Benarkah Ada Mainan Yang Dianggap Berbahaya Bagi Anak-Anak?

mainan, berbahaya, bagi, untuk, anak-anak, timbal, tinggi, spinner, di, toko, balon, kematian, usia, kualitas, segi, boneka, indonesia, amerika, lembaga, label, beracun, tidak, baterai Permainan elektronik untuk anak usia sekolah

Tidak semua permainan itu aman dimainkan oleh -anak. Ternyata, ada beberapa permainan yang cukup berbahaya bagi -anak. Menurut Dev Gowda dari Kelompok Dana Pendidikan (Public Interest Research Group (PIRG) Education Fund), orang dewasa seharusnya bisa lebih berhati-hati ketika berbelanja .

Meskipun mungkin ada beberapa mainan yang dianggap berbahaya bagi anak-anak, namun menurut Gowda, tidak ada anak yang terluka, sakit, bahkan meninggal karena sebuah mainan. Sebuah laporan tahunan tentang ‘Mainan Yang Berbahaya’, di dalamnya ada laporan tentang mainan-mainan yang mungkin bisa melanggar privasi anak-anak.

Salah satunya contoh mainan adalah boneka yang bernama My Friend Cayla yang bisa ditemukan di Walmart dan Kohl’s. Boneka itu telah dilarang dijual di Jerman, karena dianggap melanggar privasi. Pelarangan itu juga didorong oleh banyaknya komplain yang dilakukan oleh kelompok konsumen kepada US Federal Trade Commission karena boneka itu bisa melanggar Undang-Undang Perlindungan Privasi Online Anak-Anak.

Biro Investigasi Federal Bureau telah mengeluarkan peringatan kepada konsumen untuk mempertimbangkan keamanan dunia maya sebelum memperkenalkan mainan cerdas, interaktif, dan terhubung ke internet di rumah.

Dua spinner dijual di Target dan didistribusikan oleh Bulls i Toy, L.L.C, ditemukan memiliki level timbal sangat tinggi. The Wild Premium Spinner Brass memiliki 33.000 per bagian dari timbal, di mana jumlah itu telah melebihi 300 kali dari batas legal untuk khusus anak-anak. The Fidget Premium Spinner Metal telah mencapai 1.300 ppm timbal. Target mengatakan akan menghilangkan pemintal dari spinner.

Menurut Dr. Helen Binns, seorang profesor pediatri di Northwestern University Feinberg School of Medicine di Chicago, bahkan ada sedikit timbal dalam mainan yang bisa dicerna ketika ditransfer dari jari ke mulut atau dari jari ke makanan.

Balita bermain balok-balok

Binns menuturkan jika timbal bisa merusak otak yang sedang berkembang, dan termasuk mudah tertelan melalui kebiasaan seperti memasukkan tangan ke mulut. Orang dewasa perlu mewaspadai dua pemintal pada spinner, karena benda tersebut bisa saja mengandung banyak timbal.

Meskipun ada larangan pada bagian-bagian dari mainan untuk anak-anak di bawah 3 tahun, ada laporan yang menyoroti bahwa beberapa bagian dari mainan itu tidak memiliki label peringatan. Hal itu termasuk pada permainan peg, golf, dan sepakbola yang dijual di Dollar Tree.

Bahkan, balon bisa menyangkut di tenggorokan anak-anak. Dengan begitu, balon bisa saja menyebabkan kematian daripada mainan lainnya. Para peneliti menemukan ada lima set balon yang dijual di rak-rak toko. Balon itu telah dipasarkan ke anak-anak berusia di bawah 8 tahun atau memiliki label peringatan yang tidak cukup jelas (sehingga terlihat aman bagi anak-anak usia 3 hingga 8 tahun).

Ada juga permainan hoverboard yang telah ditarik oleh US Consumer Product Safety Commission (CPSC) karena kesalahan pada baterai. Banyak hoverboard yang telah ditarik dari pasaran, tetapi masih menjadi ancaman bagi anak-anak.

Di Amerika, ada dua gadis cilik dan seorang pemadam kebakaran yang meninggal. Penyebab kematiannya diyakini karena hoverboard yang sedang diisi baterai, dan terlalu panas. Ada pula kasus rumah terbakar yang disebabkan karena hoverboard.

Oleh karena ada beberapa mainan yang mungkin bisa menyebabkan sesuatu yang berbahaya bagi anak-anak, peran orangtua menjadi penting. Orangtua berhak melakukan pengawasan terhadap mainan bagi buah hati mereka.

Membelikan atau tidak mainan tersebut pada umumnya didasari oleh dan mutu mainan saja. Selain di Amerika, di Indonesia sendiri, Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) mengumumkan penemuan zat berbahaya yang terkandung dalam mainan edukasi anak yang hanya dijual bebas di pasar Indonesia. Mainan-mainan tersebut mengandung zat yang sangat berbahaya bagi anak seperti timbal (Pb), merkuri (Hg), cadmium (Cd) dan chromium (Cr).

mainan, berbahaya, bagi, untuk, anak-anak, timbal, tinggi, spinner, di, toko, balon, kematian, usia, kualitas, segi, boneka, indonesia, amerika, lembaga, label, beracun, tidak, baterai

Anak perempuan bermain di dalam rumah

Adapun mainan-mainan anak yang diuji adalah mainan edukasi yang berbentuk sempoa, puzzle, balok ukur berwarna, balok rumah-rumahan, rumah hitung kayu, dinosaurus kayu serta kotak pos yang semuanya menggunakan cat pewarna.

Ada jutaan mainan yang ada di pasaran saat ini dan ratusan mainan baru yang diproduksi tiap tahunnya. Tiap tahun juga ada saja sejumlah anak yang dirawat di rumah sakit karena mainan mereka. Orangtua harus selalu perhatikan label yang tertera pada kemasan mainan anak, baik rincian yang digunakan juga kategori umur yang tercatat pada kemasan mainan.

Karena selain zat-zat berbahaya yang terkandung dalam mainan dapat membahayakan anak dalam tumbuh kembang mereka dalam jangka waktu bertahap dan lama, ada juga yang mengintai dari penggunaan mainan yang tidak sesuai kategori umur, yaitu tersedak.

Di negara-negara barat seperti, Amerika Serikat, ada sebuah komisi yang mengawasi dan mengatur peredaran mainan yang aman untuk anak. Seperti bahan yang dibuat dan asal mainan. Dan untuk beredar di Amerika, maka mainan tersebut harus memenuhi semua standar yang telah ditetapkan.

Tips Memilih Mainan Untuk Anak-Anak

Oleh karena itu, sebelum memilih mainan untuk anak-anak, sebagai orangtua, seharusnya mempertimbangkan beberapa hal seperti mainan harus dapat dicuci, mainan yang diberi cat harus bebas dari logam timah, dan mainan untuk karya seni harus berlabel tidak beracun. Mempertimbangkan dan memperhatikan keselamatan anak pada waktu bermain mainan favorit mereka harus menjadi prioritas orang tua. Jangan mempertimbangkan mahalnya mainan tersebut. Sebaiknya pertimbangkan dari segi mainan, usia anak-anak, dan kesukaan anak-anak.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: