Bagaimana Sih Cara Agar Rambut Cepat Panjang dan Lurus?

Ilustrasi: wanita berambut lurusIlustrasi: wanita berambut lurus

Banyak sekali wanita maupun pria yang menginginkan untuk memiliki rambut panjang atau gondrong. Panjangnya rambut pun bukan semata hal yang diinginkan. Pasalnya rambut lurus, sehat, berkilau, dan kuat juga diinginkan seiring panjangnya rambut.

Namun, berbagai faktor dari luar maupun dalam diri seringkali jadi aspek yang dapat menurunkan kesuburan rambut. Hal ini membuat pertumbuhan alami dari rambut jadi terhambat. Tingkat kecepatan pertumbuhan rambut Anda pun memiliki hubungan dengan keturunan (genetik). Biasanya rambut tumbuh sekitar seperempat sampai setengah inci setiap bulannya

Setiap orang juga dilahirkan dengan jenis rambut yang berbeda-beda, mulai dari jenis rambut lurus maupun rambut ikal. Namun, memiliki rambut lurus merupakan dambaan dari beberapa orang terutama wanita. Dengan rambut lurus, mereka meyakini dapat mengubah penampilannya menjadi lebih cantik. Rambut lurus juga dianggap lebih mudah diatur sesuai gaya yang diinginkan.

Tak heran jika pemilik rambut ikal atau keriting lantas melakukan berbagai cara untuk memiliki rambut lurus permanen. Untuk membuat rambut keriting menjadi lurus permanen memang sudah cukup mudah, didukung dengan banyaknya cara teknologi yang hadir, seperti rebonding atau smoothing.

Keduanya menghasilkan efek rambut yang berbeda. Jika Anda menginginkan hasil akhir yang tampak alami dan memiliki risiko kerusakan rambut yang minim, Anda bisa memilih smoothing karena efeknya tidak bertahan lama. Namun jika tujuan Anda adalah rambut lurus tanpa cela, maka rebonding bisa Anda dipertimbangkan karena obat atau bahan kimia yang digunakan akan mengubah bentuk alami rambut sehingga hasilnya relatif lebih tahan lama.

Namun di balik indahnya rambut lurus smoothing atau rebonding menyimpan efek buruk yang segera Anda dapatkan jika tidak merawat rambut dengan rutin. Selain biaya yang cukup mahal, pelurusan ini bisa memicu kerusakan rambut dan efek samping yang menakutkan lainnya.

Dilansir dari Cosmopolitan, untuk Anda yang memiliki rambut hasil rebonding dan smoothing atau Anda yang berencana meluruskan rambut dengan cara itu, baca terlebih dahulu fakta-fakta berikut ini:

Rebonding dan Smoothing Mengubah Struktur Rambut

Ilustrasi: hasil meluruskan rambut

Ilustrasi: hasil meluruskan rambut

Smoothing atau rebonding paling umum terjadi di Jepang dan Brasil. Di Jepang, Anda bisa meluruskan rambut secara permanen dengan touch up akar rambut Anda setiap enam bulan sekali. Ini diperlukan biaya sekitar Rp 2 juta hingga Rp 10 jutaan. Sedangkan di Brasil ada teknik smoothing semi permanen dengan perawatan setiap tiga bulan sekali, dengan biaya Rp 2 juta hingga Rp 3 juta, tergantung tiap salon. Karena melibatkan bahan kimia yang kuat maka pasti akan menimbulkan risiko yang merusak rambut Anda.

Proses Pelurusan Memakan Waktu 2-3 Jam

Menurut Natalija O’Toole, seorang stylist di New York City, langkah pertama penata rambut akan mencuci rambut Anda. Lalu mereka menerapkan bahan kimia yang banyak berkali-kali agar hasilnya sempurna. Setelahnya, rambut akan dikeringkan dan dicatok hingga lurus, halus, dan mengkilap.

Tidak Boleh Keramas

Usai melakukan pelurusan rambut, Anda tak boleh mencuci rambut atau keramas paling tidak selama 12 jam. Namun untuk hal ini tergantung dari rekomendasi masing-masing salon.

Bahan Kimia yang Menyeramkan

Perawatan smoothing mengandung kadar tinggi dan bahan-bahan beracun. Ada zat bernama formaldehid yang sering digunakan untuk bahan pengawet mayat. Selain itu, bahan ini juga dapat memicu kanker pada manusia, untuk itulah formaldehid sudah dilarang di Kanada, Perancis, dan Irlandia.

Perawatan di Salon

Bahkan perawatan di salon-salon terbaik yang dijamin keamanannya pun belum tentu 100% bebas risiko.

Ilustrasi: perawatan di salon

Ilustrasi: perawatan di salon

Jangan Luruskan Rambut Saat Hamil

Paparan formaldehid dapat mempengaruhi kesuburan dan paling buruk bisa menyebabkan keguguran, menurut Centers for Disease (CDC).

Jangan Tergiur

Jika penata rambut memberi iming-iming untuk membuat rambut menjadi lebih menakjubkan setelah pelurusan, jangan terlena. Smoothing atau rebonding hanya akan Anda nikmati keindahannya selama paling tidak 4 bulan.

Bahan Alami Agar Rambut Cepat Panjang dan Lurus

Nah, untuk menghindari efek buruk dari smoothing dan rebonding tersebut, ada metode pengobatan alami buatan sendiri yang akan membantu meluruskan dan memperpanjang rambut Anda. Perawatan dengan bahan alami ini menjanjikan hasil yang sangat memukau, bahkan jika rambut Anda keriting dan sulit diatur sekalipun.

Menggunakan Masker Rambut

Salah satu cara cepat memanjangkan rambut adalah dengan menggunakan masker rambut. Menggunakan masker rambut juga adalah cara yang bagus untuk menjaga agar rambut Anda terlihat indah, yang tidak hanya akan membantu agar rambut Anda bisa tumbuh lebih cepat, tapi juga akan membuat rambut terlihat lebih bersinar, lebih sehat dan lebih indah.

Berikut cara cepat memanjangkan rambut dengan masker rambut:

  • Dalam mangkuk kecil, masukkan sebuah kuning telur, satu sendok makan madu, satu sendok makan minyak zaitun extra virgin (atau minyak linen) dan satu sendok makan Vodka (atau Cognac).
  • Campur semua bahan ini sampai rata dan menjadi pasta.
  • Oleskan pasta ini pada kulit rambut Anda dan dan pijat-pijit.
  • Tutupi kepala Anda dan dengan handuk atau shower cap.
  • Tunggu sekitar tiga puluh menit.
  • Keramasi rambut Anda.
Ilustrasi: penggunaan masker rambut (sumber: denmanbrushus.com)

Ilustrasi: penggunaan masker rambut (sumber: denmanbrushus.com)

Lakukan perawatan masker rambut ini secara teratur, seminggu sekali atau dua minggu sekali, selama satu atau dua bulan.

Mengonsumsi Protein

Sebagai cara cepat memanjangkan rambut, Anda tak selalu butuh nutrisi dari luar. Anda ternyata juga perlu memperhatikan apa yang Anda makan jika ingin memiliki rambut yang tebal dan indah.

Tahukah Anda bahwa makanan bisa membuat perbedaan yang besar untuk mempercepat pertumbuhan rambut Anda? Sebagai cara cepat memanjangkan rambut, pastikan untuk mengonsumsi telur, kacang-kacangan, ikan, ayam, serta daging merah ke dalam menu diet seimbang Anda.

Menyisir Rambut Anda Setiap Hari Selama 1 atau 2 Menit

Salah satu cara cepat memanjangkan rambut adalah dengan menyisir rambut. Pastikan untuk menyisir kepala Anda dengan lembut, jangan terlalu keras. Dengan menyisir rambut Anda perlahan-lahan sebanyak dua kali sehari, setidaknya selama dua menit akan merangsang sirkulasi darah di kulit kepala Anda dan akan membuat penyebaran minyak alami merata di atas kulit kepala Anda.

Sirkulasi darah yang sehat sangat penting bagi folikel rambut untuk bekerja secara efisien dan menumbuhkan rambut sehat yang baru. Namun jangan sekali-kali menyikat rambut pada saat basah, karena akan menyebabkan kerusakan pada rambut.

Gunakan sisir dengan gigi yang lebar atau gunakan sisir khusus dengan ujung yang bulat, halus dan tidak terasa sakit di kulit kepala. Lakukanlah setiap pagi dan malam untuk merangsang sirkulasi di kulit kepala Anda.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: