Beberapa Pilihan Produk Wardah Cosmetics Yang Dinilai Cocok Untuk Kulit Berjerawat

Wajah Berjerawat - (Sumber: remediesforme.com)Wajah Berjerawat - (Sumber: remediesforme.com)

Sebagai salah satu brand lokal kosmetik dan skincare di Indonesia, Wardah memiliki rangkaian produk yang diminati sebagian besar kaum wanita. Hal ini didorong karena produk-produknya yang dijual dengan harga terjangkau.

Produk yang paling sering dijadikan perbincangan hangat di kalangan wanita adalah produk kosmetik. Selain skincare Wardah yang diklaim mampu mengatasi masalah kulit yang berjerawat (Acne Series), ada beberapa produk kosmetik (Wardah Cosmetics) yang dapat digunakan untuk pemilik kulit berjerawat.

Kosmetik tersebut adalah powder (bedak tabur). Wardah Loose Powder Acne. Bedak tabur khusus wajah berjerawat dan mengandung anti bakteri yang ampuh membasmi kuman penyebab berjerawat ini dinilai cocok untuk Anda yang mempunyai wajah berjerawat namun ingin tetap menggunakan makeup dengan hasil yang natural. Produk tersebut diperkaya dengan oil control yang mampu menyerap minyak berlebih membuat wajah tampak bersih, halus, segar dan tanpa minyak selama berjam-jam.

Selain bedak, Anda juga dapat mencoba pelembap wajahnya, yaitu Acne Perfecting Moisturizing Gel. Pelembab wajah ini mengandung aloe vera dan vitamin b5 yang berfungsi membuat wajah menjadi lembab secara alami. Kandungan triclosan yang ada di Wardah Acne Perfecting Moisturizer Gel bisa menjadi anti bakteri untuk mengurangi jerawat di wajah.

Untuk melengkapi dandanan, bagi kulit berjerawat, Anda dapat melengkapi riasan dengan lipstik warna natural, sehingga tidak mempertegas jerawat yang tertutupi oleh makeup. Lipstik yang dapat dipilih yaitu Wardah Lipstik Matte 20 Nuddish Peach.

Salah satu trik membuat wajah merona walaupun berjerawat adalah menggunakan blush on yang lebih gelap dari bedak yang digunakan. Blush on yang dapat Anda coba adalah Wardah Blush On seri D.

Wardah Loose Powder Acne - (Sumber: handdriati.com)

Wardah Loose Powder Acne – (Sumber: handdriati.com)

Anda juga dapat mempercantik tampilan mata dengan mascara, seperti Wardah Aqua Lash Mascara. Untuk eyeshadownya, sebaiknya pilih warna eyeshadow yang cerah dan soft dengan warna kulit. Sebaiknya jangan gunakan warna terlalu terang supaya wajah terlihat natural. Di bagian alis, Anda dapat menggunakan pensil alis dengan warna cokelat secara tipis dan merata.

Baca juga:  Bagaimana Ciri Jerawat Hormonal? Berikut Penjelasannya Beserta Cara Menangani

Pemilik kulit berjerawat mungkin akan agak bingung dalam memilih produk kosmetik. Dalam memilih kosmetik, sebaiknya Anda lebih jeli dalam memperhatikan kandungan di dalamnya. Di bawah ini akan ditampilkan beberapa contoh bahan kosmetik yang sebaiknya dihindari karena dapat memperparah kulit berjerawat.

Asam Salisilat

Ini merupakan salah satu bahan yang paling umum ditemukan dalam skincare khusus wajah yang rentan jerawat dan berminyak. Asam salisilat memang dikenal ampuh untuk membunuh bakteri di dalam pori-pori yang tersumbat. Namun, Anda disarankan untuk tidak menggunakan bahan ini secara terus menerus terlebih ke seluruh wajah.

Menurut Kerri Daniels, konsultan sekaligus dematologist asal New York, mengatakan bahwa asam salisilat yang digunakan pada wajah secara berlebihan akan mengakibatkan kemerahan, iritasi, bahkan bisa membuat wajah terlalu kering. Sebaiknya, gunakan asam salisilat secara berkala atau aplikasikan sebagai spot treatment dengan dosis rendah.

Parfum

Produk yang mengandung parfum dinilai kurang cocok diaplikasikan pada wajah yang berjerawat, apalagi kalau kulit Anda cenderung sensitif. Jika setelah pemakaian, Anda merasa gatal atau tidak nyaman di area wajah, bisa jadi ini adalah penyebab di balik efek parfum. Menurut Mona Gohara, MD, dermatologist sekaligus profesor di Departemen Dermatologi Universitas Yale, menyarankan agar tidak menggunakan skincare yang mengandung parfum agar efek-efek negatif yang dialami bisa berkurang.

Retinol

Baca juga:  Rahasia Panjang Umur Oleh Para "Super Agers"

Kandungan ini kerap ditemukan dalam produk perawatan anti aging yang bisa menyamarkan kerutan dan garis halus di wajah, meratakan warna kulit, dan menghilangkan bintik hitam bekas jerawat di wajah. Kelebihan lain yang dimiliki retinol adalah merangsang pergantian sel kulit dan meningkatkan produksi kolagen. Namun pada sebagian orang, retinol bisa menimbulkan efek samping seperti kulit yang kemerahan atau iritasi. Sebaiknya, Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kulit untuk menemukan dosis yang pas bagi kulit rentan berjerawat.

Alkohol

Meskipun kandungan alkohol dalam perawatan bisa menghilangkan minyak pada wajah, alkohol juga dapat menyebabkan kekeringan. Alkohol bisa menghilangkan sebum alami sehingga kulit malah lebih banyak memproduksi minyak untuk menghidrasi dan wajah makin berminyak setelahnya. Sebum (minyak di wajah) akan terjebak dalam kelenjar minyak dan bakteri akan masuk.

Benzoyl Peroxide

Bahan tersebut memang sering ditemukan dalam kandungan perawatan khusus untuk kulit berjerawat. Benzoyl peroxide terhitung sebagai bahan yang cukup keras untuk wajah, namun dianggap ampuh mengempeskan jerawat dan membunuh bakteri penyebab jerawat.

Meskipun dianggap sebagai bahan yang sangat ampuh, efek sampingnya dinilai cukup banyak, seperti iritasi, gatal, nyeri, radang, dan kulit mengelupas. Efek ini bisa dihindari apabila Anda memakainya dengan dosis yang tepat. Jadi untuk kulit yang benar-benar sensitif, sebaiknya minta pada dokter kulit untuk memberikan resep paling ringan.

Minyak Kelapa

Minyak Kelapa - (Sumber: vemale.com)

Minyak Kelapa – (Sumber: vemale.com)

Perawatan kulit berbasis minyak memang sedang populer saat ini, seperti minyak tea tree, lavender, rosemary, jojoba, kelapa, grapeseed, dan lain sebagainya. Minyak wajah atau face oil memang dipercaya bisa melembapkan dan memberi nutrisi lebih pada kulit. Namun, perlu diperhatikan jenis minyak yang cocok untuk kulit berjerawat.

Minyak kelapa adalah salah satu yang tidak disarankan untuk wajah berjerawat. Dengan sifatnya yang komedogenik, minyak kelapa bisa menyumbat pori-pori kulit wajah Anda. Sebaiknya, gunakan ini hanya pada kulit siku atau ujung rambut yang sangat kering.

Silikon

Baca juga:  Penyebab & Pengobatan Mulut Kering

Apakah Anda mengalami breakout setelah memakai foundation atau primer? Bisa jadi bahan satu ini adalah penyebabnya. Silikon dalam bahan kosmetik dan perawatan biasanya disebutkan sebagai Dimethicone. Produk-produk yang mengandung silikon bisa memberikan efek lembut dan ringan saat pertama kali diaplikasikan.

Namun, kecepatan produk meresap ke dalam kulit bisa membuat pori-pori Anda tersumbat. Jika Anda tidak bersih membersihkan wajah setelah mengenakan makeup cukup berat, tersumbatnya pori-pori dengan produk bersilikon ini bisa menyebabkan jerawat.

Paraben

Paraben adalah pengawet dalam makeup dan skincare. Bahan ini juga muncul dengan nama methylparaben, propylparaben, butylparaben, dan ethylparaben. Paraben sebenarnya sudah disetujui sebagai bahan yang aman dalam produk kosmetik dan perawatan kulit.

Namun, sebenarnya ada potensi bahwa kandungan ini bisa memengaruhi hormon Anda sehingga berkontribusi pada munculnya jerawat hormonal. Bukan ide buruk untuk menghindari produk yang mengandung paraben untuk mencegah efek buruk bagi tubuh, seperti kerusakan kulit atau penuaan dini.

 

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: