Kandungan Kalori Lebih Rendah, Berikut Manfaat Beras Hitam untuk Diet

Manfaat Beras Hitam - msmarket.coopManfaat Beras Hitam - msmarket.coop

Jenis beras di pasaran saat ini cukup beragam. Tak hanya beras putih biasa seperti yang kita makan sehari-hari saja, ada pula jenis beras merah hingga beras hitam. Beras hitam atau yang memiliki nama ilmiah Oryza sativa L. indica masih minim dikonsumsi karena rasanya yang sedikit pera dan tak begitu pulen layaknya beras putih. Untuk memasak beras hitam membutuhkan lebih banyak air dan waktunya pun lebih lama. Walaupun tampilannya mungkin kurang begitu menggugah selera, beras hitam saat ini mulai banyak dikonsumsi untuk diet.

Beras hitam tentunya berbeda dari ketan hitam. Beras hitam memiliki bulir beras yang mengilap dan berukuran lebih panjang serta lebih langsing. Setelah dimasak biasanya warna beras hitam akan sedikit luntur dan berubah menjadi keunguan. Jenis beras hitam yang beredar di Indonesia berasal dari kultivar yang beragam. Adapun benih beras hitam yang tersebar antara lain Cempo Ireng (Kulon Progo, Sleman), Melik (Lereng Gunung Merbabu, Jawa Tengah), Cibeusi (Subang), hingga Toraja (Sulawesi). Agar lebih jelas, simak ulasan lengkap manfaat beras hitam berikut ini!

Manfaat Beras Hitam

Menurut Yuwono dkk. (2016), beras hitam memiliki khasiat yang lebih baik dibanding beras merah atau beras warna lain. Beras hitam berkhasiat meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit, memperbaiki kerusakan sel hati (hepatitis dan chirosis), mencegah gangguan fungsi ginjal, mencegah kanker/tumor, memperlambat penuaan, sebagai antioksidan, membersihkan kolesterol dalam darah, dan mencegah anemia.

Masih berdasarkan sumber yang sama, beras hitam mengandung sedikit protein, namun kandungan besinya tinggi, yaitu 15,52 ppm, jauh lebih tinggi dibanding beras dari varietas IR64, Ciherang, Cisadane, Sintanur, Pandanwangi, dan Batang Gadis yang kandungan besinya berkisar antara 2,9 – 4,4 ppm.

Olahan Makanan Diet Beras Hitam - modernfarmer.com

Olahan Makanan Diet Beras Hitam – modernfarmer.com

Manfaat lain dari beras hitam adalah kaya kandungan serat yang dapat melancarkan pencernaan, sehingga bisa menghilangkan, dan/atau menyembuhkan masalah diare maupun masalah pencernaan lainnya. Di samping itu, beras hitam dikenal sebagai bahan makanan yang bebas gluten (semacam protein yang ditemukan dalam semua produk yang mengandung gandum dan/atau barley).

Beras Hitam untuk Diet

Menurut ahli gizi Seala Septiani, SGz, MGizi, sejumlah penelitian menemukan bahwa beras hitam mempunyai aktivitas antioksidan yang tinggi. Jika dibandingkan beras jenis lainnya, beras hitam juga tinggi kandungan serat serta kaya akan vitamin dan mineral. “Penelitian mengatakan antioksidan beras hitam dapat menekan radikal bebas dan cegah kanker, diabetes, dan banyak metabolik lainnya,” ungkap Seala, seperti dilansir Detik.

Lebih lanjut Seala menyarankan, untuk membantu program diet atau menurunkan berat badan secara efektif, sebaiknya Anda mengganti jatah nasi putih 3 kali sehari dengan nasi hitam walau porsinya lebih sedikit dari sebelumnya. Di samping itu, lantaran kandungan karbohidrat dalam beras hitam lebih kompleks, nasi hitam mempunyai proses cerna yang lebih lama. Hal itu pula yang dapat membuat perut Anda lebih cepat merasa kenyang.

Dilansir Hellosehat, dalam 85 gram beras hitam mengandung 200 kcal, 43 gram karbohidrat, 3 gram serat, 6 gram protein, dan 2 gram lemak, sedangkan dengan porsi yang sama dari beras merah memiliki kandungan 226 kcal, 47 gram karbohidrat, 2 gram serat, 5 gram protein, dan 2 gram lemak. Walaupun mungkin kesannya sepele, ternyata selisih 26 kalori jika rutin dikonsumsi satu kali sehari selama lebih dari 1 tahun berpotensi untuk mengakibatkan kenaikan berat badan mencapai 1,5 kg.

Oleh sebab itu, konsumsi beras hitam kini banyak dianjurkan untuk menurunkan berat badan dibandingkan beras merah. Selain karena teksturnya yang lebih padat dan lebih kaya serat, beras hitam memiliki kandungan kalori yang lebih rendah serta membantu Anda untuk mengontrol asupan kalori, sehingga melindungi Anda dari risiko obesitas dalam jangka panjang.

Hasil Tubuh Langsing setelah Konsumsi Beras Hitam - unomatchshop.com

Hasil Tubuh Langsing setelah Konsumsi Beras Hitam – unomatchshop.com

Meski demikian, Seala tetap mengimbau Anda untuk berhati-hati saat hendak mengonsumsi beras hitam untuk makanan sehari-hari. Pasalnya, jika dikonsumsi terlalu berlebihan tentunya tidak efektif untuk diet dan program penurunan berat badan Anda. “Akan tetapi seharusnya tidak berlebih karena seratnya yang tinggi akan cepat bantu kenyang,” pungkasnya.

Referensi:

Baca juga:  Atasi Tanda Penuaan, Nu Skin 180 Face Wash Terima Banyak Review Positif

Yuwono, Triwibowo, dkk. 2016. Pembangunan Pertanian: Membangun Kedaulatan Pangan. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: