Adakah Efek Samping atau Bahaya dari Pemakaian Foundation Viva?

Ilustrasi: memakai foundation (sumber: prima.co.uk)Ilustrasi: memakai foundation (sumber: prima.co.uk)

Foundation atau disebut sebagai alas bedak berfungsi untuk memberikan efek mulus pada wajah, dan tersedia dalam beberapa tingkatan warna dalam bentuk cair (liquid), krim (cream), padat (compact), serta stick.[1] Nah, brand Viva sendiri menawarkan banyak sekali jenis foundation yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Namun, adakah efek samping atau bahaya dari pemakaian foundation Viva?

Varian Foundation Viva

Viva Liquid Foundation

Viva Liquid Foundation merupakan varian foundation paling murah yang ditawarkan oleh Viva. Foundation cair ini dijual dengan harga Rp6 ribuan saja di pasaran serta memiliki 5 varian shades warna, yaitu Kuning Langsat, Kuning Pengantin, Mangir, Natural, dan Ochre. Warna-warna tersebut bisa disesuaikan dengan Anda yang memiliki kulit cenderung putih atau terang hingga pemilik kulit berwarna sawo matang. Foundation yang ringan ini diklaim cocok untuk segala jenis kulit. Di dalamnya diperkaya dengan kandungan emollient dan moisturizer yang diklaim mampu menghaluskan dan melembapkan kulit wajah.

Viva Liquid Foundation with Bengkuang Extract

Berikutnya ada varian Viva Liquid Foundation with Bengkuang Extract. Pada dasarnya varian ini hampir sama dengan varian Viva Liquid Foundation yang biasa, namun di dalamnya diperkaya kandungan ekstrak bengkuang (jicama). Sehingga manfaat yang ditawarkan pun lebih dari foundation cair Viva biasa. Viva Liquid Foundation with Bengkuang Extract diklaim dapat membuat kulit terlihat lebih putih serta terdapat pula kandungan emollient dan moisturizer untuk menghaluskan dan melembapkan kulit. Foundie ini hanya terdiri dari 2 warna, yakni kuning langsat dan natural. Sedangkan untuk urusan harga rupanya dipatok sama dengan varian liquid foundation, yakni Rp6.300 per botol isi 30 ml.

foundation, viva, cosmetic, cosmetics, kosmetik, alas bedak, foundie, untuk, kulit, berminyak, harga, sawo matang, putih, skin tone, kuning langsat, macam, manfaat, review, wardah, brand, lokal, murah
Viva Liquid Foundation with Bengkuang Extract (sumber: Tokopedia)

Viva Ultra Foundation

Jika Anda membutuhkan foundation cair yang memiliki coverage lebih tebal mungkin bisa menjajal varian Viva Ultra Foundation. Foundation ini diklaim sebagai foundation cair gel yang kental dan tebal untuk seluruh jenis kulit baik yang berminyak, berjerawat, hingga jenis kulit kering. Diperkaya emollient dan moisturizer untuk melembutkan dan melembabkan kulit. Varian foundation ini terdiri dari 3 warna, yaitu Kuning Langsat, Natural, dan Rachel.

Baca juga:  Referensi Model Rambut Di Bawah Bahu yang Bagus untuk Segala Bentuk Wajah

Viva Sunscreen Foundation

Produk satu ini memiliki kemasan hampir sama dengan skin food, namun di dalamnya bertekstur krim dan diklaim mengandung UV filter yang berguna untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Selain itu Viva Sunscreen Foundation juga mengandung moisturizer dan squalane untuk menjaga kulit tetap lembap. Produk ini bisa digunakan sebagai foundation dengan warna transparan.

foundation, viva, cosmetic, cosmetics, kosmetik, alas bedak, foundie, untuk, kulit, berminyak, harga, sawo matang, putih, skin tone, kuning langsat, macam, manfaat, review, wardah, brand, lokal, murah
Viva Sunscreen Foundation (sumber: Tokopedia)

Viva Ultramat Foundation

Foundie seberat 22 gram yang berukuran kecil dan ringkas ini memiliki tekstur creamy dan di dalamnya juga mengandung emollient untuk melembutkan kulit. Seperti halnya varian Sunscreen Foundation, Viva Ultramat bisa dijadikan alas bedak dengan warna transparan.

Viva Covering Cream Foundation

Apabila Anda mencari concealer dengan harga murah, maka Viva Covering Cream Foundation mungkin bisa menjadi pilihan. Meski mengusung nama foundation, nyatanya produk ini dirancang untuk menutupi noda pada kulit dan bekerja layaknya concealer. Ditambah lagi formulanya juga diklaim waterproof sehingga cenderung tahan lama dan tak mudah luntur. Viva Covering Cream Foundation terdiri dari 4 warna, Beige, Brown, Natural, dan Olive.

foundation, viva, cosmetic, cosmetics, kosmetik, alas bedak, foundie, untuk, kulit, berminyak, harga, sawo matang, putih, skin tone, kuning langsat, macam, manfaat, review, wardah, brand, lokal, murah
Viva Covering Cream (sumber: soco.id)

Viva Perfect Look CC Foundation

CC Foundation dilengkapi SPF 35 PA+++, super botanical extract, vitamin E, dan honey extract collagen yang diklaim dapat mengurangi kerutan pada wajah dan garis-garis halus. Selain itu juga diklaim dapat menutupi noda dan warna kulit tidak merata.

Baca juga:  Review Wardah Matte Lipstick No 8 Brown, Lipstik Cantik untuk Anda yang Berkulit Sawo Matang

Viva Perfect Look Cover Up Foundation

Varian ini adalah satu-satunya foundation dari Viva yang dikemas dalam bentuk padat layaknya compact powder. Viva Perfect Look CC Foundation. Foundation ini diklaim dapat menyamarkan bekas jerawat, noda, garis-garis halus, dan segala ketidaksempurnaan pada kulit. Viva juga mengklaim bahwa varian ini memiliki coverage yang bagus, matte finish, tahan lama, waterproof, ringan, dan mudah di-blend. Cara menggunakan foundation ini juga cukup mudah, bisa memakai jari atau spons layaknya memakai bedak.

Bahaya Pemakaian Foundation Setiap Hari

Produk foundation Viva pada dasarnya aman untuk digunakan, karena sudah mengantongi sertifikat dari BPOM. Namun, dilansir dari Boldsky, pemakaian foundation setiap hari mungkin menimbulkan beberapa efek yang buruk untuk kulit Anda. Misalnya saja bisa membuat pori-pori tersumbat, menimbulkan jerawat, mengakibatkan kulit kering, berisiko menimbulkan alergi, hingga membuat kulit Anda menjadi semakin berminyak. Untuk menanggulangi hal tersebut, jangan lupa lakukan double cleansing setelah Anda menggunakan full make-up agar wajah Anda benar-benar bersih.

Baca juga:  Deterenol, Kandungan Suplemen Penurun Berat Badan yang Berbahaya

[1]Sulistyorini, EW & Anis S. 2019. Kecantikan Dasar SMK/MAK Kelas X: Bidang Keahlian Pariwisata, Program Keahlian Tata Kecantikan, Kompetensi Keahlian Tata Kecantikan Kulit dan Rambut. Yogyakarta: ANDI, hlm 112.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: