Bahan Kosmetik Yang Sebaiknya Dihindari Untuk Kulit Sensitif Dan Berjerawat

kosmetik, untuk, kulit, sensitif, dan, berjerawat, bahan, produk, jenis, perawatan, rutin, mencuci, muka, scrub, retinol, alkohol, parfum, efek, sebum, berminyak, kotoran, debu, bersih, micellar, water, non-alkohol, butiran, retinol Kulit sensitif dan berjerawat

Salah satu kondisi kulit yang bisa mungkin dialami oleh sebagian orang adalah kulit sensitif. Bagaimana sebenarnya kondisi kulit yang sensitif? Kulit sensitif adalah kulit yang mudah mengalami iritasi, tipis, mudah merah dan meradang, mudah berjerawat, dan mudah gatal bila terkena produk perawatan/kosmetik. Selain itu, kulit sensitif memiliki pembuluh darah dan saraf yang dekat dengan permukaan kulit yang menyebabkan kulit memerah karena aliran darah pada kulit lebih banyak.

Sebagian besar kulit sensitif adalah kulit berminyak, namun bisa juga kulit kering. Kulit berminyak bisa ditandai dengan pori-pori yang besar/lebar. Kemudian, di area wajah tertentu seperti hidung, dahi, sebagian area pipi, dagu biasanya tampak mengkilap karena produksi minyak wajah yang berlebih. Hal ini dikarenakan banyaknya kandungan kelenjar minyak (sebum) yang sebetulnya berfungsi membantu mencegah kulit dari kekeringan.

Oleh karena kulit terkena debu dan kotoran dari lingkungan, kulit berminyak cenderung lebih lebih mudah menangkap kotoran dan debu itu. Sehingga, kulit berminyak cenderung lebih mudah timbul jerawat pada permukaan kulit. Selain jerawat, komedo juga menjadi masalah kulit yang paling sering terjadi.

Selain kulit berminyak, kulit sensitif juga rentan terhadap jerawat. Hal itu tidak lepas dari kondisi kulit yang mudah bereaksi terhadap kondisi sekitar. Sehingga, apabila kondisi wajah yang tidak bersih, jerawat akan muncul. Oleh sebab itu, tidak jarang disebut juga dengan kulit sensitif dan berjerawat.

Baca juga:  Intip Segudang Manfaat Sehat Konsumsi ‘Legume’ Kacang-Kacangan

Kulit sensitif dapat muncul pada usia dewasa dan bahkan risikonya meningkat dengan bertambahnya usia. Oleh karena itu, tidak menutup kemungkinan bahwa jerawat juga dapat muncul pada usia yang lebih tua.

Perawatan Kulit Sensitif Dan Berjerawat

kosmetik, untuk, kulit, sensitif, dan, berjerawat, bahan, produk, jenis, perawatan, rutin, mencuci, muka, scrub, retinol, alkohol, parfum, efek, sebum, berminyak, kotoran, debu, bersih, micellar, water, non-alkohol, butiran, retinol

Membersihkan muka secara rutin (sumber: Allure)

Supaya jerawat pada kulit sensitif tidak bertambah parah, Anda bisa melakukan cara-cara berikut ini:

  • Rutin mencuci muka. Mencuci muka sebaiknya dilakukan dua kali sehari, terutama setelah wajah berkeringat atau berminyak sehingga dapat mengurangi risiko terkena jerawat. Bagi Anda yang memiliki kulit sensitif, disarankan memilih sabun muka dengan kandungan lembut yang tidak iritatif. Bersihkan wajah dengan lembut, hindari pembersih berbahan scrub. Sebagai gantinya, Anda bisa mencoba sabun berbentuk gel atau cair yang lebih lembut untuk kulit.
  • Lindungi wajah dengan menggunakan tabir surya. Menggunakan tabir surya atau sunscreen merupakan salah satu langkah pencegahan terhadap dampak dari paparan sinar matahari. Sebaiknya hindari sering-sering berada di bawah sinar matahari antara jam 10 pagi hingga 2 siang. Supaya aman, sebelum beraktivitas di luar ruangan, gunakan tabir surya yang mengandung bahan seng oksida (zinc oxide) dan titanium dioksida. Sebaiknya gunakan 20-30 menit sebelum keluar ruangan/rumah.

Selain cara-cara di atas, bagi pemilik wajah sensitif dan berjerawat, sebaiknya teliti dalam hal kandungan yang ada dalam produk kosmetik. Tidak jarang, bahan-bahan dalam produk kosmetik bisa memicu timbulnya jerawat atau malah memperparahnya.

Baca juga:  Harga dan Fungsi Produk Cream Qyara

Bahan Kosmetik Yang Perlu Diwaspadai

Berikut ini ada beberapa bahan kosmetik yang perlu diwaspadai dan sebaiknya dihindari terutama bagi Anda yang memiliki kulit sensitif dan berjerawat.

Asam Salisilat

Asam salisilat adalah salah satu bahan yang paling umum ditemukan dalam skincare atau mungkin kosmetik khusus wajah yang rentan jerawat dan berminyak. Asam salisilat memang ampuh untuk membunuh bakteri di dalam pori-pori yang tersumbat.

kosmetik, untuk, kulit, sensitif, dan, berjerawat, bahan, produk, jenis, perawatan, rutin, mencuci, muka, scrub, retinol, alkohol, parfum, efek, sebum, berminyak, kotoran, debu, bersih, micellar, water, non-alkohol, butiran, retinol

Aplikasi makeup dengan bermacam-macam kosmetik

Namun, Anda disarankan untuk tidak menggunakan bahan ini secara terus menerus terlebih lagi ke seluruh wajah. Menurut Kerri Daniels, konsultan sekaligus dermatologis asal New York, berpendapat bahwa asam salisilat yang berlebihan digunakan pada wajah akan mengakibatkan kemerahan, iritasi, bahkan juga bisa membuat wajah terlalu kering.

Butiran Scrub

Eksfoliasi biasanya menjadi perawatan rutin para wanita yang bisa bermanfaat untuk membersihkan pori-pori dan sel-sel kulit mati. Untuk wajah yang berjerawat, eksfoliasi tidak disarankan karena butiran scrubnya bisa membuat jerawat semakin meradang sehingga wajah akan semakin memerah dan iritasi, bahkan bisa memicu jerawat baru. Selama wajah masih berjerawat dan meradang, hindari pemakaian scrub atau pilih bahan sesuai anjuran dokter.

Parfum

Produk perawatan yang mengandung parfum dinilai kurang cocok diaplikasikan pada wajah yang berjerawat, apalagi kalau kulit Anda cenderung sensitif. Jika setelah pemakaian produk, Anda merasa gatal atau tidak nyaman di area wajah, bisa jadi ini adalah efek dari parfum. Mona Gohara, MD, dermatologis sekaligus profesor di Departemen Dermatologi Universitas Yale, menyarankan agar tidak menggunakan skincare yang mengandung parfum agar efek-efek negatif yang dialami bisa berkurang.

Baca juga:  Rekomendasi Produk Dari Garnier Untuk Masalah Jerawat dan Bekas Jerawat

Retinol

Retinol kerap ditemukan dalam produk perawatan anti-aging yang bisa menyamarkan kerutan dan garis halus di wajah, meratakan warna kulit, dan menghilangkan bintik hitam bekas jerawat di wajah. Kelebihan lain yang dimiliki retinol adalah merangsang pergantian sel kulit dan meningkatkan produksi kolagen. Namun pada sebagian orang, retinol bisa menimbulkan efek samping yang cukup agresif seperti kulit yang kemerahan atau iritasi. Sebaiknya, Anda konsultasikan dengan dokter kulit terlebih dahulu untuk menemukan dosis yang pas bagi kulit rentan berjerawat.

Alkohol

Meski kandungan alkohol dalam produk perawatan kulit bisa menghilangkan minyak pada wajah, alkohol juga bisa menyebabkan wajah kering. Alkohol bisa menghilangkan sebum alami sehingga kulit malah lebih banyak memproduksi minyak untuk menghidrasi dan wajah makin berminyak setelahnya.

Menurut Jane Iredale, founder skincare dan kosmetik mineral Jane Iredale mengatakan bahwa sebenarnya alkohol akan menjebak sebum dalam kelenjar minyak dan bakteri akan masuk. Jane menyarankan untuk memilih pembersih dan toner yang tidak mengandung alkohol, seperti micellar water non-alkohol.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: