Cegah Kambuh, Ini Rekomendasi Bahan Penangkal Jerawat

Wajah Bersih dari Jerawat - www.drscinn.sgWajah Bersih dari Jerawat - www.drscinn.sg

Acne vulgaris atau jerawat merupakan salah satu penyakit kulit yang diakibatkan oleh penyumbatan pori-pori.[1] Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mencegah jerawat supaya tidak datang lagi di kulit, selain menggunakan bahan yang umum seperti asam salisilat dan benzoil peroksida.

Seperti yang mungkin sudah Anda ketahui, benzoyl peroxide dan asam salisilat adalah dua bahan yang paling banyak digunakan dalam bidang dermatologi. Dilansir dari allure, dua bahan ini telah terbukti dapat membunuh bakteri pembentuk jerawat di bawah kulit. Meskipun begitu, tidak semua orang cocok menggunakan keduanya. Sebagai solusi, Anda bisa memakai bahan-bahan berikut untuk mengatasi sekaligus menangkal jerawat agar tidak muncul lagi.

Probiotik dan Prebiotik

Probiotik dan prebiotik adalah bahan yang umum untuk menjaga kesehatan pencernaan, terutama usus. Selain itu, ternyata dua bahan ini bermanfaat untuk kondisi mikrobioma di kulit wajah Anda. Ketidakstabilan bakteri positif dan negatif di kulit juga menjadi salah satu faktor yang menyebabkan jerawat muncul lagi dan lagi. Selain itu, terlalu banyak bakteri negatif di kulit bisa berisiko eksim, rosacea, peradangan, dan psoriasis.

Baca juga:  Apa Saja Tips Memulihkan Diri Setelah Keguguran?

Selain bisa diatasi dengan asam salisilat dan benzoil peroksida, Anda juga bisa mengoleskan skincare dengan bahan probiotik dan prebiotik untuk menyeimbangkan kondisi bioma di kulit. Menurut seorang dokter kulit di New York bernama Whitney Bowe, krim wajah atau pelembap dengan kandungan prebiotik atau probiotik bisa menjadi salah satu obat mujarab untuk menangkal jerawat.

Thyme dan Oregano

Beberapa studi menunjukkan, minyak esensial atau ekstrak tumbuhan oregano dan thyme memiliki khasiat untuk melawan bakteri penyebab jerawat. “Minyak esensial oregano dan thyme memiliki aktivitas antimikroba untuk membunuh bakteri dan virus penyebab jerawat,” jelas Hadley King, seorang dokter kulit di New York.

Perawatan untuk Jerawat - www.michaellinmd.com

Perawatan untuk Jerawat – www.michaellinmd.com

Ada dua bakteri penyebab jerawat yang bisa diatasi dengan ekstrak oregano dan daun thyme, yaitu Propionibacterium acnes dan Staphylococcus epidermidis. Ekstrak tumbuhan ini akan bekerja dengan cara membasmi bakteri dan sebagai antibiotik untuk mencegah bakteri datang lagi. Bisa dibilang, dua tumbuhan ini berkhasiat untuk menangkal jerawat supaya tidak muncul kembali. Selain itu, thyme dan oregano bermanfaat untuk menenangkan kulit yang alergi dan menghilangkan bruntusan.

Baca juga:  Pakai Masker Aspirin untuk Obati Jerawat, Aman atau Tidak?

Monk’s Pepper

Monk’s Pepper atau biasa dikenal dengan nama merica biksu adalah ramuan alami yang berasal dari pohon Vitex agnus-castus atau Chaste tree dan berbentuk seperti gel. Bahan alami ini memiliki sifat yang mirip androgen dengan khasiat mampu mengatur jumlah dan ketebalan sebum yang diproduksi oleh kulit. Dengan memakainya dalam dosis tertentu, sebum dan minyak penyebab jerawat dapat dikontrol atau dihilangkan.

Gel ini juga memiliki manfaat untuk mencegah pengentalan minyak di wajah yang berpotensi menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat. Selain itu, konon Monk’s Pepper mampu membantu mengobati jerawat hormonal, komedo putih, dan peradangan.

Propolis dan Madu

Propolis dan madu adalah zat alami yang dihasilkan oleh lebah madu. Cairan ini memiliki sifat antibakteri dan antiinflamasi yang diklaim mampu mengobati jerawat. Selain itu, dua zat ini juga bisa dipakai untuk merawat kulit yang sensitif dan mudah berjerawat supaya jerawat yang pernah muncul tidak datang lagi.

Untuk memanfaatkan propolis dan madu, Anda tidak perlu repot mencarinya di alam atau menggunakan madu asli, karena sudah banyak produk kosmetik yang mengandung dua zat ini. Anda bisa membelinya dalam bentuk krim, serum, toner, essence, dan masker. Produk berbahan propolis dan madu sebaiknya dipakai dengan dosis 1 hingga 2 kali seminggu supaya kulit tidak terlalu berminyak.

Cegah Jerawat Kambuh Lagi - www.epiphanydermatology.com

Cegah Jerawat Kambuh Lagi – www.epiphanydermatology.com

Clascoterone

Tak kalah ampuh dengan zat lainnya, clascoterone mampu mengobati dan mencegah munculnya jerawat, termasuk jerawat hormon. Dilansir dari harpesbazaar.co.id, clascoterone adalah hormon androgen yang menerima testosteron dan dihydrotestosterone (DHT) ketika diaplikasikan ke kulit.

Baca juga:  Cara Membuat Lulur Hitam, Bikin Kulit Putih dan Mulus

Sudah ada banyak produk kecantikan dengan kandungan clascoterone untuk mengatasi masalah jerawat. Paling umum, Anda bisa menemukannya dalam bentuk gel dan krim wajah. Untuk mendapatkan skincare seperti ini, sayangnya Anda harus menggunakan resep dokter, karena clascoterone termasuk salah satu obat topikal untuk terapi jerawat.

[1] Sampelan, Meiching G., Damayanti Pangemanan, Rina M. Kundre. 2017. Hubungan Timbulnya Acne Vulgaris dengan Tingkat Kecemasan pada Remaja di SMP N 1 Likupang Timur. e-Journal Keperawatan Universitas Sam Ratulangi, Vol. 5(1): 1-8.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: