Jenis Bedak Untuk Cacar Air yang Dijual Secara Bebas di Pasaran

Bedak untuk cacar air (sumber: Bukalapak)Bedak untuk cacar air (sumber: Bukalapak)

Cacar air merupakan salah satu penyakit yang banyak sekali dialami oleh anak-anak hingga remaja. Ada banyak sekali cara mengatasi cacar air seperti mengunjungi dokter ataupun menggunakan obat herbal. Namun, ada cara lebih mudah untuk mengatasi cacar air yaitu dengan menggunakan bedak khusus untuk cacar air.

Sebelumnya, perlu Anda ketahui terlebih dahulu bahwa gejala cacar air hampir mirip dengan flu di mana seseorang yang terjangkit virus cacar air akan mengalami demam tinggi dan mengalami gatal-gatal di sekujur tubuhnya. Gatal-gatal tersebut berbentuk fisik menyerupai benjolan bintik-bintik kecil di permukaan kulit dengan air di dalamnya.

Untuk menghindari penularan, bagi Anda yang memiliki gejala cacar air dapat melakukan pengobatan dan menggunakan beberapa bedak untuk cacar seperti berikut ini.

Bedak Losio/Bedak Calamine

Ilustrasi: bedak losio/bedak calamine (sumber: blush.me)

Ilustrasi: bedak losio/bedak calamine (sumber: blush.me)

Bedak Losio atau biasa dikenal juga dengan nama Bedak Calamine merupakan salah satu jenis bedak khusus untuk mengobati masalah pada kulit. Untuk tekstur bedaknya sendiri cair bahkan hampir menyerupai air dengan warna kecoklatan seperti bedak cair pada umumnya.

Berbeda dengan jenis bedak pada umumnya, Bedak Losio hanya boleh digunakan jika Anda mengalami gangguan kulit seperti kemerahan, gatal, ruam, dan cacar air. Bedak Losio sendiri dikenal dengan nama Bedak Calamine karena kandungan calamine yang tinggi. Selain kandungan calamine, bedak ini juga mengandung antihistamin, zinc oxide dan ferric oxide. 

Selain dapat mengurangi rasa gatal akibat cacar air, Bedak Losio juga mampu mempercepat proses penyembuhan penyakit cacar air dan membantu menghilangkan bekas-bekas cacar air di kulit. Untuk penggunaannya sendiri harus dikocok terlebih dahulu agar kandungan zat dan air pada bedak tercampur rata. Dan untuk mengoleskan pada kulit gunakan kapas ataupun puff bedak agar lebih higienis dan steril. 

Dan pastikan Anda menggunakan Bedak Losio sesuai dengan dosis, karena jika berlebihan akan berbahaya, selain itu efek samping dari penggunaan Bedak Losio yaitu sesak napas, pembengkakan wajah, pembengkakan bibir, gejala alergi, dan ruam. Walaupun begitu, tidak semua orang mengalami gejala efek samping tersebut.

Bedak Calicyl/Bedak Salisilat

Bedak Calicyl/Bedak Salisilat (sumber: doktersehat.com)

Bedak Calicyl/Bedak Salisilat (sumber: doktersehat.com)

Bedak untuk cacar air berikutnya yang bisa menjadi pilihan Anda yaitu Bedak Calicyl atau Bedak Salisilat. Seperti namanya, bedak ini mengandung salisilat dan perlu Anda ketahui terlebih dahulu bahwa cacar air merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus Varicella Zoster. Ini merupakan virus cacar air yang dapat menular melalui kontak langsung dengan penderita.

Dan Bedak Calicyl atau Bedak Salisilat sendiri merupakan bedak yang bermanfaat untuk mengatasi berbagai masalah kulit terutama kondisi yang menyebabkan pengerasan dan penebalan kulit seperti cacar air. hal ini tentunya karena kandungan asam salisilat berkadar tinggi pada bedak. Selain itu, bedak ini juga mampu mengurangi rasa gatal pada kulit akibat cacar air karena efek dinginnya yang menyerupai mint.

Dan untuk membantu mempercepat proses penyembuhan serta menghilangkan bekas cacar air, Anda bisa mengoleskan bedak menggunakan puff maupun kapas secara teratur 3 kali sehari.

Bedak Caladine

Bedak Caladine (sumber: Tokopedia)

Bedak Caladine (sumber: Tokopedia)

Bedak Caladine merupakan salah satu bedak anak-anak yang diproduksi oleh PT Galenium Pharmasia Laboratories dan digunakan untuk mengatasi gatal karena gigitan serangga, biang keringat, dan masalah kulit lainnya. Namun bedak ini juga dapat digunakan untuk cacar air karena beberapa kandungannya seperti zinc oxide dan menthol. Khususnya bedak ini dapat digunakan untuk mengatasi rasa gatal akibat cacar air dan membuat cacar air cepat mengering.

Untuk cacar air Anda bisa menggunakan bedak Caladine powder, namun akan lebih baik jika Anda menggunakan bedak bedak Caladine cair atau lotion karena mudah menyerap dalam kulit sehingga efeknya lebih cepat. Efek dingin pada bedak Caladine inilah yang menjadi penyebab utama dalam meredakan gatal karena cacar air.

Adapun cara penggunaan bedak Caladin untuk cacar air yaitu gunakan kapas ataupun kain sebagai media untuk mengoles bedak pada kulit. Dan oleskan bedak hanya pada kulit yang gatal atau kemerahan karena cacar air. 

Bedak Marcks

Bedak Marcks (sumber: celotehanpedia.com)

Bedak Marcks (sumber: celotehanpedia.com)

Bedak Marcks merupakan salah satu bedak andalan dari zaman dulu dan masih eksis serta banyak konsumennya hingga sekarang. Pada awalnya bedak Marcks hanya dikemas dalam wadah khusus bedak powder saja namun sekarang tampaknya sudah ada dalam bentuk padat. Mengandung asam salisilat, bedak ini tidak hanya dapat digunakan sebagai pelengkap make-up saja tetapi juga dapat mengobati beberapa penyakit kulit seperti kemerahan, ruam, gatal, dan jerawat.

Untuk cacar air sendiri bedak Marcks juga sangat bermanfaat. Walaupun bedak ini tidak memiliki efek dingin seperti bedak cacar lainnya tetapi juga bisa meredakan gatal akibat cacar air. Selain itu karena bedak ini tidak ada dalam bentuk cair, ada 2 cara penggunaan khusus untuk mengobati cacar air.

Cara pertama yaitu dengan langsung menaburkannya pada area kulit dengan cacar air yang gatal menggunakan kapas. Sedangkan untuk cara ke-2 yaitu dengan menambahkannya dengan air dingin atau air parutan jagung mentah. Kebanyakan orang lebih suka menggunakan cara yang ke-2 karena efeknya lebih cepat dan tidak menyisakan bekas. Untuk pemakaian, karena bedak Marcks memiliki kandungan asam salisilat kadar rendah sehingga Anda bisa memakainya sebanyak 4 hingga 5 kali pemakaian dalam sehari. 

Itulah beberapa bedak untuk cacar beserta sedikit ulasannya, pastikan Anda menggunakan bedak cacar sesuai dengan dosis agar tidak menimbulkan efek samping. Bedak untuk cacar di atas dijual bebas di apotik-apotik terdekat sehingga mudah bagi Anda untuk menemukannya.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: