Rekomendasi Produk Base Make-Up yang Cocok untuk Kulit Berminyak

Ilustrasi: wanita memandang cermin riasIlustrasi: wanita memandang cermin rias

Base make-up merupakan komponen yang penting jika Anda mendambakan riasan wajah yang terlihat flawless. Seperti halnya produk kosmetik pada umumnya, pemilihan base make up pun perlu disesuaikan dengan jenis kulit Anda, apakah normal, kering, berminyak, atau kombinasi. Pemilihan base make-up yang tepat tentunya akan menunjang tampilan wajah yang cantik dan segar.

Bagi pemilik kulit berminyak, hindari alas bedak berbentuk krim. Pilih alas bedak cair yang berbahan dasar air. Gunakan dasar, seperti base, pelembab, atau primer pada wajah sebelum menggunakan alas bedak. Fungsinya agar make-up bisa lebih tahan lama dan tidak mudah luntur.[1]

Tak seperti kulit kering atau normal, kulit berminyak perlu lebih cermat saat memilih base make-up yang hendak digunakan. Hal ini dilakukan supaya riasan Anda lebih tahan lama dan terlihat flawless. Nah, jika Anda sedang bingung memilih base make-up apa yang cocok dan bagus untuk kulit berminyak, simak sederet rekomendasinya berikut ini!

Maybelline Baby Skin Instant Pore Eraser Primer

Maybelline Baby Skin Instant Pore Eraser Primer (sumber: maybelline.co.id)

Maybelline Baby Skin Instant Pore Eraser Primer (sumber: maybelline.co.id)

Base make-up harga Rp89 ribu ini diklaim sebagai primer make-up yang ringan dan dapat mengecilkan pori wajah dengan antioxidant yang melindungi kulit dari radikal bebas untuk hasil seperti kulit bayi. Maybelline Baby Skin Instant Pore Eraser Primer kabarnya terbuat dari clinically proven gel formula untuk membuat pori-pori tampak lebih kecil, serta formulanya bersifat non-comedogenic dan fragrance-free, sehingga relatif aman untuk Anda yang kulitnya sensitif.

Baca juga:  Belajar dari Demi Lovato, Cintai Tubuh dan Diri Sendiri Apa Adanya

Benefit POREfessional Matte Rescue

Benefit POREfessional Matte Rescue (sumber: shopee.co.id)

Benefit POREfessional Matte Rescue (sumber: shopee.co.id)

Produk ini cukup terkenal dan menjadi primer populer andalan para beauty influencer. Selain memiliki formula yang dapat menyamarkan tampilan pori-pori kulit, Benefit POREfessional Matte Rescue yang bertekstur water-based gel ini juga disebut mampu menyerap minyak berlebih dan mencegah kulit wajah Anda tampak mengilap karena minyak. Finishing yang dihasilkan dari base make-up ini cenderung matte. Harga Benefit POREfessional Matte Rescue berkisar Rp120 ribuan di pasaran.

Make Over Velvet Mattifying Primer

Make Over Velvet Mattifying Primer (sumber: beautynesiablog.id)

Make Over Velvet Mattifying Primer (sumber: beautynesiablog.id)

MakeOver Velvet Mattifying Primer adalah primer mineral tanpa warna yang berfungsi untuk menyamarkan tampilan kerut dan pori-pori, menghasilkan kulit yang terasa lebih halus. Dengan kandungan oil absorber yang terasa ringan di wajah, dapat digunakan tanpa makeup untuk tampilan wajah yang matte dan natural, atau sebelum foundation untuk membantu make-up tahan lebih lama. MakeOver Velvet Mattifying Primer dijual dengan harga cukup murah, Rp74.400 per tube isi 20 ml.

Baca juga:  5 Pelumas Alami untuk Wanita Menopause yang Aman Digunakan

NYX Shine Killer

NYX Shine Killer (youtube: PinkPanda)

NYX Shine Killer (youtube: PinkPanda)

Brand satu ini memang tak perlu diragukan lagi. NYX menawarkan primer Shine Killer yang dapat Anda jadikan senjata andalan untuk melawan kilau berlebih. Formula NYX Shine Killer dilengkapi vitamin E agar kulit Anda tetap segar selama berjam-jam, namun tetap matte. Gunakan NYX Shine Killer sebelum menggunakan foundation untuk tampilan yang flawless dan matte sempurna. Dapat juga digunakan tanpa foundation untuk tampilan yang anti kilau berlebih. Sayangnya, dibanding base make-up lainnya, harga NYX Shine Killer memang relatif lebih mahal, mencapai Rp350 ribu per tube.

E.L.F. Cosmetics Blemish Control Primer

E.L.F. Cosmetics Blemish Control Primer (sumber: pinterest)

E.L.F. Cosmetics Blemish Control Primer (sumber: pinterest)

E.L.F Blemish Control Primer Face Primer, dengan Salicylic Acid, Vitamin E, dan Tea Tree ekstrak untuk membantu membersihkan jerawat dan noda sambil mempersiapkan kulit Anda sehingga riasan menjadi merata dengan satin finish tahan lama. Selain sebagai primer, produk ini disebut dapat membantu menyamarkan kemerahan pada jerawat sekaligus membantu menghilangkannya. E.L.F. Cosmetics Blemish Control Primer dibanderol seharga Rp140 ribuan.

Baca juga:  5 Wanita Cantik Indonesia Bukan Artis Tapi Jadi Idola. Siapa Mereka?

Emina Pore Ranger

Emina Pore Ranger (sumber: shopee.co.id)

Emina Pore Ranger (sumber: shopee.co.id)

Pilihan base make-up lokal lainnya yang terjangkau adalah Emina Pore Ranger. Emina Pore Ranger dibanderol seharga Rp63 ribu dan diklaim bisa membantu menyamarkan tampilan pori-pori dan garis halus pada wajah. Memiliki formula yang ringan dan menjadikan kulit terlihat lebih halus.

Anda dapat mencoba base make-up mana saja yang sekiranya paling sesuai dengan budget dan kebutuhan Anda. Namun cermati reaksi kulit Anda. Apabila tidak ada tanda-tanda alergi, Anda bisa melanjutkan pemakaian. Sebaliknya, bila Anda merasa kurang cocok atau bahkan iritasi setelah menggunakan produk primer tertentu, sebaiknya segera hentikan pemakaian dan berkonsultasi dengan dokter kulit.

[1] Aluyya. 2012. Beauty Hijab & Make Up. Rinasusanti S, editor. Jakarta: Kriya Pustaka.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: