Benarkah Operasi Plastik Bisa Membantu Seseorang Berhenti Merokok?

Operasi Plastik - sinusitis.autoimuncare.com Operasi Plastik - sinusitis.autoimuncare.com

Sampai saat ini merokok disebut-sebut menjadi salah satu aktivitas yang mengancam kesehatan. Sebagian besar orang perokok mengaku kesulitan untuk berhenti merokok. Beberapa perokok yang berusaha menghentikan kebiasaan merokok biasanya melakukan beberapa cara seperti terapi perilaku, mengonsumsi permen karet nikotin dan koyo anti rokok, hipnosis, dan masih banyak lagi.

Operasi Plastik - www.rumahsehatterpadu.or.id

Operasi Plastik – www.rumahsehatterpadu.or.id

Menariknya, penelitian terbaru menemukan hasil bahwa operasi bedah plastik bisa membantu menghentikan orang merokok untuk selamanya. Hingga kini dokter memang belum menemukan prosedur operasi sederhana yang mampu membuat orang secara sekejap berhenti merokok.

Umumnya dokter akan merekomendasikan pasien yang hendak melakukan oplas untuk menghindari merokok setidaknya 2 minggu sebelum prosedur bedah dilakukan untuk menghindari komplikasi kesehatan. Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of American Society of Plastic Surgeons menyebutkan bahwa sebagian besar dari pasien operasi plastik tersebut akhirnya justru tak lagi merokok dalam jangka panjang, atau setidaknya mengurangi intensitas konsumsi rokok mereka.

Penelitian tersebut melibatkan 85 pasien tummy tuck (abdominoplasty), breast lift (mastopexy), dan pasien facelift yang seluruhnya merokok sebelum berkonsultasi tindakan pra-operasi plastik dan berhenti 2 minggu sebelum operasi. Dari penelitian itu didapatkan bahwa lebih dari 40% perokok harian tidak lagi merokok setiap hari, dan hampir 25% mengaku sama sekali tidak merokok sejak melakukan oplas. Total sekitar 57% pasien merasa bahwa mereka telah mengurangi konsumsi rokok sejak menjalani prosedur operasi plastik.

“Mengingat bahwa banyak ahli bedah plastik menganjurkan penghentian merokok pada pasien sebelum operasi elektif, konsultasi pra operasi dapat memberikan kesempatan unik untuk mempromosikan modifikasi gaya hidup sehat dan penghentian merokok dalam jangka panjang,” demikian kata penulis dalam penelitian tersebut seperti dilansir Refinery29.

Operasi Plastik - sinusitis.autoimuncare.com

Operasi Plastik – sinusitis.autoimuncare.com

“Pasien kosmetik adalah subset unik dari pasien bedah, karena operasi mereka tidak mendesak atau perlu secara medis, dan mungkin ada motivasi psikologis yang mendasarinya untuk menjalani operasi kosmetik untuk perbaikan diri,” imbuh peneliti.

Penelitian tersebut berusaha mencari tahu korelasi operasi kosmetik elektif dengan upaya berhenti merokok. Meski demikian, seorang perokok tak dianjurkan untuk melakukan oplas hanya untuk menghentikan kebiasaan merokoknya.

Pada dasarnya ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk berhenti merokok, salah satunya dengan Nicotine Replacement Therapy (NRT) atau terapi pengganti nikotin. Dokter spesialis paru, dr. Agus Dwi Susanto mengungkapkan bahwa dosis nikotin dalam terapi NRT harus diatur mulai dari dosis maksimal sampai yang paling kecil, dan juga dibatasi dengan waktu. “Biasanya terapi NRT sampai 3 bulan. Jadi kalau ada yang pakai rokok elektrik agar bisa berhenti merokok, harus dilihat pemakaiannya sampai berapa lama,” katanya.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: