Adakah Bahaya & Efek Samping dari Salep Pi Kang Shuang?

Ilustrasi: memakai salep untuk kulit (sumber: latimes)

Penyakit kulit seperti panu, kadas, kurap, hingga kutu air memang cukup mengganggu karena bisa menyebabkan gatal dan mengurangi kepercayaan diri seseorang. Untuk mengobati keluhan infeksi jamur tersebut, beberapa orang biasanya menggunakan produk salep seperti Pi Kang Shuang. Lantas, adakah bahaya dari penggunaan salep Pi Kang Shuang?

Kandungan Salep Pi Kang Shuang

Setiap gram krim Pi Kang Shuang mengandung zatMiconazole Nitrate 10 mg, Neomycin Sulfate 4.6 mg, Triamcinolone Acetonide 1 mg. Salep Pi Kang Shuangdapat dioleskan pada bagian yang sakit sebanyak 2-3 kali sehari.

Manfaat Salep Pi Kang Shuang

Salep Pi Kang Shuang biasa digunakan untuk mengatasi berbagai penyakit atau gangguan kulit yang disebabkan oleh jamur dan bakteri, seperti panu, kurap, kudis, kutu air, alergi akibat kulit sensitif, eksim, gatal-gatal, dan biang keringat. Dalam satu kemasan salep Pi Kang Shuang, mengandung berbagai macam ekstrak herbal serta zat kimia yang bersifat antibakteri dan antiinflamasi.

Komposisi salep tersebut, akan bekerja dengan cara menekan dan membersihkan bakteri serta jamur yang dapat menimbulkan penyakit. Selain itu, salep Pi Kang Shuangdiklaim mampu mengurangi rasa nyeri dan peradangan akibat bakteri dan jamur.

Baca juga:  Cara Mudah & Alami untuk Memutihkan Tangan yang Hitam Karena Sinar Matahari

Bahaya & Efek Samping Salep Pi Kang Shuang

Alergi, gangguan gastrointestinal (nausea, anoreksia, muntah), ginekomastia, penurunan libido, impotensi, gangguan menstruasi, peningkatan serum transaminase. Kontraindikasi pada kehamilan.[1]

Bagi sebagian kecil orang dapat mengalami reaksi alergi seperti sensasi perih, gatal, menyengat. Penggunaan Pi Kang Shuang jangka panjang dapat menyebabkan kulit kering, kulit memerah, tumbuh bulu halus. Meski demikian, jika digunakan sesuai dengan anjuran dokter, maka salep ini akan berfungsi sebagaimana mestinya. Produk salep Pi Kang Shuang juga relatif aman digunakan karena sudah terdaftar di BPOM dengan nomor registrasi DKL1842200229A1.

Salep Pi Kang Shuang (sumber: lazada)

Salep Pi Kang Shuang (sumber: lazada)

Review Salep Pi Kang Shuang

Salep Pi Kang Shuang dikemas dalam kotak karton berbentuk balok dengan warna dasar hijau muda. Kemasan produk tersebut didesain dengan unik dan bercorak hijau tua. Di bagian tengah kemasan, terdapat tulisan huruf China yang dicetak tebal berwarna merah. Di bawah huruf Cina tersebut, terdapat terjemahan nama produk dengan warna yang hampir senada.

Baca juga:  Kulit Wajah Terganggu Komedo Hitam, Begini Cara Menghilangkannya!

Di bagian kiri kemasan, terdapat stempel huruf China sebagai pertanda keaslian produk. Selain itu, ciri bahwa produk asli atau palsu dapat dilihat pada segel bagian atas kemasan, berupa stiker hologram dengan tulisan China berwarna keperakan.

Setelah Anda membuka kemasan produk, Anda akan menemukan salep yang dibungkus dengan tube berwarna hijau terang. Di bagian tengah kemasan tube, terdapat huruf China dengan tulisan nama produk. Bagian atas kemasan dilengkapi dengan tutup putar khas salep berwarna putih. Bagian ujung tutup dilengkapi dengan bagian yang runcing, untuk membuka segel pada tutup kemasan.

Dilihat secara tekstur, salep Pi Kang Shuang tidak terlalu padat dan lebih creamy. Sehingga, tergolong ringan dan mudah meresap. Selain itu, produk juga tidak meninggalkan efek lengket di kulit. Berdasarkan review konsumen, salep ini cepat kering saat dioleskan. Anda bisa mengoleskannya menggunakan tangan secara langsung, tanpa perlu khawatir salep akan membuat tangan menjadi lengket atau berminyak.

Menurut pengguna lainnya, salep Pi Kang Shuang juga bisa dijadikan sebagai obat jerawat yang mengalami peradangan. Hal ini karena salep mengandung zat antibakteri yang akan memberantas bakteri penyebab jerawat. Jerawat akan mudah kempes dan mengelupas setelah diolesi salep tersebut.

Baca juga:  Manfaat Semua Jenis Foundation Wardah

Manfaat di atas tentunya bisa Anda dapatkan jika Anda menggunakan salep dengan cara dan dosis yang tepat. Tidak sulit memakai salep tersebut sebagai pengobatan, Anda hanya perlu mengoleskan di bagian kulit yang bermasalah sebanyak 2 hingga 3 kali. Pastikan tangan Anda bersih sebelum mengaplikasikan salep, agar bakteri di tangan tidak mengontaminasi kandungan salep.

Harga Salep Pi Kang Shuang

Tidak sulit menemukan salep ini di pasaran, bahkan Anda bisa membelinya secara apotik online dengan harga bervariasi. Di Apotek K24, krim Pi Kang Shuangdibanderol dengan harga Rp14.520 per tube isi 5 gram. Harga salep Pi Kang Shuang tersebut tentu tidak terikat dan dapat berubah sewaktu-waktu di apotek.

[1]Sovia, E &Euis RY. 2019. Farmakologi Kedokteran Gigi Praktis. Yogyakarta: Deepublish, hlm 68.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: