Sebaiknya Berapa Kali dalam Seminggu Pakai Masker Bioaqua Facial Mask yang Dianjurkan?

Ilustrasi: aplikasi masker wajah (sumber: knesko.com)Ilustrasi: aplikasi masker wajah (sumber: knesko.com)

Perawatan kulit ala Korea Selatan belakangan ini memang tengah menjadi tren. Maklum saja, pengaruh K-Pop dan K-Drama seakan memperkuat citra bahwa perawatan ala Korea dapat membuat wajah seputih dan semulus artis-artis asal Negeri Ginseng. Alhasil banyak masyarakat di Indonesia yang tertarik menggunakan produk-produk skincare layaknya sheet mask yang mungkin banyak dipakai oleh seleb Korea.

Sheet mask sendiri merupakan masker wajah yang berbentuk lembaran dan biasanya terbuat dari serat alami seperti kertas, katun, selulosa, atau bahkan pulp kelapa. Sheet mask tersebut juga biasanya sudah melalui proses kimiawi dengan menambahkan formula serum dan air sebagai bahan utamanya. Fungsi utama dari sheet mask adalah untuk melembapkan kulit, meski pada perjalanannya banyak produsen menyisipkan formula lain yang dikhususkan merawat jenis dan permasalahan kulit tertentu, seperti kulit berjerawat, sensitif, kering, atau semacamnya.

Apabila dibandingkan dengan masker biasa, pemakaian sheet mask mungkin lebih disukai oleh sebagian orang karena dianggap praktis dan cukup dipakai satu kali. Cara pemakaian sheet mask pun mudah, cukup ditempelkan di wajah mengikuti lubang-lubang (hidung dan mata) yang disediakan. Setelah 15-20 menit, masker bisa dilepas dan sisa serum di kemasan dapat dioleskan ke wajah sambil ditepuk-tepuk perlahan agar formulanya meresap dengan baik. Anda tidak perlu cuci muka setelahnya.

Nah, kini sudah banyak bermunculan brand kosmetik yang menelurkan produk sheet mask, salah satunya seperti merek Bioaqua. Jika dilihat dari sejumlah e-commerce, sheet mask Bioaqua tersedia dalam berbagai varian, mulai dari Egg Face Mask Sheet, lalu ada Bio Aqua F Series Facial Sheet Mask, Animal Facial Mask, Wonder Facial Mask Blueberry Sheet Mask, Jelly Mask, Honey Moisturizing Facial Mask, V Shaped Mask, Its Real Squeeze Mask, Snail Prime Facial Mask, V7 Facial Mask, Baby Skin Facial Mask Sheet, Hyaluronan Hydrating Whitening Facial Black Mask, Ice Fountain Whitening Ice Mask Sheet, dan masih banyak lagi.

Bioaqua Facial Mask (sumber: carousell.com)

Bioaqua Facial Mask (sumber: carousell.com)

Menariknya, harga masker Bioaqua Facial Mask umumnya dibanderol cukup murah, per pack hanya dijual antara Rp1.400-an hingga Rp6 ribuan saja. Sangat jauh dibandingkan masker dari brand-brand Korea Selatan yang berkisar di angka belasan ribu hingga puluhan ribu rupiah. Di kemasannya sendiri hanya tertera tulisan bahwa masker dapat diaplikasikan selama 15-20 menit. Namun tak tertera berapa frekuensi penggunaan yang disarankan.

Akhirnya banyak pengguna yang bertanya-tanya berapa kali seminggu pakai masker Bioaqua Facial Mask yang disarankan? Jika merujuk pada anjuran dokter spesialis kulit, sheet mask sebaiknya digunakan cukup 1-2 kali saja seminggu meski rata-rata kandungannya cukup aman untuk kulit.

“Menurut saya cukup menggunakannya satu hingga dua kali saja dalam seminggu. Mengapa? Karena kandungannya yang cukup beragam dan terkadang sifatnya terlalu oklusif atau dapat menghambat terjadinya penguapan air di permukaan kulit,” kata dr. Dikky Prawiratama, M.Sc, Sp.KK, seperti dilansir dari Hellosehat.

Ahli dermatologi asal New York, Debra Jaliman juga menambahkan, apabila Anda termasuk orang berjenis kulit acne prone (cenderung berjerawat), sebaiknya hanya menggunakan sheet mask seminggu sekali. Sedangkan untuk pemilik kulit kering bisa memilih masker yang berjenis melembapkan, maksimal 3 kali dalam satu minggu.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: