Info Lengkap Cara Memilih Bedak yang Mengandung SPF

Wanita Memakai Bedak di Kantor - www.telegraph.co.ukWanita Memakai Bedak di Kantor - www.telegraph.co.uk

Anda pasti tergiur dengan produk bedak yang mengandung SPF. Hal tersebut lantaran SPF dikenal mampu melindungi kulit lebih kuat dari paparan sinar matahari. Semakin tinggi SPF yang tertulis pada produk, maka semakin terlindung kulit Anda di atas terik matahari.

Produk bedak maupun lotion yang memiliki kandungan SPF di atas 20 dapat menjadi pilihan Anda untuk digunakan saat menjalankan rutinitas di luar rumah. SPF bekerja langsung menghambat sinar UVB yang menjadi penyebab flek hitam. Terlebih pada waktu-waktu tertentu, antara pukul 11.00-14.00, matahari sedang bersinar terik dan memancarkan sinar UV A, B, dan C.

Jika Anda mengamati produk yang dipakai tertulis SPF 20, berarti ketahanan kulit Anda akan diperpanjang 20 kali lipat sebelum terbakar. Selain mampu menjaga kulit dari radiasi sinar ultraviolet yang dapat membakar kulit, Sun Protection Factor (SPF) ini mampu menutrisi dan meningkatkan kelembapan kulit. Sehingga secara efektif dapat menjaga kesehatan kulit hingga mengurangi risiko kanker kulit.

Meski begitu, tidak ada SPF yang mampu melindungi kulit 100 persen dari paparan sinar matahari dalam jangka panjang. Untuk itu, Anda juga memerlukan produk perawatan kulit yang mengandung PA (Protection grade of UVA). PA memiliki 3 tingkatan perlindungan, mulai dari PA+, PA++, dan PA+++. 

Semakin banyak tanda + dalam produk, semakin kuat tingkat perlindungannnya. Perpaduan SPF dan PA dalam satu produk akan semakin efektif untuk melindungi kulit dari pengaruh buruk sinar matahari. Apabila Anda berencana untuk menghabiskan waktu yang lama di luar rumah, maka disarankan untuk memilih produk yang mengandung SPF di atas 20.

Cara Memilih Bedak – www.medicalnewstoday.com

Cara Memilih Bedak yang Mengandung SPF dengan Tepat

  • Pilih produk yang mudah dibersihkan dengan sabun dan tidak membutuhkan cleanser khusus.
  • Untuk kulit sensitif, hindari produk berkandungan surfaktan dan mineral oil
  • Pilih produk non chemical yang ramah di kulit wajah
  • Untuk wanita aktif, pilih produk yang mudah dibawa ke manapun

Tak sedikit produk face powder dengan kandungan SPF yang tidak membutuhkan cleanser khusus untuk membersihkannya, terlebih jika Anda termasuk orang yang sibuk. Khusus bagi Anda yang memiliki kulit sensitif, ada baiknya menghindari produk seperti surfaktan, mineral oil, pewangi sintetis, dan paraben karena bahan-bahan tersebut sangat mudah menimbulkan iritasi kulit.

Produk yang mengandung tabir surya biasanya memiliki kandungan berupa kombinasi UV absorber dan UV scattering agent. Absorber dapat menimbulkan iritasi pada kulit sensitif karena efeknya yang kuat dalam memblokir sinar UV. Untuk itu pilihlah produk tanpa bahan kimia.

Face powder dengan kandungan SPF memiliki 2 tipe, yaitu tipe loose powder dan pressed powder. Loose powder atau bedak tabur memberi hasil akhir yang natural, tetapi mudah luntur dan tidak tahan lama sehingga Anda harus touch-up berkali-kali. 

Tinggalkan loose powder Anda di rumah karena tipe ini bertekstur bubuk sehingga mudah tumpah. Berbeda dengan pressed powder yang mudah dibawa ke manapun karena teksturnya yang padat dan keras. Saat pemakaian, produk ini tidak mudah luntur sehingga dapat menyempurnakan riasan Anda seharian.

Rekomendasi Merek Bedak yang Mengandung SPF

Maybelline Clear Smooth Pressed Powder
Produk yang dikenal bebas minyak dengan hasil yang matte ini, memiliki powder bertekstur padat yang dapat dicoba bagi Anda yang berjerawat. Dengan kandungan titanium dioksida yang merupakan bahan tabir surya alami dan SPF 20 PA+++ di dalamnya akan bekerja maksimal untuk melindungi kulit Anda dari bahaya paparan sinar matahari. Produk ini dijual kisaran harga Rp37.500.

Marina Smooth & Glow UV Two Way Cake
Dengan harga terjangkau mulai dari Rp25 ribuan, Anda sudah mendapatkan face powder bertekstur padat ber-SPF 20 PA++. Microfine powder-nya membuat produk menempel sempurna di kulit tanpa terlihat tebal seperti topeng. Tak heran jika produk ini banyak diincar oleh para remaja.

Bedak yang Mengandung SPF - www.self.com

Bedak yang Mengandung SPF – www.self.com

Pixy Make It Glow Silky Powdery Cake
Bedak ini diformulasikan menjadi medium to high coverage tanpa membuat kulit menjadi kering. Perlindungan pada bedak ini cukup tinggi lewat kandungan SPF 35 dan PA++ yang dikandungnya mampu melindungi kulit wajah Anda dari dampak sinar UV. Harganya lebih mahal dari dua produk di atas yakni kisaran Rp62 ribuan.

Etude House Secret Beam Powder Pact SPF36/PA+++
Jika Anda membutuhkan perlindungan ekstra, Etude House Secret Beam Powder dapat menjadi pilihan. Dengan kandungan SPF36/PA+++, kulit Anda terjamin semakin terlindung dari paparan sinar matahari. Kelebihan dari produk ini membuat wajah glowing natural serta memiliki desain kemasan dan warna yang cantik serta elegan. Harganya pun cukup mahal sekitar Rp112 ribuan.

Chanel Le Blanc UV Protection Whitening Loose Powder SPF 50
Tak tanggung-tanggung produk ini memiliki kandungan SPF 50, sehingga jelas Anda akan merogoh kocek lebih mahal yakni Rp900 ribuan. Face powder dari high-end brand Chanel ini berfungsi tidak hanya mempertahankan makeup Anda, tetapi juga melindungi kulit wajah dari efek negatif sinar UV. Bagi Anda yang memiliki rutinitas di luar ruangan, lebih baik tidak ketinggalan memiliki produk ini. Sebab, tak hanya melindungi, namun kulit Anda akan lebih cerah dan tampak lebih muda berkat kandungan pigmen mutiara pada produk.

Anda dapat mengaplikasikan base make-up mulai dari penggunaan face powder dilanjutkan dengan foundation jika diperlukan. Khusus bagi Anda yang menghabiskan waktu di luar ruangan dalam waktu yang lama, Anda dapat menambahkan pemakaian sunblock spray.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: