Bagaimana Cara Kerja Diet Sesuai Golongan Darah?

diet, sesuai, golongan, darah, rekomendasi, makanan, olahraga, jenis, kondisi, tertentu, pemeriksaan, ahli, gizi, daging, merah, golf, yoga, penelitian, kesehatan, berat, badan, ideal, tepat Lingkar pinggang sebagai indikator kegemukan

Pernahkah Anda mendengar tentang golongan ? Mungkin beberapa dari Anda belum pernah mendengarnya. Untuk lebih mengetahuinya, Anda bisa membaca uraian di bawah ini.

Apa Itu Diet Golongan Darah?

Pada tahun 1996, Peter D’Adamo, seorang dokter naturopati, menerbitkan sebuah buku yang menggambarkan bagaimana orang bisa menjadi lebih , hidup lebih lama, dan mencapai ideal dengan sesuai dengan golongan darah. Pilihan bumbu, rempah-rempah, dan bahkan seseorang bergantung pada golongan darah masing-masing. Buku itu menjadi buku terlaris sehingga membuat orang merevisi daftar belanjaan, mengubah cara , berolahraga, dan lebih memikirkan .

Rekomendasi Sesuai Golongan Darah

Golongan Darah O

Orang dengan golongan darah O harus memilih makanan berprotein tinggi dan makan banyak daging, sayuran, ikan, dan buah. Tetapi membatasi biji-bijian, kacang-kacangan, dan kacang polong. Untuk menurunkan berat badan, makanan laut, rumput laut, daging merah, brokoli, bayam, dan minyak zaitun adalah yang terbaik. Sementara gandum, jagung, dan susu harus dihindari.

Golongan Darah A

Mereka yang memiliki golongan darah A harus memilih buah, sayuran, tahu, makanan laut, kalkun, dan gandum utuh, tetapi sebaiknya hindari daging. Untuk menurunkan berat badan, makanan laut, sayuran, nanas, minyak zaitun, dan kedelai adalah yang terbaik. Sementara, susu, gandum, jagung, dan kacang merah harus dihindari.

diet, sesuai, golongan, darah, rekomendasi, makanan, olahraga, jenis, kondisi, tertentu, pemeriksaan, ahli, gizi, daging, merah, golf, yoga, penelitian, kesehatan, berat, badan, ideal, tepat

Ilustrasi: makanan sehat penunjang diet

Golongan Darah B

Mereka yang memiliki darah tipe B harus memilih makanan yang beragam termasuk daging, buah, susu, makanan laut, dan biji-bijian. Untuk menurunkan berat badan, tipe B individu harus memilih sayuran hijau, telur, hati, dan teh licorice tetapi hindari ayam, jagung, kacang tanah, dan gandum.

Golongan Darah AB

Mereka yang memiliki golongan darah AB harus makan susu, tahu, domba, ikan, biji-bijian, buah, dan sayuran. Untuk menurunkan berat badan, tahu, makanan laut, sayuran hijau, dan rumput laut adalah yang terbaik tetapi ayam, jagung, soba, dan kacang merah harus dihindari.

Rekomendasi Olahraga Sesuai Golongan Darah

Tidak sekadar membatasi asupan makanan, diet golongan darah ini juga menyarankan mengenai bagaimana seharusnya seseorang berolahraga. Berikut rekomendasinya.

  • Olahraga yang membutuhkan ketahanan, seperti berlari, disebut sebagai pilihan tepat untuk golongan darah O.
  • Sebaliknya, golongan darah A disarankan memilih olahraga yang menenangkan, seperti golf atau yoga.
  • Sementara itu, golongan darah B disarankan untuk berolahraga dengan intensitas sedang, seperti berjalan, mendaki, dan tenis.
  • Golongan darah AB merupakan paduan dari olahraga menenangkan sekaligus pada intensitas menengah.

Kenyataannya, sebagaimana aturan pola makan, aturan olahraga berdasarkan golongan darah ini belum memperoleh dukungan bukti ilmiah dalam dunia kedokteran.

diet, sesuai, golongan, darah, rekomendasi, makanan, olahraga, jenis, kondisi, tertentu, pemeriksaan, ahli, gizi, daging, merah, golf, yoga, penelitian, kesehatan, berat, badan, ideal, tepat

Ilustrasi: olahraga untuk menurunkan berat badan

Seberapa Berhasilkah Diet Sesuai Golongan Darah?

Ada sebuah penelitian tentang diet golongan darah yang belum dipublikasikan dalam literatur medis. Bahkan kini, pencarian dalam literatur medis untuk nama penulis tidak mengungkapkan penelitian yang berkaitan dengan diet ini.

Penelitian yang diterbitkan pada tahun 2013 dan 2014 tentang diet golongan darah patut dicatat. Penelitian di tahun 2013 tidak menemukan penelitian yang menunjukkan manfaat dari diet golongan darah. Lalu, penelitian di tahun 2014 menemukan bahwa beberapa orang mengikuti salah satu jenis diet golongan darah dan mengalami perbaikan di faktor risiko kardiometabolik tertentu (seperti atau tekanan darah). Namun ternyata, perbaikan-perbaikan itu tidak terkait dengan golongan darah.

Teori di balik diet ini adalah bahwa golongan darah terkait erat dengan kemampuan seseorang untuk mencerna jenis makanan tertentu, sehingga diet yang tepat akan memperbaiki pencernaan, membantu menjaga berat badan ideal, meningkatkan energi, dan mencegah penyakit, termasuk kanker dan penyakit kardiovaskular.

Tipe O dikatakan sebagai tipe darah leluhur karena dianggap sebagai golongan darah paling awal dengan diet yang tinggi protein hewani. Grup golongan A dikatakan berada di masa berkembang ketika manusia mulai bertani dan dinilai lebih cocok untuk melakukan diet vegetarian. Golongan darah Grup B dikatakan muncul di antara suku nomaden yang mengonsumsi banyak produk susu. Dan karena golongan darah telah berevolusi dari pembauran orang dengan golongan darah A dan B, tipe AB adalah perantara antara mereka untuk orang dengan tipe A dan B.

Masing-masing teori ini telah ditantang. Misalnya, ada bukti bahwa tipe A sebenarnya adalah golongan darah pertama manusia, bukan tipe O. Selain itu, tidak ada hubungan yang terbukti antara golongan darah dan pencernaan. Jadi, masih perlu pembuktian lebih lanjut.

Ilustrasi: diet menurut golongan darah

Apakah Ada Sisi Buruk Dari Diet Golongan Darah?

Ini adalah pertanyaan yang adil, terutama karena beberapa perbaikan terlihat pada orang yang mengadopsi diet golongan darah tertentu. Makan berdasarkan golongan darah mewajibkan Anda untuk mengetahui golongan darah, kemudian mengikuti diet ketat. Preferensi pribadi mungkin menjadi masalah, seperti seorang vegetarian dengan golongan darah O mungkin berjuang untuk tetap menjalani diet yang disarankan, dan orang-orang penyuka daging merah mungkin kecewa mengetahui bahwa mereka memiliki golongan darah A.

Suplemen yang disarankan untuk dikonsumsi juga biasanya tidak murah, atau makanan yang direkomendasikan bukanlah makanan organik. Jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu, seperti kolesterol tinggi atau diabetes, ahli gizi dapat membuat rekomendasi berbasis pemeriksaan kesehatan daripada yang ditentukan oleh golongan darah.

Diet golongan darah dengan pembatasan jenis makanan yang terlalu ketat berisiko membuat seseorang bisa mengalami kondisi akibat kekurangan nutrisi. Misalnya, osteoporosis karena kekurangan kalsium, anemia karena kekurangan zat besi, dan berbagai defisiensi vitamin.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: