Mau Punya Wajah yang Segar dan Cerah? Yuk Coba Pakai Bedak Dingin Sari Bengkoang!

Buah bengkoang (sumber: elevenia.co.id)Buah bengkoang (sumber: elevenia.co.id)

Mempunyai kulit wajah yang segar, cerah dan cantik sudah menjadi idaman setiap wanita Indonesia. Salah satu jenis bedak tradisional yang masih banyak digunakan hingga saat ini dan mampu memberikan banyak manfaat untuk kecantikan adalah bedak dingin. Sudah banyak brand kosmetik populer Indonesia yang juga memanfaatkan bedak dingin untuk serangkaian produk perawatan kulit wajahnya. Salah satu yang banyak digunakan adalah Bedak Dingin Sari Bengkoang.

Bedak dingin merupakan salah satu produk perawatan kulit yang berkhasiat dan difungsikan oleh wanita Indonesia untuk menyegarkan dan mengencangkan kulit wajah. Bedak Dingin Sari Bengkoang, seperti namanya terbuat dari bahan utama bengkoang untuk pembuatannya. Bedak ini juga diklaim dibuat dengan bahan alami lainnya tanpa menggunakan bahan kimia sehingga aman untuk semua jenis kulit.

Bedak Dingin Sari Bengkoang dijual dengan harga yang sangat terjangkau, namun memiliki banyak manfaat sehingga banyak digemari oleh beberapa wanita. Bedak Dingin Sari Bengkoang dijual di pasaran sekitar Rp8.000 hingga Rp15 ribuan saja. Berikut ini beberapa manfaat dari bedak dingin sari bengkuang.

Manfaat Bedak Dingin Sari Bengkoang

  • Memutihkan kulit
  • Menghilangkan jerawat
  • Membuat kulit menjadi lebih lembut
  • Memudarkan flek hitam atau bintik kecokelatan pada wajah.

Bedak Dingin Sari Bengkoang dikemas dalam kemasan yang mungil, sehingga memungkinkan wanita untuk membawanya ke mana saja. Dalam 1 kemasan, terdapat 10 pcs bedak dingin dengan warna putih susu. Menariknya, produk bedak ini sudah terdaftar di BPOM, sehingga tidak perlu cemas dengan bahan-bahan yang digunakan dan kualitasnya. Karena sudah pasti terjamin keamanannya.

Baca juga:  Cara Pakai Masker Spirulina

Cara Pakai Bedak Dingin Sari Bengkoang

Ilustrasi: aplikasi bedak dingin

Ilustrasi: aplikasi bedak dingin

Dalam menggunakan bedak dingin pada wajah, tentunya tidak sama dengan bedak biasa, namun juga tidak serumit yang dibayangkan. Berikut ini langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk menggunakan Bedak Dingin Sari Bengkoang:

  1. Bersihkan kulit wajah dan gunakan bando agar rambut tidak terkena bedak.
  2. Buka kemasan bedak dingin, ambil 10 butir dan letakkan dalam wadah.
  3. Tuangkan air secukupnya ke dalam wadah atau 2 setengah sendok teh air.
  4. Diamkan sejenak hingga lumer kemudian aduk sampai rata.
  5. Ambil adonan masker yang sudah jadi dengan kuas masker dan aplikasikan pada kulit wajah.
  6. Diamkan selama 15 hingga 20 menit, kemudian bilas dengan air hingga bersih.

Selain produk Bedak Dingin Sari Bengkoang, ada pula bedak dingin lain yang cukup populer di Kota Bandung, yakni Bedak Dingin Saripohatji. Bedak ini cukup sulit ditemukan di toko-toko terdekat, namun biasanya banyak yang menjualnya secara online.

Bedak Dingin Saripohatji ini memiliki manfaat yang hampir sama dengan bedak dingin yang lain, seperti memberikan sensasi segar pada kulit wajah, membantu mengontrol minyak berlebih pada wajah, bebas bau bahan-bahan tradisional, dan membuat jerawat mudah kering.

Namun beberapa pihak mengatakan, bedak Saripohatji ini kurang cocok digunakan bagi yang memiliki kulit wajah yang kering dan sensitif karena formulanya membuat wajah terasa kering, serta terkadang muncul rasa gatal pada saat pemakaian. Tiap satu kemasan bedak dingin Saripohatji dijual dengan harga Rp3 ribu hingga Rp6 ribuan.

Baca juga:  Bedak Make Over Shade No 4 (Two Way Cake dan Silky Smooth Translucent Powder)

Pabrik Nyonya Meneer juga memproduksi bedak dingin untuk kecantikan kulit wajah. Produk bedak dingin dari Nyonya Meneer ini terbuat dari rempah dan bunga-bunga alami yang bisa digunakan tidak hanya untuk orang dewasa tetapi juga untuk anak-anak. Bedak Dingin Nyonya Meneer memiliki komposisi utama berupa Amylum Oryzae 50%, Jasmine Flos 35%, Kaempferiae Rhizoma 10%, dan Curcumae Heyneanae Rhizoma 5%. Setiap bungkusnya berisi 20 butir bedak dingin yang disebut-sebut mampu membuat wajah menjadi segar dan halus serta mengatasi keringat buntet. Bedak ini dijual dengan harga terjangkau Rp6 ribuan saja.

Istilah bedak dingin Berastagi dikatakan berasal dari daerah Kalimantan di mana masyarakat di sana juga menyebutnya dengan nama pupur dingin. Bedak ini menggunakan bahan utama beras dan bahan-bahan alami lain tanpa bahan kimia sama sekali. Bedak Dingin Berastagi cukup populer digunakan oleh berbagai kalangan masyarakat Kalimantan, khususnya wanita.

Dengan mengaplikasikan bedak Berastagi dipercaya akan mencegah berbagai masalah pada kulit wajah, membantu menghaluskan kulit, mencegah timbulnya bau badan, serta memberikan sensasi sejuk pada kulit wajah.

Cara Membuat Bedak Dingin di Rumah

Butiran bedak dingin (sumber: rainbowdorable.com)

Butiran bedak dingin (sumber: rainbowdorable.com)

Bedak dingin kerap dimanfaatkan untuk merawat kulit wajah sehingga lebih sehat dan cantik. Nah, apabila selama ini Anda membeli bedak dingin di toko karena dirasa lebih praktis, ternyata Anda juga dapat membuatnya sendiri di rumah. Bedak dingin ini bisa Anda buat dari beras dan bengkuang.

Baca juga:  Produk Pelembab yang Diklaim Cocok Untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat

Cara membuatnya sangat mudah dan tentu saja bahan yang dibutuhkan pun sangat mudah didapat. Berikut adalah langkah dan cara membuat bedak dingin di rumah:

  1. Siapkan 1 buah bengkuang, 3 genggam beras.
  2. Kupas dan haluskan bengkoang dengan blender kemudian tambahkan air, lalu peras dan ambil sarinya. Simpan sari bengkuang dalam tempat yang sejuk.
  3. Ambil beras, cuci hingga bersih. Lalu rendam beras dalam air selama 3 malam supaya mudah dihaluskan.
  4. Saring beras yang telah direndam, kemudian haluskan memakai blender sampai lembut.
  5. Campur beras yang sudah menjadi tepung dengan sari pati bengkoang.
  6. Bentuk menjadi bulatan kecil, bisa ditambahkan dengan air mawar untuk menambahkan aromanya.
  7. Jemur adonan yang sudah dibentuk di bawah sinar matahari dan siap untuk digunakan.

Cara pemakaian bedak dingin tersebut cukup tambahkan air lalu oleskan pada seluruh wajah. Bedak dingin yang telah Anda buat tersebut dipercaya dapat menghilangkan masalah jerawat yang mengganggu.

Jika membuat bedak dingin sendiri dengan bahan-bahan tradisional dirasa merepotkan dan menguras waktu, Anda tetap bisa beralih menggunakan bedak dingin modern namun dengan manfaat yang sama dengan bedak tradisional yang telah lama ada.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: