Sama-sama Bikin Bibir Jadi Cantik, Apa Beda Liptint dan Lipstick?

Ilustrasi: lipstik & lip tintIlustrasi: lipstik & lip tint

Dari semua jenis kosmetik untuk bibir, lipstik mungkin menjadi produk yang paling umum digunakan dan memiliki sejarah cukup panjang di industri make-up. Dari masa ke masa, lipstick hadir dalam berbagai warna dan tekstur, mulai dari warna-warna yang didominasi merah dan cokelat, hingga warna-warna yang sifatnya “bold” seperti ungu, hitam, atau bahkan metalik. Sedangkan untuk tekstur lipstik juga beragam, ada yang matte, satin finish, shimmery, atau berkilau (glossy). Lantas, apa beda lipstick dan liptint yang kini sedang populer itu?

Jenis-jenis Lipstik

Berbagai jenis lipstik yang ada memiliki kandungan serta fungsi yang berbeda. Dengan mengetahui jenis-jenis lipstik, Anda dapat memilih lipstik yang sesuai dengan keinginan Anda dan memadukannya dengan tepat untuk menunjang penampilan Anda. Berdasarkan fungsi dan jenisnya, lipstik terdiri atas:

Gloss

Kandungan yang terdapat pada lipstik jenis ini dapat memantulkan cahaya sehingga bibir pun tampak mengilap seperti kaca.

Matte

Lipstik dengan sedikit kandungan minyak ini mengandung pigmen dalam jumlah lebih banyak untuk menyerap cahaya. Hasil polesan lipstik ini tidak mengilap dan lebih powdery.

Satin

Lipstik jenis ini menghasilkan polesan antara matte dan glowy.

Baca juga:  Inilah Sebab Bibir Hitam dan Cara Memerahkannya Dengan Minyak Zaitun Mustika Ratu

Cream

Hasil polesan lipstik jenis ini agak matte, tapi lembut di bibir. Lipstik ini cocok untuk daerah beriklim dingin, tapi agak berat untuk daerah beriklim tropis yang lembap dan panas seperti Tanah Air kita.[1]

Ilustrasi: wanita memakai lipstik (pexels: Daria Rem)

Ilustrasi: wanita memakai lipstik (pexels: Daria Rem)

Long-lasting

Kandungan pigmen dalam lipstik ini sangat banyak sehingga tahan lebih lama. Teknologi mutakhir memungkinkan penggunaan silikon yang non-volatile sehingga warna lipstik pun tahan lebih lama dan tetap nyaman di bibir.

Transferproof

Sifat lipstik ini tahan lama berkat teknologi silikon non-volatile. Lipstik ini tidak mudah menempel pada baju atau pipi.[2]

Selain jenis-jenis pemulas bibir yang telah disebutkan di atas, ada juga produk pemulas bibir yang dinamakan liptint. Lip tint Korea terkenal karena tahan lama, sehingga banyak orang menyukai produk ini. Lip tint ini sendiri terdiri dari beberapa tekstur, yaitu cair, creamy, dan crayon.[3]

Perbedaan Lip Tint dan Lipstik

Tekstur

Jika membahas tentang perbedaan antara lipstick dengan liptint, maka hal yang paling mencolok tentu saja urusan tekstur. Lipstik memiliki tekstur yang lebih padat, oleh sebab itu dikemas dalam bentuk stik atau batang. Lipstik biasanya terbuat dari bahan-bahan seperti lilin atau wax, minyak, lemak, dan juga bahan pewarna khusus. Komposisi itu pula yang membuat lipstik mudah dibentuk, bahkan tidak jarang juga patah jika Anda asal-asalan dalam membawa atau menyimpannya.

Baca juga:  Produk Garnier Cocok Digunakan Untuk Umur Berapa?

Sedangkan lip tint teksturnya cenderung cair atau seperti gel karena formulanya memang tidak mengandung lilin. Beberapa orang yang suka riasan natural biasanya cenderung memilih lip tint karena ketika dipulaskan ke bibir rasanya tidak terlalu tebal dan sifatnya meresap ke bibir secara perlahan. Liptint juga bersifat “buildable” sehingga memungkinkan Anda untuk mendapatkan riasan bibir ombre dengan mudah cukup dengan memulaskan sedikit saja lip tint di area dalam bibir.

Sayangnya, beberapa produsen mungkin menambahkan formula seperti alkohol ke dalam lip tint, sehingga beberapa orang yang sensitif bisa saja merasa bibirnya jadi agak kering. Namun tak perlu khawatir karena mayoritas produsen telah menambahkan bahan-bahan pelembap supaya bibir tetap lembap.

Ilustrasi: wanita memakai lip tint (pexels: Polina Tankilevitch)

Ilustrasi: wanita memakai lip tint (pexels: Polina Tankilevitch)

Warna

Beberapa produk liptint memiliki zat pigmen yang cukup pekat, sehingga meski hanya diaplikasikan sedikit saja di bibir maka warnanya sudah terlihat cantik. Berbeda dengan lipstik yang “memaksa” Anda untuk memulas secara penuh di bibir untuk mendapatkan warna yang memang benar-benar terlihat. Namun, minusnya lip tint pilihan warnanya mungkin tidak sebanyak lipstik. Lip tint, khususnya liptint-liptint Korea Selatan sejauh ini masih berkutat di shades warna bernuansa merah, pink, atau oranye. Sementara itu, varian warna lipstik jauh lebih banyak.

Baca juga:  Tak Harus Mahal, Merek Concealer Ini Murah di Bawah Rp50 Ribu

Finishing

Perbedaan lainnya tentu saja dari segi finishing. Lip tint memiliki finishing yang cenderung ringan dan ketika diaplikasikan akan terlihat seperti menyatu dengan warna bibir Anda. Di sisi lain, lipstik membuat tampilan bibir jadi terlihat begitu berbeda dari biasanya. Apalagi jika Anda memilih warna-warna di luar warna nude. Poin plusnya, liptint cenderung memiliki finishing yang tahan lama (waterproof) dibanding lipstik biasa.

[1]Novita, W. 2010. Buku Pintar Merawat Kecantikan Di Rumah. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, hlm 132.

[2]Ibid., hlm 133.

[3]Yulisia, dkk. 2016. Shopping Guide: Asia. Riza H, editor. Jakarta: Elex Media Komputindo, hlm 199.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: