Berbagai Jenis Produk Eyeliner Beserta Tampilan Kreasinya

jenis, eyeliner, riasan, mata, hitam, bertumpuk, kreasi, instagram, makeup, artis, wing, tidak, sempurna, berlapis, nude, underliner, polkadot, cat-eye, tampilan, pensil, gel, liquid, cair Makeup wanita (nzoutlet.co.nz)

Riasan mata menjadi salah satu kunci dalam berdandan. Tampilan mata bisa menjadi daya tarik tersendiri. Selain eyeshadow, eyeliner juga memegang peranan penting. Hal utama yang penting untuk diperhatikan adalah formula produk eyeliner yang akan digunakan. Sebaiknya memilih eyeliner yang gampang dan empuk ketika digariskan.

Fungsi dari eyeliner antara lain mempertegas garis mata, membuat wajah terlihat lebih segar, dan membantu membuat penampilan tampak natural (biasanya untuk hasil dari pemakaian eyeliner pensil).

Untuk membantu Anda menemukan eyeliner yang tepat, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu beberapa jenisnya.

Pensil

Pensil merupakan bentuk eyeliner yang paling populer, karena mudah digunakan. Tetapi, dari segi formula, cenderung tidak tahan lama sehingga perlu pengaplikasian ulang. Untuk memilih eyeliner yang sesuai, sebaiknya pilih produk yang terbuat dari bahan yang aman  dan nyaman digunakan bagi mata. Jika mata Anda sensitif, gunakan eyeliner yang dirancang khusus untuk kulit dan mata sensitif.

Sebelum digunakan, sebaiknya selalu raut eyeliner pensil Anda. Selain untuk menajamkan, meraut juga bisa menyingkirkan bakteri yang mungkin menempel pada pemakaian sebelumnya. Tapi, jangan raut terlalu tajam karena dapat membuat kulit di area sekitar mata terluka. Pensil yang berformula lunak dan lembut cocok untuk membentuk garis mata tebal, sementara pensil yang lebih keras biasanya lebih tahan lama dan digunakan untuk membentuk garis tipis.

Liquid

Biasanya dikemas dalam tube kecil atau botol kecil dan dilengkapi dengan sikat tipis dan runcing untuk memudahkan aplikasi. Seperti namanya, jenis ini berupa eyeliner cair. Biasanya, warnanya lebih pekat dan tahan lama dibandingkan eyeliner pensil. Saat mengering, eyeliner tidak akan luntur, kecuali terkena air. Namun ada juga beberapa merek eyeliner yang berformula tahan air.

Liquid Pencil Eyeliner

Baca juga:  Referensi Model Rambut Ikal Sebahu yang Bagus & Kekinian

Hampir mirip dengan eyeliner cair, hanya saja kuas dan kemasannya menyatu membentuk pensil. Jenis eyeliner ini lebih praktis dan mudah dikenakan. Kuas biasanya lebih tebal dari eyeliner cair untuk menghasilkan tampilan mata lebih dramatis. Eyeliner cair berbentuk pensil ini cocok digunakan bagi mereka yang baru mulai belajar berdandan.

Gel

Eyeliner bentuk gel dikemas dalam sebuah pot. Formulanya hampir mirip dengan eyeliner cair, hanya saja lebih kental. Eyeliner bentuk gel diaplikasikan menggunakan kuas tipis dan runcing.

jenis, eyeliner, riasan, mata, hitam, bertumpuk, kreasi, instagram, makeup, artis, wing, tidak, sempurna, berlapis, nude, underliner, polkadot, cat-eye, tampilan, pensil, gel, liquid, cair

Kreasi eyeliner (verilymag.com)

Menurut Gilbert Soliz, seorang makeup artist, mengatakan bahwa untuk penampilan sehari-hari, Anda bisa memilih eyeliner berwarna coklat atau bronzy supaya hasilnya lebih natural, Kemudian, bisa di-smudge atau dibaurkan memakai brush atau tangan ke arah atas untuk mata bagian atas, dan dibaurkan ke arah sedikit bawah untuk area mata bawah. Teknik tersebut memberikan gradasi smokey eyes yang lembut.

Sebenarnya juga tidak masalah jika Anda ingin memakai eyeliner hitam untuk smokey eyes, asalkan menggariskannya tidak terlalu lebar dan tegas. Dengan teknik smudging tadi, pastikan menyapukan eyeliner dekat dengan pertumbuhan bulu mata.

Tetapi, jika Anda tidak terlalu percaya diri menggunakan teknik smokey eyes, maka bisa saja hanya menggunakan eyeliner hitam atau coklat dengan model eyeliner pada umumnya. Bagi yang menginginkan tampilan eyeliner yang lebih berkreasi, Anda bisa bermain dengan eyeliner warna-warni. Menurut Gilbert, eyeliner merah sedang menjadi tren. Wanita bisa menggunakan eyeliner merah hanya di bagian ujung luar mata saja, atau menggariskannya sepanjang mata tanpa perlu menambahkan eyeshadow.

Tidak hanya eyeliner warna-warni, di pekan mode terbesar di dunia, New York Fashion Week 2018 menampilkan tren tata rias terbaru, yaitu eyeliner bersayap bulat. Kreasi mata tersebut dibuat untuk perayaan busana desainer asal Kanada, Jason Wu. Secara kasat mata, bentuk eyeliner bersayap bulat tersebut tampak seperti versi garis mata berbentuk mata kucing, hanya saja lebih rendah.

Namun, untuk membuat tampilan eyeliner seperti itu, membutuhkan sedikit keterampilan, dan tidak perlu khawatir membuat penampilan eyeliner terlihat supertepat dan tajam. Yadim, salah seorang penata rias dalam peragaan busana tersebut mengatakan bahwa grafisnya tetap sama, tetapi harus terlihat dibaurkan dengan menggunakan jari.

Apabila Anda mencari berbagai macam kreasi eyeliner di instagram, mungkin akan lebih mudah menemukannya. Beberapa kreasi-kreasi eyeliner tersebut antara lain:

Eyeliner nude

Baca juga:  Pixy Lip Cream No 1 Chic Rose, Swatch Nude Untuk Tampilan Sehari-hari

Kreasi itu dilakukan oleh makeup artist Janeen Kurdi, yang menambahkan concealer sebagai pengganti eyeliner cair berwarna hitam untuk memberi kesan netral yang menonjol. Tampilan tersebut dilengkapi dengan lipstik senada. Dan, hasilnya seperti tampilan no-makeup makeup.

Underliner

Anda bisa menggambar eyeliner di bawah, yaitu di bawah bulu mata bagian bawah. Lalu, tarik garis ke atas, dan bentuk sesuai kreasi. Mungkin bisa mencontoh tampilan Teisha J di instagramnya.

jenis, eyeliner, riasan, mata, hitam, bertumpuk, kreasi, instagram, makeup, artis, wing, tidak, sempurna, berlapis, nude, underliner, polkadot, cat-eye, tampilan, pensil, gel, liquid, cair

Kreasi eyeliner (lorealparisusa.com)

Eyeliner menyerupai petir

Bagi Anda yang mungkin bosan dengan tampilan eyeliner wing biasa, bisa mencoba kreasi eyeliner seperti petir. Tampilan eyeliner tersebut ditampilan oleh Tara Buenrostro, seorang anggota Kat Von D Artistry Collective di instagram pribadinya.

Ombre

Tidak hanya warna lipstik saja yang bisa ombre, perpaduan dua warna atau lebih bisa Anda tambahkan pada penggunaan eyeliner. Eyeliner yang dipilih, tergantung keinginan Anda, bisa matte atau metalik.

Eyeliner berlapis

Baca juga:  Warna Cat Rambut Grey Cepat Luntur? Begini Cara Merawatnya

Daripada menambahkan eyeliner hitam, beberapa orang mulai berani menambahkan warna lain di atas eyeliner hitam mereka. Anda bisa membuat tampilan berlapis dengan menggunakan satu, dua, atau bahkan lebih warna eyeliner. Bentuk ini berbeda dengan ombre, karena di sini Anda hanya menambahkan garis sesuai di atas eyeliner hitam dengan bentuk menyesuaikan.

Eyeliner bertumpuk

Berbeda dengan eyeliner berlapis, eyeliner model tumpuk digambar dengan cara menggambar model eyeliner yang sama, tetapi bertumpuk-tumpuk. Untuk lebih mempertegas tampilan, Anda bisa menggunakan eyeliner berbagai macam warna.

Polkadot

Tampilan ini terinspirasi dari kelas kesenian 101. Seorang makeup artis telah menyesuaikan teknik artistik dengan riasan mereka, dengan menciptakan mata kucing dari banyak titik kecil (polkadot).

Eyeliner wing yang tidak sempurna

Makeup artis Emma Watson, Kara Yoshimoto Bua membuat kreasi eyeliner dengan menggambar eyeliner ‘cat-eye’ dengan tampilan ‘wing’ yang tidak sempurna. Eyeliner ini digambar dengan menarik garis dari ujung mata terluar, kemudian ditarik ke atas hingga hampir menyentuh lekukan mata. Tidak seperti wing eyeliner pada umumnya, garis tersebut tidak ditarik mengikuti bentuk mata, tetapi dibiarkan begitu saja, terkesan melayang.

 

 

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: