Info Terbaru, Benarkah Produk Cream 21 plus Dermovate Bisa Memutihkan Kulit?

Kulit wajah putih berseri (sumber: lorealparisusa.com)Kulit wajah putih berseri (sumber: lorealparisusa.com)

Selama ini, banyak wanita, khususnya perempuan di Indonesia, yang percaya bahwa kecantikan akan lebih terpancar jika seseorang memiliki kulit putih. Padahal tidak selalu demikian. Akibatnya, mereka pun rela melakukan berbagai macam cara untuk memutihkan kulit, termasuk dengan mencoba meracik beberapa produk sekaligus seperti produk Cream 21 yang dicampur dengan Dermovate.

Cream 21

Cream 21 adalah produk all day cream yang terkenal karena formulanya yang diklaim sangat efisien dengan Pro-Vitamin B5 untuk semua jenis kulit, serta untuk mengembalikan kelembapan alami kulit dan melindunginya dari dehidrasi. Bahan pelembap yang kaya dan active moisturizer pada Creme 21 disebut-sebut dapat memastikan pemeliharaan lapisan hidrolipid alami kulit, sehingga membuatnya terasa halus dan lembut.

Meski dikenal sebagai produk buatan Jerman (made in Germany), Cream 21 saat ini sudah banyak diperjualbelikan di Indonesia dengan harga yang relatif terjangkau, yakni berkisar di angka Rp35 ribuan. Sebagai perbandingan, pada tahun sebelumnya, harga Cream 21 Rp30 ribuan.

Komposisi Cream 21

Aqua, Paraffinum Liquidum, Polyglyceryl-2 Dipolyhydroxystearate, Zinc Stearate, Glycerin, Isopropyl Palmitate, Sucrose Distearate, Petrolatum, Magnesium Sulfate, Panthenol, Glyceryl Oleate, Hydrogenated Palm Glycerides Citrate, Tocopherol, Citric Acid, Phenoxyethanol, Methylparaben, Ethylparaben, Butylparaben, Propylparaben, Parfum, Hexyl Cinnamal, Limonene, Linalool, Citronellol, Butylphenyl Methylpropional (Lilial), Hydroxyisohexyl 3-Cyclohexene Carboxaldehyde (Lyral), Alpha-Isomethyl Ionone, Citral

Creme 21 All Day Cream (sumber: lazada.co.id)

Creme 21 All Day Cream (sumber: lazada.co.id)

Dermovate

Dermovate merupakan suatu merek dagang yang mengunggulkan kandungan clobetasol dalam tiap produknya, baik yang berupa ointment (salep) ataupun krim. Clobetasol sendiri merupakan obat kortikosteroid topikal (yang diaplikasikan pada kulit) yang digunakan untuk mengobati kondisi kulit yang belum merespons kortikosteroid dengan baik, termasuk psoriasis berat dan dermatitis eczematous. Clobetasol bekerja dengan cara mengurangi pembengkakan, kemerahan, dan gatal.

Baca juga:  Bedak Latulip No 6, Produk La Tulipe yang Cocok untuk Anda dengan Tone Kulit Pink

Meskipun dikenal sebagai produk Arab, Dermovate sebenarnya juga sudah banyak dijual di Indonesia, bahkan juga tersedia di sejumlah apotek besar. Di apotek, harga Dermovate 0,05% Cream 5 gram (hijau) dibanderol Rp61.500 per tube, sedangkan yang dosisnya 10 gr harganya Rp98.200. Lalu, untuk Dermovate 0,05% Ointment (coklat) 5 gr, harganya Rp50.000 dan 10 gram dijual seharga Rp98.300.

Cara pemakaian Dermovate salep maupun krim pun cukup mudah, karena hampir sama seperti pengaplikasian obat topikal lainnya. Anda cukup mengoleskan Dermovate sedikit saja untuk menutupi area yang bermasalah dan gosok perlahan ke kulit sebanyak 2 atau 3 kali sehari. Dosis total penggunaan Dermovate tidak boleh lebih dari 50 gr (gram) dalam seminggu. Pengaplikasian Dermovate di area dekat mata juga harus dilakukan secara berhati-hati agar tidak sampai masuk ke mata.

Komposisi Dermovate Cream

Setiap gram mengandung clobetasol 17-propionate 0.5 mg. Nonmedicinal ingredients: cetyl alcohol, chlorocresol, citric acid, glyceryl monostearate, glyceryl stearate/PEG 100 stearate, propylene glycol, purified water, stearyl alcohol, sodium citrate, dan white wax.

Baca juga:  Apakah Diet GI Mampu Atasi Insomnia pada Gejala Menopause?

Komposisi Dermovate Ointment

Setiap gram mengandung clobetasol 17-propionate 0.5 mg. Nonmedicinal ingredients: propylene glycol, sorbitan sesquioleate, dan white petrolatum.

Dilansir Medbroadcast.com, penggunaan zat clobetasol 17 – propionate sebenarnya tidak boleh dilakukan dalam jangka waktu lama. Saat clobetasol 17 – propionate digunakan di area yang luas untuk periode yang lama atau di bawah perban yang tidak bernapas, mungkin akan banyak obat yang terserap ke dalam aliran darah sehingga menyebabkan efek samping yang tidak diinginkan. Karena itu, clobetasol 17 – propionate hanya disarankan untuk digunakan dalam periode yang singkat dan Anda dianjurkan berhenti menggunakannya segera setelah permasalahan kulit hilang.

Dermovate Cream & Ointment (sumber: prelo.co.id)

Dermovate Cream & Ointment (sumber: prelo.co.id)

Apabila Anda belum melihat adanya perbaikan pada kulit setelah seminggu, Anda disarankan untuk menghentikan penggunaan obat dan menghubungi dokter. Penting untuk menggunakan Dermovate persis sesuai dosis yang ditentukan oleh dokter. Apabila Anda melewatkan dosis, terapkan sesegera mungkin dan lanjutkan dengan jadwal yang terlewat dan lanjutkan dengan jadwal pemberian dosis rutin Anda. Jangan menerapkan dosis ganda untuk menebus dosis yang terlewat.

Bagaimana Jika Cream 21 Dicampur dengan Dermovate?

Belakangan ini muncul ide yang terbilang unik dan juga cukup ‘nyeleneh’ demi mendapatkan kulit wajah yang putih, cerah, dan merona, yakni dengan cara mencampurkan Cream 21 dan Dermovate. Padahal, seperti yang sudah dijelaskan di atas, Dermovate sendiri termasuk kategori obat-obatan yang dosis penggunaannya ternyata diatur oleh dokter.

Entah dari mana asalnya, namun telah berkembang sebuah persepsi bahwa Dermovate bisa memutihkan kulit, menghilangkan bekas jerawat, dan manfaat-manfaat luar biasa lainnya. Sehingga, apabila dikombinasikan dengan Cream 21, khasiatnya pun dinilai akan berlipat ganda. Beberapa orang percaya jika Dermovate dan Cream 21 dicampur dengan perbandingan 1:2 (menggunakan sumpit atau sendok berbahan kayu), produk ini bisa menghasilkan wajah yang mulus.

Padahal, anggapan itu benar-benar berisiko. Kandungan Clobetasol propionate di dalam Dermovate sebenarnya hanya ditujukan untuk mengobati berbagai gangguan kulit, termasuk eksim dan psoriasis. Di antara efek samping penggunaannya adalah penipisan kulit dan perubahan pigmentasi pada kulit. Efek samping itulah yang oleh beberapa orang justru dianggap ‘khasiat’ dari Dermovate yang bisa memutihkan kulit.

Karena itu, sebaiknya jangan mudah percaya dengan testimoni atau review orang lain. Apabila Anda ingin melembapkan kulit, pakailah produk yang memang diklaim mengandung moisturizer seperti Cream 21 atau semacamnya. Ingat, jangan pernah mencampurkan dua produk atau lebih secara sembarangan, apalagi jika ini menyangkut tentang obat-obatan. Dampak atau efek sampingnya mungkin belum tentu Anda rasakan sekarang, tapi nanti beberapa tahun lagi kemungkinan Anda akan menyesali langkah gegabah tersebut.

[Update: Almasshabur]

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: