Hati-Hati, Ini Efek Samping & Bahaya Belimbing Wuluh untuk Wajah

Buah Belimbing Wuluh - busy.orgBuah Belimbing Wuluh - busy.org

Tanaman belimbing wuluh (Averhoabilimbi) merupakan tumbuhan asli Indonesia. Tanaman ini bisa mencapai ketinggian 15 m. Tanaman belimbing wuluh berbuah sepanjang tahun. Buah belimbing wuluh kebanyakan tumbuh pada batangnya.

Buah belimbing wuluh berbentuk jorong, rasanya sangat masam, dan bijinya kecil-kecil. Buah tersebut memiliki kandungan air yang tinggi dan vitamin C yang cukup besar. Setiap 100 g belimbing wuluh segar mengandung 92,5 g air, 35 mg vitamin C, dan 13 mg fosfor. Buah belimbing wuluh umumnya digunakan untuk bumbu sayur. Tetapi belimbing wuluh dapat juga dibuat manisan ataupun selai.[1]

Belimbing wuluh memiliki rasa asam dan bersifat sejuk. Pada bagian batang mengandung saponin, tanin, asam format, glukosida, kalsium oksalat, sulfur, dan peroksida. Pada bagian daun mengandung tarlin, sulfur, asam format, peroksidase, kalsium oksalat, dan kalium sitrat. Efek farmakologis belimbing wuluh di antaranya menghilangkan sakit, memperbanyak pengeluaran empedu, anti-radang, peluruh kencing, dan pelembut wajah.

Bagian Belimbing Wuluh yang Digunakan & Pemanfaatannya

Bagian tumbuhan yang digunakan untuk mengobati penyakit adalah daun, bunga, dan buah. Beberapa penyakit yang dapat disembuhkan dengan belimbing wuluh di antaranya sebagai berikut.

Baca juga:  Produk Yang Berfungsi Sebagai Pelembab Dari Garnier Untuk Kulit Berminyak Dan Berjerawat
Buah Belimbing Wuluh - tanamanmart.com

Buah Belimbing Wuluh – tanamanmart.com

Batuk pada Anak
Ambil 1 genggam bunga belimbing wuluh, 5 butir buah adas, cuci, lalu campurkan menjadi satu. Tambahkan 1 sendok makan gula pasir dan 1 cangkir air matang, lalu tim. Setelah dingin, saring dengan sepotong kain untuk diminum 2 kali sehari pada pagi dan malam ketika perut kosong.

Darah Tinggi
Cuci bersih 3 butir buah belimbing wuluh lalu potong menjadi beberapa bagian. Rebus dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring hasil rebusan, lalu minum sekaligus setelah sarapan. Untuk pencegahan, minum 3 hari sekali dengan jumlah yang sama.

Jerawat
Cuci bersih 6-8 butir buah belimbing wuluh lalu tumbuk sampai halus. Campurkan ½ sendok teh garam, dan ¼ gelas air ke dalam hasil tumbukan belimbing wuluh lalu aduk sampai rata. Oleskan pada wajah yang berjerawat 3 kali sehari.

Pegal Linu
Ambil daun belimbing wuluh muda sebanyak 1 genggam atau sekitar 25 helai, 10 butir biji cengkih, dan 15 biji lada. Campurkan semua bahan tersebut menjadi satu lalu tumbuk sampai halus. Tambahkan cuka secukupnya sehingga menjadi bubur lalu oleskan ke tempat yang sakit.

Baca juga:  Apakah Benar Minum Kopi Bisa Mencegah Diabetes Tipe 2?

Rematik
Cuci bersih 1 ons daun muda, 10 butir biji cengkih, 15 butir merica, lalu giling sampai halus. Tambahkan cuka secukupnya sehingga membentuk adonan lalu balurkan ke tempat yang sakit.

Sakit Gigi Berlubang
Cuci 5 buah belimbing wuluh sampai bersih lalu makan dengan sedikit garam. Kunyah buahnya pada bagian gigi yang berlubang.[2]

Efek Samping/Bahaya Belimbing Wuluh untuk Wajah

Kulit Terasa Perih
Bagi Anda yang memiliki jenis kulit sensitif, hal pertama yang paling mungkin Anda rasakan adalah sensasi perih ketika mengaplikasikan belimbing wuluh sebagai masker di wajah. Pasalnya, belimbing wuluh memiliki kandungan asam konsentrat yang tinggi. Apabila Anda ingin memakai belimbing wuluh sebagai masker, sebaiknya kombinasikan dengan bahan lain yang bersifat menenangkan, seperti putih telur, madu, lidah buaya, air mawar, atau bahkan minyak zaitun. Jika kulit Anda sangat sensitif, sebaiknya hindari pemakaian belimbing wuluh.

Efek Samping Belimbing Wuluh untuk Wajah - wallpaperstock.net

Efek Samping Belimbing Wuluh untuk Wajah – wallpaperstock.net

Membuat Kulit Kering
Tingginya kandungan vitamin C dalam buah belimbing wuluh disebut dapat mengurangi produksi minyak berlebih bagi Anda yang berjenis kulit berminyak. Sayangnya, jika kulit Anda kering justru akan terasa semakin kering bilang menggunakan masker dari belimbing wuluh. Bahkan bisa saja muncul sensasi kulit seperti terasa tertarik karena terlalu kering.

Baca juga:  Pilihan Masker Alami Yang Diklaim Berkhasiat Untuk Memutihkan Wajah

Menyebabkan Flek Hitam
Belimbing wuluh diketahui bisa menimbulkan flek hitam, apalagi bagi pemilik kulit sensitif. Pada dasarnya, belimbing wuluh dipercaya dapat membantu mencerahkan atau memutihkan kulit Anda. Tetapi, jika Anda menggunakan masker belimbing wuluh terlalu sering justru disebut-sebut berpotensi menimbulkan bahaya atau efek samping flek atau noda hitam di muka. Oleh sebab itu, cukup gunakan masker belimbing wuluh maksimal 2 kali seminggu.

Menimbulkan Bintik-bintik
Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, kandungan asam dalam belimbing wuluh sangat tajam. Oleh karena itu, jangan mengaplikasikannya langsung di kulit tanpa tambahan bahan alami lain. Jika tidak, bisa timbul bintik-bintik di kulit.

[1]Fachruddin, L. 1997. Teknologi Tepat Guna Membuat Aneka Selai. Yogyakarta: Kanisius.

[2]Hariana, A. 2004. Tumbuhan Obat dan Khasiatnya(hlm 36-38). Jakarta: Niaga Swadaya.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: