Bahan & Cara Membuat Seblak Mie Instan

cara, membuat, seblak, mie, instan, kerupuk, basah, kering, jajanan, khas, kota, bandung, jenis, usus, buntu, pedas, tanpa, kencur, bahan, peralatan, menu, di, spesial, resep, telur, sosis, sawi Mi seblak bandung (sumber: berkabar.id)

Seblak sempat menjadi sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia. Hal itu karena cita rasanya yang menggoda selera. Sebenarnya kerupuk ini merupakan kerupuk kemplang putih dan oranye. Hanya saja proses memasaknya saja yang unik. Jika kerupuk lainnya dalam bentuk kanji kering digoreng untuk dibiarkan mengembang dengan minyak kelapa, ini tidak berlaku bagi seblak.

Untuk seblak kering, maka penggorengannya menggunakan minyak kelapa namun tidak dibiarkan mengembang, sementara seblak kering diolah dengan merebusnya dengan air panas. Setelah melalui proses tersebut maka seblak akan dibumbui dan diberi rasa pedas, maka camilan kerupuk seblak siap untuk disantap.

Selain seblak kering, ada pula seblak basah, yang merupakan jajanan khas Bandung. Namun, kini seblak tidak hanya bisa Anda temui dan nikmati di kota itu saja, namun sudah ada di berbagai kota di Indonesia.

Jajanan khas Bandung, yaitu seblak terbuat dari kerupuk tepung sagu. Di daerah asalnya, Seblak Basah kerap diolah bersama tumisan hingga menjadi Seblak Goreng atau Seblak Kuah. Bukan hanya kerupuk tepung sagu, tapi juga pasta macaroni atau fusilli.

Di berbagai tempat , sudah banyak yang menjajakan seblak. Contohnya di Warung Upnormal. Tempat yang dikenal dengan mi instan itu memiliki spesial, salah satunya Mi Instan Seblak Bandung. Sesuai namanya, itu merupakan mi yang dimasak rebus dan ditaburi dengan seblak. Hal yang menjadikannya istimewa adalah adanya -bahan pilihan seperti bakso wagyu dan sosis sapi. Bagi pecinta makanan pedas, olahan mi instan itu akan membuat ketagihan karena kuahnya kental dan terdiri dari 30 gram rawit jumbo, sehingga rasanya pedas.

Tidak hanya bisa menikmati seblak mie instan di tempat kuliner, Anda juga bisa membuat sendiri di rumah. Cara membuatnya tentu diawali dengan menyiapkan bahan dan peralatan yang dibutuhkan. membuat seblak bisa Anda cari secara online.

Apabila pada resep terdapat bahan-bahan yang tidak Anda sukai, bisa diganti dengan bahan lain atau cukup dengan tidak menggunakan bahan tersebut. Bahkan, Anda bisa berkreasi sendiri dalam menciptakan seblak yang sesuai keinginan.

Cara Membuat Seblak Mie Instan

Ilustrasi: memasak seblak dari mi instan

Bahan-bahan:

  • 2 bungkus mie instan
  • 1 batang daun bawang
  • 1 ikat sawi hijau
  • 1 buah telur ayam
  • 2 buah cabe merah
  • 2 siung bawang putih
  • 1/4 sdt garam
  • 2 siung bawang merah
  • 5 buah cabe rawit
  • 2 buah sosis
  • 1/2 sdt merica

Langkah-langkah Persiapan

Untuk membuat sajian kali ini sebaiknya Anda dahulukan langkah persiapan. Hal ini dikarenakan ada beberapa bahan pada resep yang perlu diolah terlebih dahulu sebelum dimasak dan dicampurkan dengan bahan-bahan lainnya dengan merata. Langkah persiapan kali ini berisikan cara mengiris, membersihkan dan mengolah sajian ini dengan merata.

  • Bahan pertama yang akan disiapkan adalah memotong sawi. Potong sawi dengan ukuran yang lebih kecil dan lebih pendek. Anda bisa melakukannya di atas tatakan dan menggunakan pisau. Bila sudah selesai, masukkan sawi yang sudah dipotong ke dalam wadah. Lalu bersihkan dengan air bersih secara merata. Angkat, lalu sisihkan sementara.
  • Langkah selanjutnya adalah memotong sosis sebagai bahan tambahan dari sajian kali ini. Potong sosis di atas tatakan dengan menggunakan pisau secara merata. Masukkan dalam wadah dan sisihkan sosis sebelum dicampurkan dengan bahan-bahan lainnya. Bila sudah selesai dengan semua persiapan, maka Anda dapat melanjutkan langkah dengan membuat hidangan dan racikan bumbu dari sajian seblak mie.

Langkah Membuat Seblak Mi

Sebak dari mi instan (instagram: @nindryani17)

  • Setelah sawi dan sosis sudah dipotong, awali langkah pembuatan seblak mie dengan menyiapkan sebuah wajan di atas kompor. Kemudian panaskan dengan api sedang, masukkan minyak goreng ke dalam wajan.
  • Masukkan beberapa bahan yang sudah diiris dengan halus seperti bawang merah, bawang putih, daun bawang, cabe merah dan juga cabe rawit. Aduk-aduk semua bahan itu sampai harum dan merata.
  • Bila sudah selesai, masukkan telur bersama dengan sosis dengan menyisihkan bumbu tumisan sebelumnya. Aduk-aduk dengan merata sampai telur berubah teksturnya menjadi lebih berbutir dan merata.
  • Masukkan mi dan aduk-aduk merata.
  • Kemudian, masukkan air secukupnya ke dalam tumisan. Masukkan bumbu mie dan aduk merata sampai tercampur dan biarkan mendidih.  
  • Masukkan sawi hijau yang sudah diiris dan aduk-aduk dengan merata. Cicipi bumbunya. Ketika dirasa sudah pas, maka Anda dapat mematikan kompor.

Anda disarankan untuk menyajikan seblak mi dalam keadaan hangat, karena rasa dari sajian ini terasa lebih nikmat dan sedap. Resep membuat seblak mi itu bisa Anda buat di rumah, bisa dinikmati sendiri, berdua dengan saudara, teman, atau bisa juga dinikmati beramai-ramai.

Sebagian orang mungkin akan menghindari bahan yang biasa digunakan untuk membuat seblak yaitu kencur. Sehingga, resep di atas bisa Anda praktikkan. Selain tidak menggunakan kencur, meskipun seblak itu bahan utamanya adalah kerupuk, namun Anda juga bisa membuatnya tanpa kerupuk seperti resep di atas.

Sempat beredar kabar jika seblak bisa menyebabkan usus buntu. Menurut Ahli Gizi Prof. Hardinsyah, MS., makanan seblak tidak mungkin menyebabkan usus buntu, kecuali jika kondisi pasien menderita infeksi usus yang sangat lama. Meski demikian, Anda harus tetap berhati-hati dalam mengonsumsi makanan supaya tidak menderita penyakit ini. Komponen di dalam seblak itu kerupuk basah. Tidak ada yang bisa sebabkan usus buntu, kecuali ada zat lain.

Kerupuk basah, menurut Prof Hardinsyah, seblak sama halnya dengan Pempek Palembang, otak-otak, dan makanan bertekstur kenyal lainnya. Jenis makanan seperti itu tidak menyebabkan appendix yang berbahaya.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: