Benarkah Becom Zet Digunakan untuk Pengobatan Jerawat?

Ilustrasi: minum obat (sumber: newshub.co.nz)Ilustrasi: minum obat (sumber: newshub.co.nz)

Bagi Anda yang mengalami defisiensi atau kekurangan vitamin C, vitamin E, vitamin B kompleks, dan zinc, salah satu produk multivitamin yang banyak dianjurkan untuk dikonsumsi adalah Becom Zet. Menariknya lagi, obat bebas besutanSanbe ini kabarnya dapat digunakan sebagai terapi penunjang untuk para penderita jerawat.

Vitamin B kompleks merupakan vitamin mayor yang diperlukan tubuh untuk berbagai macam aktivitas biologis. Konsumsi makanan alami saja tidak dapat mencukupi kebutuhan tubuh akan vitamin B kompleks, karena makanan yang saat ini tersedia memiliki kandungan vitamin B kompleks rendah.[1]

Mineral zinc atau seng adalah nutrisi esensial yang sangat penting dalam mendukung pertumbuhan sel, produksi hormon, mendukung sistem fungsi kekebalan tubuh, hingga metabolisme tubuh. Menurut penelitian, ada kecenderungan orang-orang yang berjerawat merupakan orang-orang yang kekurangan zinc di dalam darah mereka. Di dalam studi lain ditemukan bahwa, rutin mengonsumsi suplemen zinc secara oral bisa membantu mengurangi jerawat.[2]

Tentang Becom Zet

Dilansir dari Klikdokter, Becom-Zet merupakan obat yang mengandung multivitamin, mineral, dan zinc. Becom-Zet digunakan untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh, selain itu juga untuk membantu mempercepat proses pemulihan dari sakit dan memelihara daya tahan tubuh terhadap serangan penyakit. Becom-Zet dapat dikonsumsi oleh semua kelas usia termasuk ibu hamil dan menyusui.

Baca juga:  Mitos Seputar Kehamilan dan Alat Kontrasepsi KB Yang Sering Bikin Wanita Salah Persepsi

Pada dasarnya, Becom Zet diklaim tidak akan menimbulkan efek samping selama dikonsumsi dalam batas takaran yang dianjurkan. Meski demikian, apabila mengalami efek samping yang tidak diinginkan sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter.

Perlu diperhatikan juga bahwa kandungan asam folat dalam Becom Zet sebaiknya tidak dikonsumsi oleh penderita anemia Pernisiosa Addison dan penyakit defisiensi vitamin B12 lainnya karena dapat menimbulkan degenerasi (gangguan fungsi) majemuk dari  medula spinalis (sumsum tulang belakang).

Ilustrasi: kapsul obat (pexels: Polina Tankilevitch)

Ilustrasi: kapsul obat (pexels: Polina Tankilevitch)

Komposisi Becom-Zet

  • Vitamin E 30 IU
  • Vitamin C 750 mg
  • Asam folat 400 mcg
  • Vitamin B1 15 mg
  • Vitamin B2 15 mg
  • Niasin 100 mg
  • Vitamin B6 20 mg
  • Vitamin B12 12 mcg
  • Asam pantotenat 20 mg
  • Zinc 22,5 mg

Dosis Becom-Zet

Becom-Zet dapat diminum dengan dosis umum 1 kali sehari 1 kaplet, baik sebelum maupun sesudah makan. Penggunaan obat harus sesuai petunjuk pada kemasan dan anjuran dokter.

Baca juga:  10 Jenis Makanan yang Mengandung Sumber Kolagen Tinggi

Harga Becom Zet

Becom Zet dijual per strip isi 10 tablet dengan harga Rp29.503 di Apotek K24. Sedangkan di sejumlah situs jual beli online, harga Becom Zet 1 box isi 100 tablet (10 strip) dibanderol pada kisaran Rp201.900 hingga Rp265 ribu. Harap diingat bahwa harga Becom Zet dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Selain itu, harga Becom Zet di setiap toko obat atau apotik bisa saja berbeda-beda, tergantung dari promo yang berlaku atau penawaran pihak penjual. Anda bisa membeli Becom Zet di apotek terdekat yang ada di sekitar tempat tinggal Anda.

Multivitamin Becom Zet (sumber: shopee)

Multivitamin Becom Zet (sumber: shopee)

Becom Zet untuk Jerawat

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, Becom Zet memiliki kandungan zinc yang diketahui dapat menekan pertumbuhan bakteri pada wajah serta mengurangi peradangan. “Karena itu, zinc walau bukan obat untuk jerawat, namun sering digunakan sebagai terapi tambahan pada penderita jerawat, misalnya sebagai kombinasi dengan antibiotik topikal. Zinc yang digunakan dapat berupa tablet yang diminum atau sediaan topikal,” kata dr. Aditya Prayoga dari Alodokter.

Baca juga:  Cegah Penuaan Dini Dengan Cream Siang & Malam La Tulipe

Penelitian membuktikan, orang yang berjerawat hanya memiliki sedikit atau lebih rendah mineral zinc dibandingkan orang yang tidak berjerawat. Zinc dapat membantu mencegah jerawat dengan menekan pertumbuhan bakteri P. acnes. Zinc bisa didapatkan dari daging kalkun, kacang almond, dan gandum.[3]

Zinc juga berinteraksi dengan hormon-hormon penting yang berhubungan dalam pembentukan dan pertumbuhan tulang, seperti somatomedin-c, osteocalcin, testosteron, hormon tiroid, dan insulin. Oleh karena itu, zinc sangat erat kaitannya dengan metabolisme tulang, sehingga zinc berperan positif pada pertumbuhan dan perkembangan tulang. Kadar zinc dalam tulang lebih tinggi dibandingkan dengan di jaringan lain. Zinc berperan sangat penting dalam memperkuat matrik tulang, dan juga memperlancar efek vitamin D terhadap metabolisme tulang melalui stimulasi sintesis DNA di sel-sel tulang.[4]

[1] Lingga, L. 2012. Bebas Hipertensi Tanpa Obat. Topan N, editor. Jakarta: AgroMedia Pustaka.

[2]Faturrahman, D. 2020. Merawat Wajah Cantik Alami. Jakarta: Google Books.

[3] Tim Naviri. 2015. 1001 Makanan Sehat. Jakarta: Elex Media Komputindo, hlm 180.

[4]Ahmadi, F. 2019. Kehamilan, Janin, & Nutrisi. Yogyakarta: Deepublish, hlm 63.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: