Punya Flek Hitam Membandel? Ini Pilihan Bedak & Krim untuk Menghilangkan Flek

Menghilangkan Flek di Kulit Wajah - www.popsugar.comMenghilangkan Flek di Kulit Wajah - www.popsugar.com

Seiring pertambahan usia, wanita juga mungkin mengalami timbulnya flek atau noda hitam di wajah. Menurut Malahayati (2010), pigmentasi kulit atau melasma bisa terjadi di beberapa bagian tubuh, terutama di daerah wajah, akibat paparan sinar matahari. Selain sinar matahari, melasma juga dapat terjadi akibat pemakaian obat hormonal, misalnya kontrasepsi. Flek juga dapat timbul akibat bekas adanya jerawat, pemakaian obat antibiotik, antiepilepsi, dan antiperadangan.

Masih dari sumber yang sama, pemakaian kosmetik yang kemungkinan besar mengandung merkuri dan asam salisilat pun dapat membuat wajah terserang flek. Karena bila digunakan terus-menerus, akan menyebabkan kulit menjadi sangat sensitif terhadap sengatan sinar matahari.

Penyebab Muncul Flek Hitam di Kulit Wajah

Faktor Genetik
Salah satu penyebab mendasar kenapa kulit wajah Anda memiliki flek karena pengaruh gen. Kabarnya sekitar 20-70% flek di wajah dipengaruhi oleh faktor keturunan. Jadi, apabila orang tua Anda ada yang memiliki flek di wajah, maka kemungkinan besar Anda juga akan bernasib sama.

Polusi Udara
Meski terlihat sepele, paparan polusi udara di keseharian Anda bisa memicu munculnya flek hitam. Oleh sebab itu, sebaiknya gunakan cream wajah atau pelembab yang mengandung antioksidan atau meminimalisir paparan polusi dengan menggunakan masker saat berkendara maupun beraktivitas di jalanan yang sarat dengan polusi.

Pilihan Bedak untuk Menghilangkan Flek - abowlofglitter.fr

Pilihan Bedak untuk Menghilangkan Flek – abowlofglitter.fr

Sinar Ultraviolet
Percaya atau tidak? Paparan sinar matahari yang banyak mengandung UV bisa menimbulkan risiko yang berbahaya untuk kulit Anda, mulai dari flek hingga parahnya kanker kulit. Sebaiknya gunakan sunscreen atau tabir surya saat beraktivitas di luar ruangan.

Hormon
Seperti yang telah dipaparkan sebelumnya, hormon bisa jadi penyebab Anda mengalami flek hitam di wajah. Hormon tersebut terdiri dari estrogen, progesteron, dan MSH (Melanin Stimulating Hormone). Ibu hamil yang telah memasuki trimester ketiga biasanya rentan mengalami flek hitam.

Malahayati (2010) menambahkan, melenyapkan flek dari permukaan wajah, bukan perkara mudah karena membutuhkan perawatan rutin agar flek hilang dan tak muncul kembali. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan flek, mulai dari memakai masker hingga pemakaian krim pemutih (bleaching cream) yang berfungsi untuk mencerahkan wajah.

Beberapa wanita yang ingin tampil instan dengan wajah flawless tanpa terlihat flek hitamnya pun bisa menjajal produk-produk bedak dengan tingkat coverage yang tinggi. Biasanya bedak-bedak yang punya daya coverage tinggi adalah jenis two way cake yang di dalamnya sudah terkandung formula foundation, sehingga mampu menghilangkan atau menutupi flek hitam dalam sekejap saja. Pengaplikasian concealer pun juga biasanya cukup membantu Anda untuk menyamarkan noda-noda di wajah layaknya bekas jerawat, rona kulit yang tidak merata, dan juga flek hitam.

Rekomendasi Bedak untuk Menghilangkan Flek Hitam

Ada banyak pilihan produk bedak untuk menghilangkan flek hitam, misalnya saja Viva Cosmetics Queen Two Way Cake seharga Rp 49 ribuan, Pixy Two Way Cake seharga Rp35 ribuan, Rimmel Pressed Powder Stay Matte harga Rp80 ribuan, Make Over Perfect Cover Two Way Cake seharga Rp157 ribu, Wardah Lightening Two Way Cake seharga Rp66 ribu, hingga Maybelline Clear Smooth All In One dengan harga Rp55 ribuan saja.

Pilihan Krim untuk Menghilangkan Flek - www.womanandhomemagazine.co.za

Pilihan Krim untuk Menghilangkan Flek – www.womanandhomemagazine.co.za

Tak hanya bedak, Anda mungkin juga bisa mencoba produk skincare seperti krim atau serum asal Korea yang dikenal ampuh sebagai penghilang flek hitam. Setidaknya terdapat beberapa alternatif produk yang diklaim dapat menyamarkan flek hitam, antara lain Garnier Light Complete Multi Action Whitening Cream, Pond’s Flawless White Day Cream, L’Oreal Paris White Perfect Clinical Derm White Essence, salep Melanox Forte, Kiehl’s Clearly Corrective Dark Spot Solution, Jafra Brightening Pen, hingga SK-II Whitening Spot Specialist Concentrate.

Namun, saat menggunakan suatu produk, entah itu bedak, krim, atau salep khusus yang diklaim dapat menghilangkan flek hitam, perlu Anda pahami bahwa rata-rata produk tersebut tidak bisa menawarkan hasil yang instan. Pasalnya setiap individu memiliki kemampuan regenerasi kulit yang berbeda-beda. Agar proses regenerasi kulit bisa lebih maksimal, harus diimbangi juga dengan perawatan dari dalam dan penerapan gaya hidup sehat, seperti tidak merokok, mengonsumsi makanan yang kaya nutrisi, dan sebagainya.

Referensi:

Baca juga:  Rangkaian Produk Erto's Untuk Jerawat

Malahayati. 2010. Solusi Murah untuk Cantik, Sehat, Energik. Indriasari D, editor. Yogyakarta (ID): GREAT! Publisher.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: