Berapa Kali Anda Harus Mencuci Muka Dalam Sehari?

Berapa, kali, harus, mencuci, cuci, membersihkan, wajah, muka, dalam, sehari, sekali, pori, kulit, berminyak, kering, jerawat, berjerawat, minyak kelapa, minyak zaitun, kain, lembut, produk, facial foam, sabun, pembersih, pelembab, pengelupasan, kecantikan, hasil, asam, kandungan, jenis, aktivitas, harian, infeksi, kondisi, make up, polusi, sensitif, iritasi, ahli, Ilustrasi: membasuh muka dengan air

Berbagai aktivitas yang Anda lakukan setiap hari tentu membuat terasa kotor sehingga cuci muka sudah menjadi sebuah kewajiban. Namun berapa kali seharusnya Anda perlu dicuci?

Inilah pertanyaan yang mungkin sering terlintas di dalam pikiran. Menurut Vogue.com, setiap jenis muka memiliki kebutuhan yang berbeda-beda. Faktor lainnya adalah lingkungan tempat tinggal dan aktivitas harian Anda. Oleh karena itu, jumlah mencuci muka bagi setiap orang pun tidaklah sama.

Bila kulit muka Anda berminyak, mencuci muka cukup dilakukan 2 kali sehari. Pasalnya, minyak menumpuk pada wajah di malam hari dan perlu dibersihkan ketika Anda bangun pagi. Selain itu, aktivitas sepanjang hari juga membuat wajah Anda penuh dengan polutan dan minyak sehingga Anda perlu membersihkannya pada malam hari. Untuk membuat muka Anda tampak lebih cerah, lakukan scrub atau pengelupasan kulit mati setidaknya sehari sekali atau mingguan.

Berbeda dengan Anda yang memiliki kulit muka sensitif. Biasanya, kulit muka seperti ini cenderung kering dan rentan iritasi. Untuk itu, cuci muka sekali sehari sudah cukup efektif. Kalau berlebihan, Anda cenderung menjadi lebih kering dan bisa mengurangi minyak pelindung alami pada wajah. Waktu yang tepat untuk mencuci muka adalah pada malam hari. Tambahkan pelembap dan toner setelah mencuci muka dengan untuk membuat wajah lebih segar.

Nah, lain halnya bila Anda suka menggunakan make up. Anda harus membersihkannya dalam dua tahap di malam hari. Proses pertama adalah menghapus make up dengan cleanser. Kemudian, cuci muka menggunakan sabun yang sesuai dengan tipe wajah Anda. Terakhir, bila Anda suka melakukan olahraga pada siang hari, maka Anda wajib langsung cuci muka setelahnya. Sebab keringat yang menempel pada muka bisa menjadi biang jerawat dan komedo.

Cuci muka setiap hari saja tidak cukup. Anda juga tetap perlu melengkapinya dengan minum air putih yang banyak dan mengonsumsi makanan yang kaya nutrisi serta antioksidan untuk menjaga kesehatan kulit muka Anda.

Berapa, kali, harus, mencuci, cuci, membersihkan, wajah, muka, dalam, sehari, sekali, pori, kulit, berminyak, kering, jerawat, berjerawat, minyak kelapa, minyak zaitun, kain, lembut, produk, facial foam, sabun, pembersih, pelembab, pengelupasan, kecantikan, hasil, asam, kandungan, jenis, aktivitas, harian, infeksi, kondisi, make up, polusi, sensitif, iritasi, ahli,

Ilustrasi: cuci muka menggunakan facial foam (sumber: amazon.com)

Intensitas mencuci muka dalam sehari memang kerap menjadi perdebatan di kalangan para ahli. Alexandra Spunt dan Siobhan O’Connor, penulis buku No More Dirty Looks: The Truth About Your Beauty Products menyarankan agar Anda tidak mencuci wajah dua kali sehari. Jika Anda tidak memakai makeup tebal dan tidak tinggal di daerah berpolusi, Anda cukup mencuci wajah sekali dalam sehari. Jika perlu, dua hari sekali.

“Kalau mau kulit dan bebas jerawat, cuci muka 2 kali sehari! Saran tersebut sebenarnya tidak terlalu tepat, karena facial foam yang dipakai terlalu sering justru bisa menyebabkan wajah mudah mengalami infeksi dan memperparah kondisi jerawat,” katanya.

Mengapa bisa begitu? Semakin jarang mencuci wajah, itu justru bagus untuk kulit Anda. “Membersihkan wajah dapat menghilangkan minyak alami yang dihasilkan kulit, sehingga kulit jadi lebih kering dan mudah mengalami infeksi dan terkena masalah lain akibat bakteri. Maka jangan heran jika wajah Anda semakin berjerawat,” demikian pesan Siobhan O’Connor.

Karena itu, jangan terlalu sering mencuci wajah. Kalaupun Anda harus mencuci wajah 2 kali sehari, pastikan formula sabun yang Anda pakai lembut dan tidak mengandung banyak alkohol.

Jangan terlalu sering cuci muka

Jika Anda sering mencuci muka (overwashing), nantinya kulit bisa dengan mudah melepaskan semua minyak yang dibutuhkan kulit agar tetap kenyal, lembap, dan bersinar. Hal itu juga bisa memecah keasaman kulit, yang berfungsi untuk menjaga keseimbangan kadar keringat, minyak, dan bakteri baik. Padahal agar kulit kuat dan sehat, Anda membutuhkan keasaman pada kulit yang cukup. Parahnya lagi, terlalu sering cuci muka dapat membuat kulit makin kering, kemerahan, bersisik, dan rentan muncul jerawat.

Cara mencuci muka yang benar

Setiap hari mencuci wajah dengan menggunakan produk-produk pembersih wajah yang beredar di pasaran tidak menjamin Anda mengetahui segala hal tentang cuci muka, bukan? Buktinya Anda masih mengalami masalah kulit. Sebenarnya, jika Anda memperbaiki cara mencuci muka, Anda akan terhindar atau mengurangi masalah kulit seperti iritasi, kulit kering, dan jerawat. Dilansir dari CNN Indonesia, berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk memaksimalkan proses mencuci muka. Hasilnya, kulit Anda akan tampak lebih sehat.

Ilustrasi: mengelap muka dengan handuk

Gunakan produk Anda dengan hati-hati

Apakah kulit Anda memerah dan sensitif setelah dibersihkan? Mungkin pembersih Anda terlalu keras. Sementara menghapus make up dan kotoran, tidak harus mengambil sel-sel sehat atau minyak alami dari kulit Anda. Jika hal ini terjadi sebaiknya pilih pembersih wajah lainnya yang bisa membersihkan secara menyeluruh tapi tidak meninggalkan masalah pada wajah.

Pertimbangkan suhu air

Beberapa orang percaya bahwa air panas membuat pori-pori terbuka dan air dingin membuat lubang pori-pori mengecil. Ternyata hal itu tidak benar karena pori-pori tidak memiliki otot sehingga tidak dapat membuka atau menutup. Bagi Anda yang kerap mencuci muka dengan air panas, ternyata cara itu malah membuat kulit Anda lebih kering. Pasalnya air panas dapat meluruhkan minyak pelindung kulit. Pastikan bahwa air tidak terlalu panas, cukup air yang hangat.

Jangan terobsesi pengelupasan kulit

Untuk memastikan sel-sel kulit mati terangkat dari wajah, tak perlu menggunakan scrub setiap hari. Anda bisa melakukannya dua kali dalam seminggu. Jika Anda merasa scrub Anda tidak terlalu bekerja maksimal, Anda pun dapat menggunakan buah yang mengandung asam.

Minyak untuk membersihkan wajah

Keyakinan lama bahwa minyak menyumbat pori-pori kulit sekarang telah berubah. Bahkan para ahli cenderung menyarankan pembersih yang mengandung minyak untuk semua jenis kulit. Minyak ternyata dapat membersihkan pori-pori secara efektif, menyingkirkan bakteri dan memberikan keseimbangan yang sehat pada kulit.

Ketika memilih produk berbasis minyak, pastikan berasal dari minyak alami dan tanaman. Anda dapat menggunakan minyak almond, minyak biji anggur, minyak biji aprikot, minyak bunga matahari dan sebagainya.

Minyak kelapa dan minyak zaitun mungkin juga cocok jadi pilihan. Pijat sedikit minyak ke wajah Anda dengan lembut dan kemudian bersihkan dengan kain basah yang lembut. Untuk menghindari meninggalkan residu yang akan menyumbat pori-pori, bersihkan minyak secermat mungkin.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: