Apa Sih Bedanya Cinta, Kasih dan Sayang?

Ilustrasi: sepasang kekasihIlustrasi: sepasang kekasih

Membahas seputar cinta, kasih, dan sayang memang menarik. Namun, karena hal-hal itu berkaitan dengan sesuatu yang “dirasakan” maka tidak mudah untuk mendefinisikan atau menjabarkan maknanya. Beberapa dari Anda mungkin ada yang kebingungan apa bedanya antara cinta, kasih, dan sayang? Pasalnya perasaan itu kerap muncul begitu saja atau bahkan setelah melewati waktu yang begitu lama.

Dilansir Wikipedia, perbedaan cinta, kasih, dan sayang akan terlihat jika dilihat dari terminologi bahasa. Cinta biasanya lebih cenderung pada hal-hal romantis, asmara dan hawa nafsu, eros. Sedangkan sayang cenderung kepada teman-teman dan keluarga, philia. Dan kasih cenderung pada keluarga dan Tuhan, agape.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), penjelasan seputar cinta, kasih, dan sayang sendiri memang tidak begitu rinci, bahkan cenderung tumpang tindih pengertiannya. Berikut pemaparan dari masing-masing kata tersebut lengkap dengan contoh penggunaannya dalam suatu kalimat atau ungkapan.

Pengertian Cinta, Kasih dan Sayang Menurut KBBI

Cinta

  1. a suka sekali; sayang benar: orang tuaku — kepada kami semua; — kepada sesama makhluk
  2. a kasih sekali; terpikat (antara laki-laki dan perempuan): sebenarnya dia tidak — kepada lelaki itu, tetapi hanya menginginkan hartanya
  3. a ingin sekali; berharap sekali; rindu: makin ditindas makin terasa betapa –nya akan kemerdekaan
  4. a kl susah hati (khawatir); risau: tiada terperikan lagi –nya ditinggalkan ayahnya itu
Baca juga:  Rekomendasi 6 Merek Bedak yang Cocok Untuk Kulit Kering

Kasih

  • n perasaan sayang (cinta, suka kepada): pria itu menaruh — kepada gadis tetangganya

Sayang

  1. a kasih sayang (kepada); cinta (kepada); kasih (kepada)
  2. v sayang akan (kepada); amat suka akan (kepada); mengasihi; mencintai: tiada Ibu yang tidak — kepada anaknya
  3. n cak (cakapan: menandai kata yang digunakan dalam ragam takbaku) kekasih; jantung hatiku: aduhai, —
Simbol cinta

Simbol cinta

Pengertian Cinta, Kasih dan Sayang dalam Islam

Ustaz KH Zainuddin MZ dalam bukunya sempat menjelaskan bahwa firman Allah SWT terkait kasih dan sayang itu tertuang dalam Surah Al-Rum [30] ayat 21 yang berbunyi sebagai berikut.

وَمِنۡاٰیٰتِہٖۤاَنۡخَلَقَلَکُمۡمِّنۡاَنۡفُسِکُمۡاَزۡوَاجًالِّتَسۡکُنُوۡۤااِلَیۡہَاوَجَعَلَبَیۡنَکُمۡمَّوَدَّۃًوَّرَحۡمَۃًؕاِنَّفِیۡذٰلِکَلَاٰیٰتٍلِّقَوۡمٍیَّتَفَکَّرُوۡنَ

Artinya: “Dan di antara tanda-tanda (kebesaran)-Nya ialah Dia menciptakan pasangan-pasangan untukmu dari jenismu sendiri, agar kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan Dia menjadikan di antaramu rasa kasih dan sayang. Sungguh, pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi kaum yang berpikir.”

Baca juga:  Harga dan Review Lipstik Implora Urban Lip Cream Matte

Zainuddin menjelaskan, kalau kita renungi ayat ini, Allah tidak hanya menjadikan cinta tapi juga kasih sayang. Apa bedanya cinta dan kasih sayang? Apa bedanya mawaddatan wa rahmah? Mawaddah yang artinya cinta itu sasarannya adalah jasmani, kecenderungan biologis. Cinta biasanya terkait pada keindahan. Biasanya orang mudah jatuh cinta pada sesuatu yang punya nilai keindahan. Karena itu, anak muda jarang yang jatuh cinta sama nenek-nenek.

Cinta selalu memandang segi keindahannya. Ini yang namanya mawaddah. Allah tidak mengingkari itu. Silakan. Bahwa manusia secara naluri senang pada yang serba indah, wajar-wajar saja. Tapi tidak cum mawaddah, Allah juga menciptakan rahmah, kasih sayang. Mawaddah mungkin ada akhirnya, tapi rahmah tidak akan pernah berakhir. Kalau mawaddah adalah kecenderungan pada biologis, jasmaniah. Namun rahmah, cenderung pada nilai-nilai rohani, seperti kepribadian dan kejiwaan.[1]

Ilustrasi: gandengan tangan

Ilustrasi: gandengan tangan

Perbedaan Cinta, Kasih dan Sayang

Nah, jadi apa bedanya cinta, kasih dan sayang? Dilansir dari Popbela, cinta adalah emosi yang kompleks, terdiri dari berbagai macam perasaan dan keadaan. Berdasarkan kamus Oxford, cinta (love) didefinisikan sebagai perasaan kasih sayang yang kuat. Sedangkan menurut kamus Merriam-Webster, cinta adalah perasaan kasih sayang yang kuat atau konstan bagi seseorang.

Baca juga:  Tampil Cantik dengan Bedak Viva Bright Beauty Compact Powder

Oleh sebab itu, saat mencintai seseorang, otomatis Anda akan menyayanginya. Berbeda bila Anda menyanyi seseorang, belum tentu Anda mencintainya. Kasih dan sayang sendiri kerap dianggap suatu hal yang tak dapat terpisahkan.

Sayang sendiri diartikan sebagai perasaan yang lembut, rasa suka, atau peduli. Berbeda dengan cinta, rasa sayang masih mengedepankan logika. Selain itu, rasa sayang saja umumnya tidak terdiri dari perasaan bergairah, nafsu, atau romantis, serta sifatnya cenderung lebih tulus dan bermakna luas (tidak hanya antara pria dengan wanita saja).

[1] MZ, Zaenuddin. 2016. Membina Keluarga Bahagia – Ngaji Bareng K.H. Zainuddin M.Z. Romli C, editor. Jakarta: Noura Books.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: