Bahan Ampuh dalam Produk Skincare Anti-Aging

Ilustrasi: wanita dewasa (sumber: nivea.com)Ilustrasi: wanita dewasa (sumber: nivea.com)

Sebetulnya, tidak ada skincare yang bisa mengembalikan usia kulit. Kebanyakan skincare anti-aging hanya mampu memperlambat proses penuaan pada kulit, dengan cara mencegah gejala penuaan dini.[1] Ada beberapa bahan utama di dalam skincare anti-aging yang dipercaya ampuh untuk mengatasi sekaligus memperlambat proses penuaan pada kulit.

Dilansir dari Harvard Health Publishing, ada beberapa tanda penuaan dini yang bisa diatasi dengan bahan-bahan dalam produk skincare anti-aging, antara lain warna kulit tidak merata, garis halus, perubahan tekstur kulit, dan kekurangan kadar minyak di kulit. Lalu, apa saja bahan-bahan skincare anti-aging tersebut?

Niacinamide Topikal

Niacinamide, atau vitamin B3, membantu memblokir pembentukan pigmen kulit secara berlebihan dengan cara menghambat transfer melanin (pigmen utama di kulit) di antara sel-sel kulit. Bahan tersebut diklaim ampuh untuk mengatasi gejala penuaan dini berupa warna kulit yang tidak merata.

Anda bisa mengoleskan niacinamide topikal (konsentrasi 5%) sebanyak dua kali sehari. Cara ini juga mampu menghilangkan flek di wajah akibat terpapar sinar matahari terlalu lama. Berdasarkan berbagai sumber, bahan tersebut bisa mengatasi masalah Anda secara efektif, setidaknya dalam waktu 4 minggu. Selain itu, menurut review konsumen, niacinamide topikal bisa mengatasi masalah bekas jerawat dengan baik tanpa efek samping.

Baca juga:  Paket Skincare Fladerma yang Cocok untuk Kulit Berminyak
Ilustrasi: krim perawatan kulit (sumber: johnlewis.com)

Ilustrasi: krim perawatan kulit (sumber: johnlewis.com)

Retinoid Topikal

Proses penuaan bisa menyebabkan kulit kehilangan vitamin A secara bertahap. Untuk itu, kulit Anda membutuhkan retinol yang merupakan turunan dari vitamin A. Retinol akan membantu mengganti dan meningkatkan kadar vitamin pada kulit. Nah, salah satu jenis retinol yang bisa Anda beli di apotek secara bebas adalah retinoid topikal.

Retinoid topikal dipercaya ampuh mengatasi dan mencegah gejala penuaan dini, di antaranya kerutan halus, menyamarkan noda hitam, dan mengurangi sel kulit atipikal yang dapat menyebabkan kanker kulit. Selain itu, ada beberapa merek retinoid topikal yang bermanfaat  untuk mengatasi pori-pori tersumbat, jerawat dewasa, dan sebagai antiinflamasi pada kulit yang iritasi.

Asam Alfa-Hidroksi

Seiring bertambahnya usia, lapisan paling atas kulit (stratum korneum) dapat menebal dan membuat kulit Anda menjadi lebih kasar. Hal ini terjadi karena sel-sel yang lebih tua kurang dapat memperbarui diri sendiri dan muncul ke permukaan. Sebagai solusi, Anda bisa memakai asam alfa-hidroksi, seperti asam glikolat atau asam laktat.

Baca juga:  Harga & Kandungan Nu Skin Napca Moisture (Moisturizer/Pelembap) Mist

Asam alfa-hidroksi akan membantu memecah ikatan antar sel di lapisan atas kulit, sehingga bagian kulit yang menebal akan kembali menjadi normal. Tekstur kulit yang semula kasar pun akan menjadi lebih halus dan lembut. Seiring waktu, jika Anda memakai bahan tersebut secara rutin, konon garis-garis halus dan bintik hitam dapat tersamarkan.

Asam alfa-hidroksi seperti asam glikolat juga bisa dijadikan sebagai bahan eksfoliasi kulit yang baik. Asam glikolat dengan konsentrasi 30% bisa mengelupas permukaan kulit dengan efektif dan biasanya dipakai di klinik kecantikan.

Ilustrasi: wanita memakai krim anti aging (sumber: nivea.co.uk)

Ilustrasi: wanita memakai krim anti aging (sumber: nivea.co.uk)

Asam Hialuronat

Tanda penuaan kulit yang penting, tetapi sering diabaikan, adalah kulit kering. Seiring bertambahnya usia, kulit kita secara alami kehilangan kemampuannya untuk mempertahankan kelembapan. Ini karena berkurangnya simpanan asam hialuronat yang memiliki kemampuan untuk mengunci air dalam kulit.

Asam hialuronat tidak hanya bisa ditemukan di dalam kulit, bisa pula ditemukan pada produk anti-aging seperti serum. Serum asam hialuronat memiliki fungsi sebagai pelembap topikal yang dapat membantu meningkatkan hidrasi kulit secara keseluruhan. Bahan ini juga terbilang ampuh memperbaiki munculnya kerutan dan mengencangkan kulit.

Baca juga:  Bagaimana Cara Pakai Tespek Agar Hasil Lebih Akurat?

Tembaga Peptida

Dilansir dari hellosehat.com, tembaga peptida diperlukan untuk membantu kinerja enzim dalam tubuh dan sebagai bahan dalam pembentukan kolagen. Zat tersebut terbilang ampuh untuk mengatasi gejala penuaan dini berupa kulit yang kendur. Tembaga peptida akan meningkatkan kadar kolagen dalam kulit, sehingga kulit akan tampak lebih kencang. Selain itu, bahan tersebut juga konon ampuh untuk mengembalikan kekenyalan kulit. Anda bisa menemukan bahan tersebut di beberapa produk skincare anti-aging.

Selain bahan-bahan di atas, Anda juga bisa mendapatkan bahan anti-aging yang terbilang lebih alami. Salah satu bahan alami yang mudah ditemukan adalah ekstrak green tea. Anda bisa memakainya sebagai masker harian. Green tea yang mengandung antioksidan tinggi, terbilang ampuh untuk memperlambat penuaan kulit. Selain itu, ekstrak teh hijau juga bisa membuat kulit menjadi lebih cerah dan bersinar.

[1] Rahmadiani, Nadia Fauziah & Aliya Nur Hasanah. 2019. Formulasi dan Evaluasi Sediaan Anti Aging dari Ekstrak Tumbuhan. Majalah Farmasetika Universitas Padjadjaran, Vol. 4(4): 107-118.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: