Bahan Baju Renang Terbaik, Enggak Cuma Soal Desain & Gaya

Berenang (sumber: phys.org)Berenang (sumber: phys.org)

Apabila Anda tergolong orang-orang yang suka berenang, Anda tentunya ingin memiliki baju renang dengan bahan dan desain terbaik bukan? Baju renang yang baik umumnya adalah baju renang yang terasa ringan ketika dikenakan dan bisa “membelah” air dengan baik pula. Oleh sebab itu, pemilihan bahan baju renang perlu diperhatikan agar tidak salah saat membeli.

Baju renang biasanya didesain menggunakan bahan yang licin, ini bukanlah tanpa alasan dan sebab. Desain baju renang yang licin terinspirasi dari kulit lumba-lumba. Kulit lumba-lumba sangat licin sehingga gesekan dengan air juga sangat kecil. Karena inilah sehingga bahan baju renang didesain licin, dengan permukaan licin maka partikel air akan bergerak dengan cepat melewati tubuh perenang sehingga hambatan yang disebabkan oleh partikel air akan berkurang.[1] Lantas, bahan seperti apa yang terbaik untuk pakaian renang? Berikut uraiannya.

Bahan Baju Renang Terbaik

Kain bahan baju renang (sumber: pinterest)

Kain bahan baju renang (sumber: pinterest)

Lycra

Baju renang alias swimsuit biasanya terbuat dari material seperti lycra. Lycra adalah salah satu bahan baju renang yang banyak direkomendasikan, termasuk oleh Federasi Renang Inggris dan Department of Parks and Recreation DC, Amerika Serikat. Dilansir dari SehatQ, lycra sendiri adalah bahan pakaian yang terbuat dari bahan elastis dan fiber (spandeks) serta sudah jamak dipakai sebagai bahan baju renang. Nah, baju renang disarankan berbahan lycra karena menawarkan kelenturan dan fleksibilitas pada tubuh, serta tak mudah tersangkut atau sobek ketika dipakai berenang, sehingga relatif aman dipakai.

Baca juga:  Referensi Warna Lipstik Maybelline Yang Cocok Untuk Bibir Hitam

Polyester

Baju renang dari bahan polyester memang kurang elastis (stretch) dan tak selembut lycra, tapi dari segi ketahanan rupanya lebih baik. Pakaian renang dari bahan polyester kabarnya cenderung tidak luntur dan tahan dengan paparan chlorine, bahan kimia yang sering dipakai untuk menjernihkan air kolam renang. Poin plusnya, baju renang dari bahan polyester lebih cepat kering, melindungi Anda dari paparan sinar matahari (karena brand tertentu kadang sudah dilapisi anti UV), serta relatif mudah untuk dicuci.

Nylon

Nylon merupakan bahan alternatif dari polyester. Baju renang yang berbahan nylon biasanya unggul dari segi ringan dan terasa pas di badan. Sayangnya, baju renang dari bahan nilon kabarnya kurang begitu tahan dengan chlorine dan kurang awet jika dibandingkan dengan baju renang polyester. Namun demikian, bahan nylon memiliki karakteristik tahan abrasi, nyaman dipakai di badan, tak mudah menyerap air, cukup elastis untuk mendukung gerakan dalam air, serta mudah dicuci.

Baca juga:  Penyebab Alergi Kondom Ternyata Tak Hanya Lateks

Neoprene

Bahan neoprene adalah sejenis kain sintetis yang mempunyai karakteristik sangat lentur seperti karet, plastik, atau material padat lainnya. Bahan tersebut menyediakan insulasi yang baik terhadap dingin, sehingga memungkinkan tubuh penggunanya tetap hangat ketika beraktivitas di wilayah perairan. Selain untuk kegiatan olahraga seperti berenang, bahan neoprene juga sering dipakai untuk pakaian scuba diving alias menyelam.

Selain baju renang dengan bahan-bahan yang telah disebutkan di atas, ada juga baju renang dengan bahan campuran, seperti Polybutylene Terephthalate (PBT) yang tergolong material baru dalam industri pakaian renang. Kain ini mempunyai elastisitas tinggi, cepat kering, dan daya serapnya terhadap air cukup rendah, sehingga cocok dipakai sebagai baju renang untuk kompetisi.

Kemudian, ada juga bahan serat XLA yang diproduksi Dow Chemical dengan nama dagang Dow XLA Elastic Fiber. Bahan ini termasuk salah satu jenis serat tekstil elastis yang menawarkan ketahanan lebih terhadap kaporit hingga 1.000 jam, mempunyai daya elastisitas tinggi, serta diklaim tahan panas hingga 200 derajat celsius dan juga cepat kering.

Baca juga:  Berbagai Jenis Produk Eyeliner Beserta Tampilan Kreasinya

Nah, bagi Anda yang sedang mencari baju renang dengan bahan terbaik, bisa membelinya di toko-toko sport atau perlengkapan olahraga terdekat atau bahkan membelinya secara online lewat sejumlah marketplace. Baju renang untuk dewasa harganya berkisar mulai Rp75 ribu sampai Rp100 ribuan ke atas. Bagi Anda yang berhijab juga bisa menemukan baju renang muslimah dewasa dengan harga mulai Rp120 ribu. Harga baju atau celana renang di setiap tempat kemungkinan bisa berbeda-beda, tergantung promo atau penawaran dari pihak penjual.

[1] Simanullang, NHS. 2021. Fisika dalam Kehidupan. Jakarta: Guepedia, hlm 56.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: