Bagaimana Cara Menghilangkan Skin Tag?

Ilustrasi: kulit wanitaIlustrasi: kulit wanita

Banyak orang di usia menjelang paruh baya menemukan sejenis kutil di bagian tubuhnya. Meskipun tidak menimbulkan rasa nyeri, kutil yang biasa dikenal dengan istilah skin tag tersebut membuat sebagian besar orang tidak percaya diri. Lalu, bagaimana cara menghilangkan skin tag?

Ciri dan Gejala Skin Tag

Sebelum membahas mengenai metode menghilangkan atau menyembuhkan skin tag, Anda juga perlu memahami apa itu skin tag dan gejalanya. Di bidang medis, skin tag memiliki banyak nama, di antaranya soft fibromas, acrochordons, fibrolipoma, dan fibroepithelial polyps.

Skin tag yang berbentuk seperti kutil berukuran kecil merupakan salah satu jenis tumor jinak yang ditandai oleh akantosis dan papiloma tosis epidermis. Selain itu, skin tag juga ditandai dengan adanya gejala jaringan ikat longgar, serabut kolagen yang tampak, dan pelebaran pembuluh darah kapiler pada dermis.

Skin tag dapat pula ditandai dengan adanya lesi yang menonjol atau bertangkai di atas permukaan kulit. Skin tag bisa muncul di seluruh area tubuh dan paling sering berada di area lipatan karena sering mengalami gesekan, misalnya leher, ketiak, dan paha. Umumnya, pasien skin tag ingin menghilangkan tumor tersebut karena alasan estetika dan terjadinya inflamasi akibat gesekan dengan pakaian.

Baca juga:  Dianggap Cocok untuk Kulit Kuning Langsat, Wardah Exclusive Two Way Cake Sheer Pink Mendapat Review Positif dari Konsumen
Skin tag (sumber: tantasalute.it)

Skin tag (sumber: tantasalute.it)

Lesi skin tag sering ditemukan pada populasi dewasa di atas usia 40 tahun dan meningkat pada usia lebih lanjut. Meskipun begitu, pada orang dengan usia 50 tahun yang mengidap skin tag, jumlah dan ukuran skin tagnya tidak mengalami perkembangan alias berhenti. Ini karena umur 50 tahun merupakan turning point terjadinya pertumbuhan skin tag.

Hingga saat ini, banyak teori yang menjelaskan patogenesis atau penyebab munculnya skin tag. Beberapa di antaranya adalah iritasi akibat garukan/gesekan, infeksi HPV, gangguan metabolisme glukosa, hiperinsulinemia, obesitas, riwayat genetika, kehamilan, proses penuaan, dan masih banyak lagi.

Dari sekian banyak penyebab skin tag, kasus yang paling banyak ditemukan adalah skin tag diakibatkan oleh ketidakseimbangan hormon. Kadar hormon androgen dan estrogen, serta peran reseptor a dan b, diduga berhubungan dengan munculnya skin tag. Ini karena kulit merupakan organ target hormon non-reproduktif terbesar dari estrogen dan androgen.[1]

Dilansir dari allure, skin tag merupakan legiun kulit jinak tidak berbahaya, sedangkan yang berbahaya adalah penyebab skin tag itu sendiri. Apalagi jika penyebab skin tag berasal dari penyakit yang mematikan. Meskipun terbilang tidak berbahaya, banyak orang ingin menghilangkannya.

Baca juga:  Makanan dan Suplemen yang Mengandung Omega 3, Ibu Hamil Wajib Tahu!

Menghilangkan skin tag tidak hanya bertujuan untuk estetika, tetapi juga untuk mencegah kemungkinan inflamasi yang dapat timbul dan mencegah formasi di masa mendatang. Untuk menghilangkan skin tag dengan cara yang aman, Anda bisa melakukan beberapa hal berikut.

Cara Menghilangkan Skin Tag

Operasi menghilangkan skin tag (sumber: drshaanramkisson.co.za)

Operasi menghilangkan skin tag (sumber: drshaanramkisson.co.za)

  • Bagi Anda yang memiliki skin tag berukuran kecil, Anda bisa menghilangkannya dengan cara menyemprotkan hidrogen ir dari kaleng dengan suhu -320 derajat Fahrenheit. Prosedur ini tentu harus dilakukan oleh ahli medis, seperti dokter atau dermatologis. Cara ini dilakukan secara bertahap selama beberapa hari. Ini akan membuat kutil lepas dengan sendirinya.
  • Bedah kecil. Jika skin tag memiliki tekstur yang tebal dengan ukuran agak besar, biasanya dokter akan menyarankan operasi kecil dengan prosedur injeksi lidokain. Cara ini akan membuat kulit Anda mati rasa sesaat, setelah itu dokter akan memotongnya dengan gunting bedah yang sudah disterilkan.
  • Bedah elektrik. Bagi Anda yang menginginkan hasil maksimal untuk menghilangkan sekaligus mencegah munculnya skin tag, bisa mencoba bedah elektrik. Bedah elektrik dilakukan dengan menyuntik skin tag agar mati rasa dan memanaskannya dengan aliran listrik.
  • Cara ini hampir sama dengan prosedur bedah kecil, bedanya tidak memerlukan injeksi untuk mematikan rasa pada kulit. Skin tag atau kutil akan diikat menggunakan benang khusus dan dipotong. Cara ini bertujuan untuk menghilangkan aliran pembuluh darah pada skin tag, sehingga kutil dapat dihilangkan tanpa menimbulkan bekas atau benjolan.
Baca juga:  Oriahnn, Obat Baru Atasi Menstruasi Berlebihan Akibat Fibroid

Itulah beberapa cara yang dapat dicoba menghilangkan skin tag secara medis. Anda hanya bisa melakukan metode tersebut dengan bantuan ahli medis dan hindari melakukannya sendiri di rumah. Selain menggunakan cara medis, Anda juga bisa menghilangkan skin tag secara tradisional. Dilansir dari nakita.grid, Anda bisa menghilangkan skin tag menggunakan bahan alami, antara lain nanas, bawang merah, kulit pisang, cuka apel, minyak jarak, dan tea tree oil.

[1] Nurhayati, Raja. 2018. Analisis Kadar Leptin Serum pada Pasien Skin Tag (Thesis). Program Magister Kedokteran Klinik Departemen Ilmu Kesehatan Kulit dan Kelamin Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara Medan.

 

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: