak mendapatkan asupan cairan dan makanan, maka mulut pun menjadi kering dan menimbulkan bau mulut.

Sangat mengganggu kenyamanan bernapas dan berbicara. Jangan sampai hal ini menurunkan tingkat kepercayaaan diri Anda. Agar napas tetap segar selama berpuasa, selektiflah dalam mengonsumsi makanan saat sahur dan berbuka. Hindari makanan yang baunya menyengat, misalnya petai, jengkol, dan gorengan. Konsumsilah makanan yang kaya serat, seperti sayur dan buah-buahan.

Penyebab Bau Mulut Saat Puasa

Pada saat puasa, tubuh bisa jadi menggunakan lemak sebagai sumber energi utama karena cadangan glikogen pada hati dan otot yang biasa menjadi sumber energi sudah habis terpakai. Saat lemak digunakan, tubuh akan menghasilkan senyawa yang disebut keton. Senyawa ini memiliki bau khas yang dapat tercium melalui napas Anda.

Selain itu, selama berpuasa kita tidak diperbolehkan minum air. Keadaan mulut yang kering ini juga dapat menyebabkan bau mulut karena pada saat mulut kering, kadar air liur dalam mulut berkurang. Padahal, air liur berfungsi untuk menetralisir asam yang dihasilkan dari plak. Air liur juga berperan untuk menghilangkan sel-sel mati yang terakumulasi pada lidah, gusi, dan pipi. Jika sel-sel mati ini dibiarkan saja, maka dapat menyebabkan bau mulut.

Ilustrasi: bau mulut tidak enak (sumber: smartmouth.com)

Ilustrasi: bau mulut tidak enak (sumber: smartmouth.com)

Makanan dan minuman yang Anda konsumsi saat sahur maupun berbuka juga dapat mempengaruhi bau mulut. Makanan yang sudah dicerna akan diedarkan ke seluruh tubuh melalui darah, termasuk ke paru-paru. Jika Anda mengonsumsi makanan atau minuman yang memiliki aroma menyengat maka bukan tidak mungkin napas Anda menjadi berbau kurang sedap.

Baca juga:  Makanan dan Suplemen yang Mengandung Omega 3, Ibu Hamil Wajib Tahu!

Cara Menghilangkan Bau Mulut Saat Puasa

Kurang bersih menyikat gigi juga dapat menjadi penyebab bau mulut saat berpuasa. Untuk membersihkan mulut, menyikat gigi saja ternyata tidaklah cukup. Anda juga harus menggunakan benang gigi, membersihkan bagian gusi, hingga membersihkan lidah.

Akan tetapi Anda tak perlu khawatir, karena ada beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk menghindari bau mulut pada saat berpuasa, termasuk:

Bersihkan mulut secara menyeluruh

Mulailah dengan menyikat gigi menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride, ini berfungsi untuk menghilangkan plak dan sisa makanan.

Gosok gigi Anda minimal selama 2 menit.

Jangan lupa juga untuk membersihkan lidah Anda. Anda dapat menggunakan alat khusus yang memang didesain untuk membersihkan lidah. Atau biasanya di bagian belakang sikat gigi Anda sudah tersedia pembersih lidah.

Setelah itu, gunakan benang gigi untuk membersihkan sela-sela gigi. Bagian ini sering sulit dibersihkan menggunakan sikat gigi saja sehingga dapat memicu pembentukan plak dan menyebabkan bau mulut.

Baca juga:  Superbug, Bakteri Yang Dikenal Resisten Terhadap Antibiotik

Terakhir, Anda bisa menggunakan obat kumur anti bakteri. Lakukan seluruh tahap tersebut setelah makan sahur dan sebelum tidur malam, jangan hanya menyikat gigi saja karena menyikat gigi hanya mampu membersihkan 60% bagian mulut Anda. Konsultasikan dengan dokter gigi Anda untuk memilih jenis pasta gigi, sikat gigi, dan obat kumur yang cocok untuk Anda.

Menggosok gigi

Menggosok gigi

Jangan merokok saat sahur

Jika Anda terbiasa merokok setelah makan sahur, Anda harus mulai terbiasa menghentikan kebiasaan tersebut karena tembakau dapat menyebabkan bau mulut. Selain itu merokok juga meningkatkan risiko Anda mengalami masalah pada gusi yang kemudian menyebabkan bau mulut yang tidak sedap.

Minum banyak air putih

Saat sahur, perbanyak konsumsi cairan Anda dengan minum air putih. Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, kondisi mulut yang kering dapat menyebabkan bau mulut. Pastikan konsumsi cairan Anda cukup sebelum berpuasa.

Cermati apa yang Anda makan

Hindari mengonsumsi makanan yang berbau menyengat terutama saat sahur, karena setelah makanan selesai dicerna maka akan diedarkan oleh darah ke seluruh tubuh termasuk ke paru-paru dan akhirnya dapat menyebabkan napas Anda berbau kurang sedap.

Konsumsi teh hijau pahit

Tentu saja, pahit artinya tanpa gula. Harus teh hijau karena hanya teh hijau yang mengandung zat polyphenol. Zat ini bisa membantu pembersihan bakteri di area saluran nafas. Bagi para perokok, teh hijau juga bisa mengurangi gangguan pernafasan.

Baca juga:  Resep Membuat Empal Gepuk Ala Nyonya Ong

Konsumsi buah dan sayur

Ilustrasi: makanan sehat buah dan sayur

Ilustrasi: makanan sehat buah dan sayur

Mengapa harus mengonsumsi buah dan sayur? Karena semua jenis buah dan sayur bisa membantu mengusir bau napas tak sedap atau bau mulut saat puasa. Buah dan sayur dapat meningkatkan produksi air liur untuk menjaga mulut tetap lembab, juga membersihkan area mulut dari kuman penyebab bau mulut dan plak.

Rutin membersihkan karang gigi

Salah satu penyebab timbulnya bau mulut adalah karang gigi serta keadaan mulut yang tidak bersih. Jangan lupa untuk berkunjung ke dokter gigi untuk tetap merawat kebersihan dan keindahan mulut Anda.

Olahraga secara rutin juga bisa untuk mengeluarkan racun penyebab bau mulut
Saat kita berolahraga, kita juga mengeluarkan zat racun, termasuk di dalamnya adalah zat yang dapat menyebabkan bau mulut. Jadi meskipun sedang berpuasa, pastikan jangan lupa untuk tetap berolahraga.

Hindari tidur berlebihan

Tak jarang orang yang berusaha menghindari waktu berpuasa dengan cara tidur. Namun, sadarilah bahwa tidur menyebabkan mulut kita menjadi kering dan kurang air. Saat mulut kering, bau tidak sedap akan lebih mudah muncul.

Menghilangkan bau mulut alami ini bisa Anda lakukan mulai dari hari pertama puasa. Anda hanya perlu menyesuaikan tips yang paling mudah dilakukan di rumah.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: