Berawal Dari Modal Kecil, Ternyata Bisnis Es Lilin Menghasilkan Untung Hingga Jutaan Rupiah

Berbagai Varian Es Lilin - (Sumber: hipwee.com)Berbagai Varian Es Lilin - (Sumber: hipwee.com)

Jajanan tradisional berupa es lilin yang biasanya dijual dengan harga relatif murah, ternyata mampu menjadi bisnis dengan keuntungan yang menggiurkan. Hal ini dialami oleh salah satu penggiat usaha es lilin, A. Setia Permana, di sebuah kawasan Kota Bandung. Ia mengatakan dapat meraup keuntungan dari usahanya tersebut hingga mencapai puluhan juta per bulannya.

Menurutnya, modal awal dari usaha ini terbilang kecil, karena ia menggunakan bahan-bahan yang ada di dapur. Di awal bisnisnya, ia mengatakan masih menghasilkan uang sebesar Rp 30ribu dari hasil penjualan es lilin seharga Rp 500. Tetapi kini ia mampu memproduksi es lilin sebanyak 4.000 hingga 5.000 batang es lilin. Dalam sebulan ia mampu menjual sekitar 80ribu sampai 100ribu es lilin. Usahanya tersebut menarik perhatian beberapa pengusaha, yang kini jadi rekan bisnisnya.

Berbagai Varian Es Lilin - (Sumber: hipwee.com)

Berbagai Varian Es Lilin – (Sumber: hipwee.com)

Menariknya cerita dari bisnis es lilin tersebut, membuat peluang usaha berjualan es bermunculan. Beberapa alasan mengapa peluang bisnis es lilin dinilai menjanjikan, antara lain:

  • Iklim tropis Indonesia. Dengan suhu udara yang cukup hangat, minuman yang menawarkan kesegaran seperti es banyak dicari masyarakat, terutama pada saat siang hari.
  • Konsumen terdiri dari berbagai kalangan. Es merupakan minuman yang dapat dikonsumsi mulai dari anak-anak, remaja hingga dewasa. Oleh karena itu, peluang bisnis es lilin menjadi terbuka.
  • Pasar bisnis Es Lilin mudah ditemukan. Beberapa lokasi yang dirasa strategis untuk memasarkan es ini antara lain di sekolah, kampus, tempat futsal, pasar, kolam renang, dan lain-lain.
  • Mudah dimulai, dilakukan dan dipantau. Untuk mengawali membuat es lilin, tidak diperlukan keahlian khusus dan mesin berat. Oleh karena itu, proses pembuatannya terbilang mudah.  
  • Tidak membutuhkan banyak karyawan. Mungkin Anda hanya memerlukan 1-2 karyawan untuk membantu menjajakan produk ini.
  • Tidak memerlukan skill/keahlian khusus
  • Proses produksi cepat dan bisa diatur
  • Harga jual yang terjangkau
  • Varian rasa beragam

Salah satu jenis es lilin yang banyak dijajakan adalah es lilin kacang hijau. Es lilin ini dibuat dari bahan baku yang mudah didapatkan berupa kacang hijau yang direbus bersama dengan santan, daun pandan, gula dan garam, kemudian direbus hingga matang dan empuk. Selanjutnya, kacang hijau yang sudah matang dan air rebusannya dimasukkan ke dalam wadah plastik es lilin, dan diikat menggunakan karet gelang. Lalu, dibekukan di dalam freezer.

Baca juga:  Bedak Bioaqua BB Gold Liquid Cushion Exquisite & Delicated Untuk Tampilan Cantik Ala Korea

Untuk memasarkan es lilin, Anda dapat memanfaatkan warung atau toko di sekitar dengan cara menitipkan barang dagangan ini. Anda juga bisa menitipkan di kantin sekolah atau kampus, atau di koperasi terdekat.

Salah satu kekurangan dari bisnis ini adalah mengenai cuaca. Apabila sedang musim penghujan, minat masyarakat terhadap es berkurang. Untuk menghindari kerugian yang besar, produsen sebaiknya dapat memperkirakan jumlah es yang dibuat, sehingga kemungkinan es tidak terjual dapat dikurangi.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: