Alternatif Bahan Pengganti Saus Tiram untuk Aneka Masakan

Saus tiram (sumber: lazada)Saus tiram (sumber: lazada)

Jika Anda termasuk orang yang gemar memasak Chinese food, mungkin sudah sering mencicipi atau menambahkan bumbu seperti saus tiram dalam masakan Anda. Ya, saus yang teksturnya cukup kental ini bisa menambah lezat aneka tumisan maupun hidangan bakaran. Meski mudah ditemukan di pasaran, beberapa orang mungkin kesulitan menemukannya di kawasan tertentu. Tapi Anda tak perlu risau, sebab ada beberapa bahan yang bisa digunakan sebagai pengganti saus tiram.

Tentang Saus Tiram

Saus tiram (oyster sauce) adalah saus kental berwarna agak kehitaman yang dibuat dari tiram. Saus yang banyak digunakan dalam masakan Tionghoa ini mempunyai rasa gurih dan asin. Saus tiram berkualitas tinggi dibuat dari tiram yang dimasak hingga mengental tanpa tambahan garam, bumbu penyedap, dan tanpa bahan pengawet. Saus tiram juga ada yang masih mengandung potongan kecil daging tiram.

Saus tiram berkualitas tinggi berharga mahal sehingga saus tiram untuk konsumsi masyarakat banyak dibuat dari sedikit kaldu tiram encer ditambah tepung pengental, karamel gula, dan monosodium glutamat. Saus tiram khusus untuk vegetarian dibuat dari bahan dasar jamur dengan tambahan bahan perasa.[1]

Baca juga:  Cara Membuat Cooking Cream Serbaguna dan Bechamel Sauce

Saus tiram banyak digunakan untuk masakan selera China dan oriental, tumisan, atau olesan hidangan bakar-bakaran. Saus tiram dijual dalam kemasan botol dan kemasan sachet kecil. Setelah wadah/botol dibuka, simpan saus tiram dalam lemari es dalam keadaan tertutup.[2]

Seperti yang telah dibahas sebelumnya saus tiram sebenarnya produk yang cukup mudah ditemukan di sejumlah minimarket, pasar tradisional, atau pusat perbelanjaan. Tetapi, jika sedang dalam keadaan darurat dan stok saus tiram di rumah sedang habis, Anda setidaknya bisa menggunakan beberapa bahan alternatif untuk menggantikan fungsi saus tiram meskipun rasanya mungkin sedikit berbeda. Agar lebih paham, berikut sederet bahan pengganti saus tiram yang bisa Anda coba.

Pengganti Saus Tiram

Kecap Asin

Kecap asin (sumber: themanual.com)

Kecap asin (sumber: themanual.com)

Apabila Anda termasuk orang yang hobi memasak, tentunya persediaan kecap asin di rumah jauh lebih melimpah ketimbang saus tiram. Meskipun teksturnya agak berbeda, kabarnya rasa asin dari kecap asin setidaknya agak mirip dengan saus tiram walaupun belum dapat memenuhi rasa gurih dari tiram. Jika ingin mendapatkan tekstur yang hampir serupa, Anda bisa mencampurkan kecap asin dengan sedikit gula merah sebagai bahan alternatif saus tiram.

Baca juga:  Tersedia Dalam Beberapa Merk, Asam Folat Bermanfaat Untuk Kesuburan Pria

Kecap Manis

Kecap manis (sumber: medium)

Kecap manis (sumber: medium)

Bahan dapur lainnya yang juga cukup mudah ditemukan adalah kecap manis. Selain kecap asin, penggunaan kecap manis juga bisa dimanfaatkan sebagai pengganti saus tiram. Warnanya yang kehitaman menyerupai warna dari saus tiram. Akan tetapi, karena tekstur kecap manis lebih kental dari saus tiram dan memiliki rasa yang lebih manis, sebaiknya gunakan setengah dari takaran saus tiram dalam resep.

Saus Hoisin

Saus hoisin (sumber: 177milkstreet.com)

Saus hoisin (sumber: 177milkstreet.com)

Alternatif saus tiram dalam hidangan oriental adalah saus hoisin. Untuk menggantikan saus tiram, Anda bisa memakai saus hoisin tanpa mencampurnya dengan bahan lain. Saus hoisin mempunyai tekstur yang kental dan berwarna cokelat tua, mirip seperti saus tiram. Bedanya, saus hoisin memiliki cita rasa asin yang kaya dan sedikit lebih manis. Walau demikian, saus hoisin dapat digunakan sebagai bahan pengganti ketika persediaan saus tiram di rumah sedang habis. Anda dapat memakai saus hoisin dengan takaran yang sama dengan saus tiram yang dibutuhkan ketika hendak membuat masakan tertentu.

Baca juga:  Tak Cuma untuk Pelengkap Kopi, Ini Sederet Manfaat Lain dari Fiber Creme

Kecap Ikan

Saus ikan (sumber: wellfed.net)

Kecap ikan (sumber: wellfed.net)

Walaupun bukan bahan pengganti yang sempurna, Anda dapat memanfaatkan kecap ikan sebagai pengganti saus tiram dalam beberapa resep. Saus yang terbuat dari ikan yang difermentasi ini mempunyai konsistensi yang lebih ringan dan rasa yang lebih amis dari saus tiram. Rasa kecap ikan juga lebih asin dan kurang manis. Kecap ikan mungkin cocok untuk hidangan beraroma seafood atau yang sudah memiliki rasa ikan, seperti hidangan tumis ikan.

Kecap Inggris

Ilustrasi: kecap inggris (sumber: epicurious.com)

Ilustrasi: kecap inggris (sumber: epicurious.com)

Kecap inggris atau worcestershire sauce terbuat dari ikan anchovy, sedangkan saus tiram dari tiram. Keduanya mempunyai rasa umami dan dapat digunakan secara bergantian, dengan beberapa modifikasi. Untuk menjadikan kecap inggris sebagai pengganti saus tiram, campurkan kecap inggris dengan kecap dan gula, lalu gunakan dalam jumlah kecil.

[1] Tim Ide Masak. 2014. Seri Teknik Memasak: Masakan Serba Panggang. Intarina H & Yudo A, editor. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, hlm 6.

[2] SY, Sufi. 2009. 100+ Tip Pilihan Antigagal Memasak. Ida AM, editor. Jakarta: Kawan Pustaka, hlm 127.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: