Sulit Cari di Minimarket? Ini Pengganti Kecap Inggris yang Bikin Masakan Enggak Kalah Enak

Ilustrasi: kecap inggris (sumber: epicurious.com)Ilustrasi: kecap inggris (sumber: epicurious.com)

Dalam beberapa sajian masakan, khususnya yang berhubungan dengan marinasi daging, biasanya Anda disarankan untuk menambahkan kecap inggris ke dalamnya agar sajian terasa lebih nikmat. Sayangnya, tidak semua dari Anda bisa menemukan kecap inggris dengan mudah di pertokoan. Lantas, adakah alternatif bahan pengganti kecap inggris dalam masakan?

Kecap inggris merupakan peninggalan hubungan Inggris dan India di zaman kolonial yang menjadi populer sekitar tahun 1830-an, walaupun saus hasil fermentasi ikan anchovy sudah populer di Eropa sejak abad ke-17. Kecap inggris dibuat dari cuka, molase, gula jagung, air, cabai, kecap asin, lada hitam, asam jawa, anchovy, bawang bombay, bawang merah, cengkeh, dan bawang putih.

Sebutan lain untuk kecap inggris adalah Worcestershire sauce atau Worcester sauce atau saus barbeque. Warna kecap inggris adalah coklat tua, cairannya kental, rasanya sedikit asin, dan beraroma sangat harum. Kecap ini akan memberikan aroma rempah yang harum dan rasa gurih pada hidangan daging, sate, bakar, tumis, ataupun masakan olahan seafood. Kecap inggris juga dapat digunakan sebagai perendam daging, ikan, atau bahan lain sebelum diolah lebih lanjut agar rasa dan aromanya lebih nikmat.

Baca juga:  Inspirasi Bisnis Rumahan dengan Investasi Modal Mulai dari Rp 0

Kecap inggris merupakan penyedap utama untuk masakan daging sapi dan berbagai macam makanan yang dimasak maupun tidak dimasak. Masakan Indonesia yang menggunakan kecap inggris antara lain, ayam goreng mentega, burung dara saus mentega, udang goreng mentega, bistik, dan sapi lada hitam. Perpaduan antara kecap manis, kecap inggris, dan jeruk lemon (limau) menghasilkan aroma yang harum. Di Filipina, kecap inggris juga dipakai untuk merendam daging, khususnya daging babi.[1]

Kecap inggris memberi aroma rempah yang harum dan gurih rasanya. Kecap inggris hampir tidak digunakan di dapur Indonesia. Campur dengan bumbu lain atau tambahkan langsung pada bahan makanan. Pilihlah kecap inggris yang pekat dan sedap aromanya.[2]

Pengganti Kecap Inggris

Kecap Asin

Kecap asin (sumber: thespruceeats.com)

Kecap asin (sumber: thespruceeats.com)

Salah satu bahan substitusi yang paling mendekati kecap inggris tentu saja adalah kecap asin. Dibandingkan kecap inggris, kecap asin mungkin masih relatif lebih mudah ditemui di sejumlah toko. Untuk menggantikan kecap inggris, Anda bisa menggunakan kecap asin yang diberi beberapa tetes tabasco, air jeruk lemon, dan sedikit gula untuk menghasilkan rasa yang menyerupai kompleksitas kecap inggris. Jika tak ada tabasco, Anda dapat memakai sedikit bubuk cabe yang tanpa rasa.

Baca juga:  Proyeksi Keuntungan Jualan Bisnis Sosis Bakar Dengan Omzet Fantastis

Saus BBQ

Saus BBQ (sumber: allrecipes.com)

Saus BBQ (sumber: allrecipes.com)

Kebanyakan saus BBQ terasa lebih manis dan kental dari pada kecap inggris. Saus BBQ juga akan menambahkan rasa kompleks berbasis bawang yang serupa dengan kecap inggris apabila Anda tidak keberatan dengan rasa manisnya.

Kecap Ikan

Saus ikan (sumber: wellfed.net)

Saus ikan (sumber: wellfed.net)

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, kecap inggris terbuat dari ikan anchovy yang difermentasi. Menggunakan kecap ikan atau fish sauce memungkinkan Anda memperoleh rasa yang serupa. Bedanya, kecap inggris memiliki rasa yang lebih manis dan rasa lainnya dari bumbu bawang bombay dan bawang putih. Untuk pengganti kecap inggris, Anda bisa menggunakan setengah jumlah kecap ikan (dari takaran kecap inggris yang dibutuhkan dalam resep), lalu tambahkan sedikit brown sugar atau molase untuk memberi rasa manis.

Saus Tiram

Saus tiram (sumber: lazada)

Saus tiram (sumber: lazada)

Saos tiram atau oyster sauce juga dapat dijadikan alternatif untuk menggantikan kecap inggris. Bumbu ini bisa menambah “umami” dan rasa manis dengan cepat untuk tumisan dan aneka saus. Anda pun dapat memanfaatkan saus tiram sebagai pengganti kecap inggris dengan perbandingan 1:1. Saus tiram memiliki lebih sedikit garam dibanding kecap asin atau kecap ikan, jadi Anda bisa lebih mengontrol jumlah garam di piring Anda. Karena teksturnya yang lebih kental, mungkin saus tiram bukan substitusi yang terbaik untuk thin sauces, dressing ringan, atau semacamnya.

Baca juga:  Inilah 5 Makanan Ibu Hamil Muda Agar Anak Cerdas dan Pintar

Jika bahan-bahan pengganti yang telah disebutkan di atas pun sulit Anda temukan, Anda tak perlu berkecil hati. Kecap inggris hanya penguat rasa pada resep tertentu dan bukan bahan utama yang tidak terpisahkan dari suatu resep. Selain itu, karena takaran kecap inggris dalam hampir sebagian besar hidangan mungkin hanya beberapa sendok atau kurang, Anda bisa secara opsional tidak menambahkannyasama sekali dalam masakan dan masakan Anda pun akan tetap terasa enak dengan bumbu-bumbu lainnya.

[1]Gardjito, M. 2013. Bumbu, Penyedap, dan Penyerta Masakan Indonesia (hlm 86). Intarina H, editor. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

[2] Y, Sufi S. 2009. 100+ Tip Pilihan Antigagal Memasak (hlm 92). Ida AM, editor. Jakarta: Kawan Pustaka.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: