Berbagai Manfaat Lemon Untuk Kulit Dan Kesehatan Tubuh

Ilustrasi: pemanfaatan buah lemonIlustrasi: pemanfaatan buah lemon

Buah lemon yang sering dijadikan bahan minuman ternyata memiliki banyak manfaat dan khasiat. Manfaat buah lemon tidak hanya berkhasiat untuk kesehatan tetapi juga bagi kecantikan. Maka dari itu, tidak heran jika buah lemon seringkali dijadikan bahan dasar pembuatan kosmetik dan produk perawatan tubuh. Jika Anda penasaran, mari simak pembahasan lebih jauh mengenai berbagai manfaat lemon untuk kulit dan kesehatan tubuh manusia.

Sebelum pembahasan lebih lanjut, mari kita ketahui asal-usul buah lemon. Lemon merupakan salah satu varietas dari famili buah sitrus yang biasanya berkulit kuning cerah dengan rasa masam yang khas. Buah lemon dikenal dengan kandungan vitamin C-nya yang cukup tinggi. Buah ini memiliki batang pohon dengan ukuran sedang (ketinggian pohon lemon maksimal 6 meter) dan dapat tumbuh dengan baik pada iklim sub-tropis.

Pohon buah lemon dibudidayakan di beberapa negara di dunia seperti Portugal, Spanyol, Brasil, Amerika Serikat, Argentina, serta di negara-negara sekitar Laut Tengah. Pohon buah ini dapat tumbuh dengan baik pada suhu antara 15-30 derajat celcius (setara 60-85 derajat fahrenheit). Sekarang mari kita membahas kandungan apa saja yang terdapat dalam buah lemon.

Kandungan Buah Lemon

KandunganKadar
Vitamin C27 mg
Vitamin B10,04 mg
Lemak0,2 gram
Karbohidrat11,4 gram
Mineral0,5 gram
Kalsium33mg
Fosfor23 mg
Zat besi0,4 mg
Asam askorbat49 mg
Energi51 kcal
Air51 kcal

Berbagai Manfaat Lemon Bagi Tubuh

Ilustrasi: buah lemon

Ilustrasi: buah lemon

Mencegah Kanker

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa buah lemon termasuk dalam famili buah sitrus. Buah-buahan dalam famili sitrus seperti lemon, jeruk, jeruk nipis, dan anggur memiliki kandungan yang dapat mencegah kanker. Pernyataan ini didukung dari sebuah studi yang telah dilakukan di Belgia pada tahun 2017 lalu.

Baca juga:  Masker Kefir, Alami dan Berkhasiat Mencerahkan Wajah

Selain dapat mencegah kanker, buah lemon juga bisa digunakan dalam terapi onkologi modern. Hal ini dikarenakan buah lemon memiliki banyak vitamin yang mampu melindungi sel-sel dalam tubuh dari kerusakan fatal. Vitamin C, kalsium, zat besi, magnesium, kalium, dan serat yang terkandung dalam buah lemon memiliki sifat anti-kanker. Kandungan-kandungan tersebut didukung oleh kulit lemon yang juga mengandung D-limonene. D-limonene berfungsi memperbaiki jaringan tubuh yang rusak.

Mencegah Keriput Secara Alami

Anda bisa menggunakan lemon untuk mengurangi keriput pada wajah dan meningkatkan kualitas kulit Anda. Sebuah penelitian menyatakan, minyak lemon mampu mengurangi kerusakan oksidatif pada permukaan kulit. Vitamin C pada buah Lemon mendorong produksi kolagen dan mengembalikan elastisitas kulit. Enzim alami yang terkandung dalam buah lemon dapat mengencangkan pori-pori yang besar dan mencegah munculnya pori-pori baru.

Cara menggunakan buah lemon untuk mencegah keriput secara alami sangat mudah. Anda bisa menggunakan lemon dengan cara mengirisnya menjadi beberapa bagian, lalu mengoleskannya pada wajah Anda secara merata. Pijat lembut kulit wajah Anda selama beberapa menit. Cara lainnya adalah Anda bisa menggunakan kulit lemon dan menggunakannya sebagai masker wajah. Menurut American Academy Dermatology, jika Anda melakukan cara ini dengan rutin, maka efeknya bisa terlihat setelah satu bulan. Ternyata kandungan dalam buah lemon sangat bermanfaat ya, untuk mencegah keriput pada wajah Anda.

Baca juga:  Seberapa Efektifkah Pil Tabir Surya?

Membantu Turunkan Berat Badan

Vitamin C dalam kandungan buah lemon terbukti dapat menurunkan kadar kortisol atau hormon stres. Sehingga diklaim bisa menahan rasa lapar lebih lama dan menyimpan lemak dalam tubuh. Tapi Anda harus ingat bahwa sesungguhnya tidak ada makanan atau minuman yang benar-benar bisa menurunkan berat badan secara signifikan. Anda harus mengombinasikan konsumsi minuman atau makanan sehat dengan program penurunan berat badan yang tepat untuk hasil lebih maksimal. Selain itu, meminum air mineral yang sudah diberi irisan buah lemon juga bisa membantu menurunkan berat badan. Air berisi irisan buah lemon memiliki 0 kalori.

Ilustrasi: buah lemon

Ilustrasi: buah lemon

Membantu Memudarkan Bekas Jerawat

Vitamin C dan asam sitrat yang terkandung dalam buah lemon dapat berfungsi untuk mengobati jerawat dan bekasnya. Vitamin C meningkatkan produksi kolagen, mengencangkan kulit, dan mendorong pembentukan sel-sel kulit baru. Buah ini juga bisa digunakan sebagai bahan pemutih alami. Khasiatnya dapat mencerahkan noda hitam bekas luka dan jerawat. Sementara itu, sifat anti-bakteri dalam buah lemon membantu mencegah timbulnya jerawat. Cara untuk memudarkan bekas jerawat menggunakan lemon sangat mudah. Cukup campurkan air perasan lemon dan minyak kelapa atau bubuk almond kemudian aplikasikan ke wajah menggunakan bola kapas. Setelah tiga menit, bilas wajah Anda menggunakan pelembab.

Baca juga:  Rekomendasi Produk Exfoliating Lokal yang Bagus & Ramah di Kantong

Membuat Rambut Lebat

Memiliki rambut sehat dan lebat tentu akan membuat Anda semakin percaya diri, terutama bagi wanita. Salah satu nutrisi yang terkandung dalam buah lemon mampu menyuburkan rambut. Tidak mengherankan karena lemon dapat merangsang pertumbuhan rambut Anda.

Vitamin C yang terkandung di dalam lemon membantu menguatkan folikel rambut, sehingga menjaganya dari permasalahan rontok. Lemon juga berfungsi sebagai anti jamur yang melindungi kulit kepala dari munculnya ketombe. Anda bisa menggunakan lemon sebagai masker rambut.

Cara untuk membuat masker rambut lemon sangat mudah. Langkah pertama, campur 1 butir telur dengan sari lemon serta serta 1 sendok teh minyak zaitun. Minyak zaitun membantu ‘meredakan’ keasaman lemon bagi kulit sensitif. Aduk secara merata kemudian oleskan ke rambut Anda yang sudah dibasahi. Pastikan untuk menggosok dan memijat lembut kulit kepala Anda. Diamkan selama 20-30 menit sebelum dibilas dengan air hangat. Keringkan.

Demikian penjelasan kami mengenai berbagai manfaat lemon untuk kulit dan kesehatan tubuh manusia. Info di atas telah kami rangkum dari berbagai sumber. Jika Anda memiliki pertanyaan spesifik mengenai khasiat dan fungsi lemon tidak kami jelaskan di atas, Anda bisa langsung menghubungi dokter atau pakar yang ahli di bidangnya. Semoga bermanfaat.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: