Berbagai Variasi Cemilan Dari Bahan Singkong, Mulai Manisan Sampai Schotel

Singkong Thailand - (Sumber: dapoeromih.com) Singkong Thailand - (Sumber: dapoeromih.com)

Singkong tidak hanya enak jika disantap dalam bentuk digoreng atau direbus. Tetapi, singkong juga bisa diolah menjadi cemilan yang cocok disajikan di berbagai suasana. Kini sudah muncul berbagai variasi cemilan dari singkong yang patut dicoba.

Cemilan dari singkong dapat diolah menjadi hidangan yang unik., sebut saja singkong Thailand, getuk lindri, lapis singkong, sawut singkong, dan schotel singkong. Semua cemilan ini dapat dibuat di rumah. Apalagi bahan singkong ini juga mudah untuk ditemukan.

Singkong Thailand - (Sumber: dapoeromih.com)

Singkong Thailand – (Sumber: dapoeromih.com)

Cemilan dari singkong yang pertama adalah Singkong Thailand. Dengan tekstur lembut dan rasa yang legit dengan siraman kuah santan yang gurih. Hidangan ini juga ditambah dengan aroma wijen. Untuk membuat olahan ini, bahannya terdiri dari singkong yang direbus, gula pasir, santan, wijen putih dan ditambahkan dengan daun pandan.

Singkong Thailand disajikan dengan siraman kuah santan, berbeda dengan lapis singkong. Kue ini memiliki tekstur lembut dan kenyal. Rasanya yang manis dipadukan dengan kelapa yang gurih. Cemilan ini terbuat dari bahan singkong, agar-agar bubuk santan, gula pasir dan sedikit pewarna makanan. Apabila Anda kurang menyukai memakai pewarna makanan, dapat menggunakan daun pandan.

Hasil olahan yang unik selanjutnya adalah schotel singkong. Cemilan ini dibuat dari singkong yang disiram dengan saus yang terbuat dari bahan susu, bawang bombay, daging ayam, wortel, dan buncis. Kemudian diberi parutan keju dan dipanggang di dalam oven.

Apabila Anda tidak memiliki oven di rumah, bisa mencoba membuat sawut singkong. Jajanan satu ini sudah cukup dikenal sebagai salah satu kue tradisional yang biasanya dijual di pasar atau toko. Sawut singkong ini terbuat dari bahan singkong, daun pandan dan gula merah yang diberi taburan kelapa parut yang sudah dikukus. Dengan tampilan yang sederhana, cemilan ini mempunyai rasa legit dan manis. Sawut singkong cocok dihidangkan saat acara arisan atau kumpul keluarga.

Singkong Goreng - (Sumber: sajiansedap.com)

Singkong Goreng – (Sumber: sajiansedap.com)

Selain dapat dibuat menjadi cemilan basah, singkong juga dapat diolah menjadi cemilan kering, contohnya keripik singkong. Sebagai variasi rasa, Anda dapat menambahkan rasa, seperti balado. Cemilan ini dinilai cocok untuk menemani waktu senggang ketika menonton TV, mengerjakan tugas atau mengobrol dengan teman, keluarga atau saudara.

Olahan singkong menjadi cemilan dapat menjadi bisnis yang mendatangkan keuntungan. Crispy singkong atau crispy konghui merupakan makanan ringan buatan Aceng Kodir yang merupakan produk laris manis di daerah Bandung. Bisnis ini telah dijalankan selama kurang lebih tiga tahun. Dalam sehari, ia mampu meraih keuntungan tidak kurang dari Rp 3juta.

Walaupun dulunya singkong seringkali dipandang sebelah mata, karena identik dengan jajanan pasar, tetapi dengan munculnya beragam olahan singkong yang beredar, menjadikannya sebagai salah satu cemilan yang digemari masyarakat.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: