Area Genital dan Selangkangan Menghitam, Normalkah?

Area, genital, miss v, kemaluan, wanita, alat, vital, selangkangan, menghitam, hitam, gelap, warna, memutihkan, cara, alami, gatal, nyeri, cairan, kelamin, bau, percaya diri, dokter, kulit, pakar, spesialis, aman, metode, peeling, laser, mencegah, faktor, mencukur, bulu, kemaluan, iritasi, kosmetik, pemutih, jeruk nipis, mentimun, lemon, kulit jeruk, kunyit, infeksi, jamurCemas akibat area vagina menghitam

Warna vagina atau daerah sekitar area genital yang hitam gelap kerap membuat wanita merasa kurang percaya diri, terutama saat sedang berhubungan intim dengan suami. Meski bagian kulit lainnya terlihat bersih dan cerah, tidak jarang warna miss v hitam kontras dengan bagian lainnya.

Vagina yang menghitam, atau warna gelap di area selangkangan disebabkan oleh beberapa faktor, di antaranya faktor intrinsik dan ekstrinsik. Faktor intrinsik adalah menghitamnya daerah sekitar vagina disebabkan karena kandungan pigmen kulit yang lebih banyak ketimbang area tubuh lainnya. Sama seperti kantong testis pada pria, bibir vagina masih terlihat normal meski tampak lebih gelap. Bibir vagina yang menghitam dipengaruhi oleh pigmentasi dan banyaknya pembuluh darah di sekitar daerah tersebut. Hal tersebut biasa terjadi dan normal.

Sementara faktor ekstrinsiknya adalah berubahnya warna area sekitar vagina menjadi lebih gelap akibat gesekan pada daerah tersebut. Gesekan pada organ intim bisa disebabkan pakaian dalam yang terlalu ketat atau akibat efek samping garukan. Selain dua kategori di atas, ada beberapa kondisi yang menyebabkan warna vagina menghitam, termasuk:

  • Penuaan dapat menyebabkan warna vagina menghitam
  • Keturunan
  • Produksi melatonin yang berlebih di dalam tubuh
  • Ketidakseimbangan hormon
  • Penggunaan bedak talek (talc) rutin di area labia minora
  • Infeksi
  • Sering mencukur bulu kemaluan
  • Malnutrisi atau kekurangan vitamin
  • Obesitas
  • Penggunaan jenis sabun, krim, dan produk lainnya
  • Menggunakan pakaian ketat yang terbuat dari bahan sintetis
  • Warna miss v hitam bisa juga disebabkan jamur, kondisi organ intim yang lembab dan kurang terjaga kebersihannya. Vagina memiliki sifat asam sehingga perlu dikontrol tingkat keasaman pada labia minora dan daerah vulva.

Tindakan estetik yang kurang tepat juga bisa menyebabkan munculnya masalah bibir vagina hitam misalnya penggunaan lulur atau scrub, serta gesekan alat cukur. Untuk mengatasi warna gelap di daerah sensitif tersebut perlu diketahui apa penyebabnya terlebih dahulu. Jika warna gelap disebabkan faktor intrinsik maka tentu saja tidak bisa dihilangkan, namun bisa dikurangi tingkat kegelapannya.

Cara sederhana untuk mencegah warna miss v hitam akibat faktor ekstrinsik adalah dengan menghindari penggunaan pakaian terlalu ketat, usahakan memakai pakaian yang berbahan halus dan lembut, dan jangan menggaruknya.

Untuk penggunaan kosmetik pemutih sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter apabila Anda ingin mencegah memperparah bibir vagina hitam. Gunakan kosmetik perawatan yang mengandung zat eksfoliatif seperti alfa hidroksi acid (asam buah-buahan) dengan konsentrasi ringan, dan whitening agent (konsultasikan pada dokter Anda) karena kosmetik seperti ini bila tidak tepat, memiliki efek samping iritatif yang dapat memicu hiperpigmentasi sehingga warna miss v hitam semakin kontras (post inflamatory hiperpigmentation). Selain itu, batasi mencukur rambut kemaluan dengan alat cukur yang bisa menimbulkan gesekan pada daerah tersebut.

Cara Memutihkan Area Genital (Selangkangan) Secara Alami

Area, genital, miss v, kemaluan, wanita, alat, vital, selangkangan, menghitam, hitam, gelap, warna, memutihkan, cara, alami, gatal, nyeri, cairan, kelamin, bau, percaya diri, dokter, kulit, pakar, spesialis, aman, metode, peeling, laser, mencegah, faktor, mencukur, bulu, kemaluan, iritasi, kosmetik, pemutih, jeruk nipis, mentimun, lemon, kulit jeruk, kunyit, infeksi, jamur

Bebas dari area vagina menghitam

Area selangkangan yang menghitam mungkin membuat Anda kehilangan kepercayaan diri, terutama ketika sedang berhadapan dengan suami. Namun Anda tidak perlu resah karena ada beberapa cara memutihkan selangkangan yang mudah dipraktikkan di rumah. Menghitamnya kulit di sekitar organ intim pada sebagian besar kasus merupakan hal yang normal. Ada beberapa cara alami yang bisa Anda lakukan untuk memutihkan area selangkangan, seperti:

Jeruk nipis atau lemon

Baca juga:  Penyebab Rambut Rontok Tidak Biasa pada Wanita dan Cara Mengatasinya

Kedua jenis jeruk ini kaya akan vitamin C yang dikenal dapat membantu memutihkan kulit. Anda bisa memotong jeruk nipis atau lemon menjadi beberapa bagian, lalu gosok secara lembut pada bagian selangkangan.

Bubuk kunyit

Bumbu dapur ini mungkin bisa mencerahkan area selangkangan Anda. Anda bisa mencampur bubuk kunyit dan perasan air jeruk nipis atau lemon. Campuran ini bisa dioleskan ke selangkangan dan diamkan selama 20-30 menit, kemudian bilas dengan air dan sabun.

Kulit jeruk

Setelah mengonsumsi jeruk, jangan buang kulitnya. Kulit jeruk bisa dimanfaatkan untuk membantu memutihkan area selangkangan. Cara memutihkan selangkangan dengan kulit jeruk adalah dengan mengeringkan kulit jeruk, lalu tumbuk hingga halus. Masukkan kulit jeruk ke mangkuk, lalu tambahkan perasan air jeruk lemon hingga mengental. Oleskan ke selangkangan dan diamkan selama 20 menit. Setelah itu bilas dengan air hangat sambil digosok perlahan-lahan.

Mentimun

Baca juga:  Waspada, Ini Efek Samping Vape untuk Kecantikan Kulit Wajah

Selain bisa dimanfaatkan untuk membantu memutihkan kulit, jus mentimun atau irisan mentimun dapat membantu mengurangi iritasi dan mengencangkan kulit selangkangan.

Sebenarnya khasiat dari bahan-bahan di atas dalam hal memutihkan selangkangan belum teruji sepenuhnya secara ilmiah, namun dengan perawatan yang rutin, bahan-bahan alami tersebut kemungkinan bisa membantu memudarkan warna hitam pada selangkangan dan menjadikannya terlihat lebih bersih. Hentikan cara memutihkan selangkangan secara alami di atas jika Anda mengalami iritasi pada area tersebut.

Cara Mencegah Selangkangan Menghitam

Area, genital, miss v, kemaluan, wanita, alat, vital, selangkangan, menghitam, hitam, gelap, warna, memutihkan, cara, alami, gatal, nyeri, cairan, kelamin, bau, percaya diri, dokter, kulit, pakar, spesialis, aman, metode, peeling, laser, mencegah, faktor, mencukur, bulu, kemaluan, iritasi, kosmetik, pemutih, jeruk nipis, mentimun, lemon, kulit jeruk, kunyit, infeksi, jamur

Memakai celana dalam longgar

Bagi Anda yang belum mengalami perubahan warna selangkangan atau jika Anda sedang menjalani perawatan memutihkan selangkangan, ada baiknya Anda menghindari hal-hal yang berpotensi membuat kulit pada area organ intim menggelap berikut ini.

  • Hindari memakai celana yang terlalu ketat. Lebih baik gunakan celana dalam yang longgar dan terbuat dari bahan serat alami, seperti katun.
  • Hindari mencukur bulu kemaluan dengan pisau cukur dan krim perontok rambut. Jika Anda terganggu dengan bulu tersebut, lebih baik dipotong memakai gunting. Waxing juga dapat menjadi alternatif apabila Anda dapat menjaga kebersihan kulit setelah waxing agar tidak terkena infeksi.
  • Hindari pemakaian bedak tabur pada daerah kewanitaan.
  • Jika Anda obesitas, disarankan untuk menurunkan berat badan dengan cara menjalani diet dan olahraga. Jangan lupa konsumsi air putih yang cukup setiap hari agar kulit tidak kering.

Tidak ada yang perlu Anda khawatirkan apabila area genital dan selangkangan Anda menghitam, selama tidak merasakan gatal, nyeri, keluar cairan dari alat kelamin, dan bau busuk pada area tersebut. Jika Anda merasa sangat tidak percaya diri dan kurang puas dengan metode pemutihan secara alami, kunjungi dokter kulit. Kemungkinan dokter akan memberikan resep krim pemutih khusus atau merekomendasikan cara memutihkan selangkangan dengan metode peeling atau laser.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: