Bahan Alami Yang Sebaiknya Tidak Digunakan Secara Langsung Pada Wajah

bahan, alami, kimia, lemon, baking, soda, telur, mentah, perawatan, wajah, masker, alkohol, jerawat, kering, jenis, review, dokter, mayones, konsultasi, pH, kulit, body, lotion, lembap, langsung, kandungan, bakteri, salmonellaKulit sehat tanpa gangguan

Bagi sebagian orang, memanfaatkan bahan alami dinilai lebih aman karena tidak mengandung bahan-bahan kimia. Tidak hanya dalam hal konsumsi bahan-bahan alami (organik), hal ini juga dinilai berlaku dalam hal perawatan wajah. Walaupun mungkin banyak yang menyarankan untuk menggunakan beberapa bahan alami berikut ini, tetapi ada juga yang tidak menyarankan untuk digunakan di wajah.

Beberapa orang mungkin belajar untuk meracik ramuan menggunakan bahan-bahan alami untuk perawatan wajah mereka. Misalnya membuat masker wajah untuk meredakan jerawat, memudarkan noda hitam atau bekas jerawat, mengurangi minyak di wajah, mengecilkan pori-pori, dan lainnya.

Menurut dermatologis, Mona Gohara, M.D., seorang dermatologis di Danbury, CT, dan seorang staf pengajar klinis di Rumah Sakit Yale New Heaven memberitahu apa saja bahan alami yang perlu dijauhkan dari kulit Anda.

Jus lemon

Lemon sering dikaitkan dengan masalah wajah yaitu jerawat. Lemon dinilai mampu membuat jerawat menjadi kering. Untuk kulit berjerawat, kondisi kulit kering, flek, cara terbaik menurut Gohara adalah menghubungi dermatologis untuk membantu identifikasi masalah mendasar dan membantu Anda menemukan solusi paling berhasil untuk kulit Anda.

bahan, alami, kimia, lemon, baking, soda, telur, mentah, perawatan, wajah, masker, alkohol, jerawat, kering, jenis, review, dokter, mayones, konsultasi, pH, kulit, body, lotion, lembap, langsung, kandungan, bakteri, salmonella

Segelas jus lemon

Bahan alami pertama yang mungkin harus dijauhi adalah jus lemon. Anda mungkin pernah mendengar bahwa memakai jus lemon langsung pada kulit sebagai toner akan dapat membantu mengatasi jerawat, mencerahkan wajah, dan memudarkan noda pada wajah Anda.

Baca juga:  Jerawat Bukan Halangan Untuk Tampil Cantik

Menurut Gohara, lemon memiliki sifat asam dan dapat mengubah pH kulit Anda, membuat kulit menjadi mudah meradang, iritasi, dan tidak membuat bekas luka membaik. Jus lemon juga bisa membuat Anda lebih sensitif terhadap sinar UV, yang berarti Anda akan mudah bereaksi terhadap sinar matahari. Gohara menyarankan Anda untuk mencampur jus lemon dengan air sebelum mengaplikasikan pada wajah. Tetapi, jika Anda sudah mencoba, dan hasilnya wajah menjadi semakin berjerawat, atau menunjukkan tanda-tanda seperti bruntusan, maka sebaiknya pemakaian dihentikan.

Mayones

Pernah mendengar bahwa mayones dianggap sebagai salah satu pelembap baik untuk kulit kering? Sebaiknya Anda tetap menggunakan pelembap harian (bukan mayones). Sementara Gohara mengatakan bahwa mengaplikasikan mayones ke kulit tidak berbahaya, tetapi bisa menyumbat pori-pori.

Alkohol

Jika Anda memiliki jenis kulit berminyak atau kombinasi, mungkin pernah memiliki pikiran untuk menggunakan alkohol supaya membuat wajah menjadi lebih halus. Menurut Gohara, mengaplikasikan alkohol secara langsung ke wajah malah dapat ‘melucuti’ kulit dari lipid, protein, dan lemak esensial yang melindungi kulit, dan membuat kulit menjadi lemah dan rentan terhadap peradangan.

Baking soda

Anda mungkin pernah mendengar bahwa baking soda dapat digunakan sebagai obat ampuh untuk jerawat. Beberapa orang juga menggunakannya sebagai scrub. Biasanya baking soda dicampurkan dengan madu.

bahan, alami, kimia, lemon, baking, soda, telur, mentah, perawatan, wajah, masker, alkohol, jerawat, kering, jenis, review, dokter, mayones, konsultasi, pH, kulit, body, lotion, lembap, langsung, kandungan, bakteri, salmonella

Menuangkan baking soda untuk adonan scrub wajah (sumber: livesimply.com)

Untuk baking soda, Gohara menyarankan untuk tidak menggunakannya. Hal ini dikarenakan baking soda (bersifat basa) akan dapat mengubah pH kulit, sehingga mungkin bisa merusak lapisan atas kulit, mengundang bakteri dan beberapa reaksi buruk lainnya. Kulit kemerahan, terasa terbakar juga mungkin saja terjadi ketika Anda memakai baking soda secara langsung pada kulit.

Baca juga:  Merek Sabun Muka Untuk Kulit Sensitif dan Berjerawat

Telur mentah

Mengenai bahan satu ini, sudah banyak orang yang menyarankan untuk mencampur telur mentah sebagai masker. Masker putih telur dianggap bisa membantu mengecilkan pori-pori serta mengencangkan kulit.

Menurut Gohara, telur mentah mungkin saja mengandung bakteri salmonella yang dapat menyebabkan keracunan makanan. Bahkan, hampir 80.000 kasus penyakit bawaan makanan setiap tahun terjadi akibat terkontaminasi dengan salmonella.

Sebaiknya hindari telur mentah dari wajah Anda. Terkecuali mungkin masker jadi dengan kandungan telur tidak membawa risiko seperti telur mentah. Masker dengan kandungan telur biasanya Anda temui pada produk-produk Korea.

Body lotion

Hanya karena digolongkan menjadi produk pelembap, tidak lantas menjadikannya cocok digunakan pada wajah. Hal ini dikarenakan produk body lotion sudah dirancang sedemikian rupa untuk kelembapan kulit badan. Sementara untuk kulit wajah, tentu membutuhkan bahan-bahan melembapkan yang berbeda dengan tubuh. Ditambah dengan body lotion pada umumnya dilengkapi dengan wewangian atau aroma yang dianggap tidak sesuai jika harus digunakan di wajah.

Gula

Baca juga:  Manfaat Moisturizer/Pelembap Untuk Kulit Kering

Begitu banyak saran atau pendapat yang menyatakan bahwa gula membawa efek baik bagi kulit. Biasanya, gula dipakai sebagai scrub karena teksturnya yang tergolong kasar, sehingga dianggap bisa mengangkat sel kulit mati.

bahan, alami, kimia, lemon, baking, soda, telur, mentah, perawatan, wajah, masker, alkohol, jerawat, kering, jenis, review, dokter, mayones, konsultasi, pH, kulit, body, lotion, lembap, langsung, kandungan, bakteri, salmonella

Butir-butir gula pasir

Dengan klaim baik sebagai pengangkat sel kulit mati, tidak berarti Anda bisa langsung menggosokkan gula pada wajah. Hal itu bisa membahayakan kulit wajah Anda. Semakin sering Anda menggosok wajah dengan memakai gula sebagai scrub pada kulit, maka dinilai akan berdampak pada menipisnya lapisan kulit Anda.

Jika Anda mencari produk scrub untuk wajah, biasanya bisa ditemui pada produk pembersih wajah. Pada beberapa sabun wajah, sudah dilengkapi dengan scrub yang teksturnya sudah disesuaikan dengan kulit wajah.

Untuk produk pengangkat sel kulit mati, Anda bisa memilih produk untuk eksfoliasi. Produk eksfoliator bisa berubah cairan (toner), atau bisa juga berbentuk scrub. Produk dengan klaim eksfoliasi sudah banyak ditemukan di pasaran. Tinggal disesuaikan dengan jenis kulit Anda. Bagi kulit sensitif, maka mungkin toner eksfoliasi bisa cocok untuk jenis kulit Anda.

Jika Anda tetap tertarik menggunakan bahan-bahan alami untuk perawatan wajah (misalnya masker), bisa melihat review orang yang sudah pernah memakainya. Atau, lebih amannya, konsultasikan dengan dokter kulit. Apabila Anda hanya melihat review dari orang lain, ditakutkan bahan yang digunakan oleh orang lain belum tentu cocok untuk jenis kulit Anda.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: