Fakta! Banyak Bergerak Bikin Hidup Lebih Sehat dan Umur Lebih Panjang

Ilustrasi: gaya hidup aktif bergerak Ilustrasi: gaya hidup aktif bergerak

Kemajuan teknologi tentu saja membuat hidup kita lebih mudah, tetapi hal tersebut juga menyebabkan sebagian besar masyarakat mengadopsi gaya hidup yang lebih santai. Bergerak lebih sedikit dan lebih banyak duduk telah dikaitkan dengan sejumlah kondisi kesehatan, dan diyakini menjadi penyebab utama epidemi obesitas.

Penelitian telah mengungkapkan bahwa duduk selama lebih dari empat jam per hari dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular (penyakit paru-paru yang lebih berbahaya dari merokok), diabetes, dan sejumlah kondisi terkait obesitas lainnya. Kasus ini umumnya terjadi pada orang-orang yang bekerja kantoran yang biasanya menghabiskan banyak waktu bekerja sambil duduk.

Memperbaiki gaya hidup yang tidak aktif memerlukan kesadaran. Beraktivitas yang melibatkan fisik memiliki banyak manfaat. Karena itulah, simak tips sederhana yang bisa Anda lakukan untuk menjadi lebih aktif ketika memiliki aktivitas yang padat.

Tips Agar Banyak Bergerak Walaupun Aktivitas Padat

Pertama, Anda bisa jalan-jalan. Banyak penelitian telah membuktikan manfaat kesehatan dengan berjalan kaki 30 menit setiap hari. Menurut Nurses Health Study, orang yang menyempatkan berjalan kaki selama kurang lebih 30 menit setiap harinya memiliki risiko kematian lebih rendah dari penyakit jantung. Walaupun begitu, studi lain juga menemukan bahwa lima menit berjalan kaki sebenarnya sudah cukup bagus. Manfaat berjalan kaki setiap hari dapat memperbaiki kerusakan arteri perifer di kaki yang disebabkan oleh duduk terlalu lama. Ada beberapa cara mudah untuk mulai berjalan lebih banyak, bahkan jika Anda sedang berada di kantor. Usahakan untuk jalan-jalan di sekitar tempat duduk Anda untuk merenggangkan otot-otot yang kaku.

Baca juga:  Review Manfaat Mustika Ratu Whitening Bengkoang Lulur Krem Body
Aktivitas fisik jalan kaki

Aktivitas fisik jalan kaki

Kedua, berdiri. Jika pekerjaan Anda mengharuskan Anda duduk dalam waktu lama, pastikan Anda berdiri setidaknya setiap 20 menit. Anda mungkin perlu mengatur pengingat waktu menggunakan timer atau ponsel Anda, terutama jika Anda terbiasa terlibat dengan suatu proyek kerja sehingga kehilangan fokus dalam manajemen waktu. Jangan khawatir jika berdiri sejenak akan mengganggu alur kerja Anda. Anda tidak harus menghentikan tugas untuk beristirahat sejenak untuk melakukan peregangan. Anda masih bisa menerima panggilan atau meninjau berkas-berkas pekerjaan yang dicetak sambil berdiri.

Ketiga, pilih tangga daripada eskalator. Kedengarannya sederhana, namun ternyata kebiasaan memilih tangga dibanding eskalator mempunyai pengaruh yang bagus untuk daya fisik tubuh Anda. Sebuah studi menemukan bahwa orang yang naik tangga dapat membakar lebih banyak kalori per menit daripada jogging. Naik tangga juga membantu Anda mempertahankan berat badan proporsional serta mempertahankan tulang, sendi, dan otot yang kuat.

Bahaya Duduk Terlalu Lama Bagi Kesehatan

Meningkatkan risiko terkena penyakit

Duduk terlalu lama meningkatkan risiko terkena penyakit, seperti penyakit jantung, diabetes melitus tipe 2, dan kanker. Duduk terlalu lama dapat meningkatkan tekanan darah, meningkatkan gula darah, meningkatkan lemak tubuh sekitar pinggang, dan kadar kolesterol abnormal. Seperti dilansir dari webmd, duduk terlalu lama menyebabkan otot membakar sedikit lemak, sirkulasi darah lebih lambat, dan membuat asam lemak lebih mudah untuk menyumbat peredaran darah ke jantung. Hal ini dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, tekanan darah tinggi, meningkatkan kolesterol, dan masalah lainnya. Selain itu, pankreas juga dapat memproduksi insulin dalam jumlah lebih, yang dapat menyebabkan penyakit diabetes.

Aktivitas duduk terlalu lama

Aktivitas duduk terlalu lama

Meningkatkan risiko overweight atau obesitas

Terlalu banyak duduk juga dapat meningkatkan risiko overweight atau obesitas. Terlalu banyak duduk dapat memicu Anda untuk makan lebih dan lebih lagi sehingga secara tidak sadar berat badan akan naik. Apalagi jika makan berlebihan tidak diimbangi dengan olahraga teratur. Lemak akan menumpuk dalam tubuh dan menyebabkan kegemukan.

Baca juga:  Atur Pola Makan Dengan Food Diary, Anda Ingin Coba?

Melemahnya otot

Selama duduk, otot tidak digunakan. Apalagi jika Anda lebih banyak menghabiskan waktu dengan duduk seharian daripada berdiri, berjalan, atau melakukan aktivitas lainnya. Ketika Anda berdiri, otot perut Anda menegang sehingga otot bekerja, tetapi ketika Anda duduk, otot perut Anda tidak digunakan sehingga otot ini dapat melemah.

Melemahnya kekuatan otak

Saat duduk, Anda dapat mengerjakan pekerjaan Anda di depan komputer dan menggunakan otak Anda untuk berpikir. Tapi tahukah Anda bahwa duduk dalam jangka waktu yang lama juga dapat melemahkan otak Anda. Jika Anda bergerak, maka otot akan bergerak memompa darah dan oksigen ke otak dan akan memicu pelepasan zat kimia dalam otak. Namun, jika Anda duduk terlalu lama maka fungsi otak akan lebih lambat. Hal ini karena peredaran darah dan oksigen ke otak berjalan lebih lambat.

Aktivitas duduk saat bekerja

Aktivitas duduk saat bekerja

Sakit pada leher dan tulang belakang

Duduk dalam waktu yang lama juga dapat menyebabkan sakit leher dan tulang belakang. Hal ini karena duduk dalam waktu lama ditambah dengan posisi yang tidak nyaman dapat membuat tulang leher tegang dan punggung nyeri. Duduk terlalu lama dapat menambah tekanan pada tulang belakang dan cakram yang menyusun tulang belakang sehingga dapat menyebabkan sakit pada leher dan tulang belakang.

Baca juga:  Beberapa Mitos Dalam Belanja Produk Organik

Cara Mencegah Gangguan Kesehatan Akibat Duduk Terlalu Lama

Salah satu solusinya adalah dengan mengurangi waktu duduk Anda dan lebih banyak melakukan gerakan. Anda bisa mulai dengan gerakan sederhana, seperti berdiri, berjalan, dan olahraga ringan lainnya. Jika Anda sudah merasa terlalu banyak duduk saat bekerja, selingi dengan kegiatan olahraga kecil dengan menggerakkan tubuh Anda. Perbanyak aktivitas untuk berdiri atau berjalan dibandingkan duduk.

Mulailah dari hal kecil, seperti membiasakan berjalan kaki untuk pergi ke suatu tempat yang kurang dari 30 meter, menggunakan tangga untuk menuju lantai atas dibandingkan naik lift, membersihkan rumah yang melibatkan fisik.

Cara-cara di atas hanyalah contoh, masih banyak cara lainnya. Pergerakan sedikit dapat membawa perubahan besar pada tubuh Anda. Dengan lebih banyak berjalan atau melakukan olahraga ringan daripada duduk, tubuh Anda akan membakar lebih banyak kalori. Hal ini dapat membantu Anda mengurangi berat badan dan memperbaiki kualitas kesehatan Anda.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: