Apakah Yu Chun Mei Berbahaya dan Terdaftar BPOM?

Ilustrasi: aplikasi krim perawatan kulit (sumber: boutiqaat.com)Ilustrasi: aplikasi krim perawatan kulit (sumber: boutiqaat.com)

Yu Chun Mei merupakan salah satu merek skincare yang sedang laris di pasaran. Kebanyakan pembelinya berasal dari kalangan remaja dan wanita dewasa. Meskipun dibilang memiliki banyak manfaat untuk kulit, apakah skincare tersebut sudah terdaftar BPOM? Jika belum, sebaiknya Anda patut waspada karena bisa jadi skincare ini berbahaya dan memiliki efek samping yang buruk untuk kulit.

Produk Yu Chun Mei yang Terdaftar di BPOM

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai Yu Chun Mei, Anda perlu mengetahui bahwa skincare atau produk kosmetika yang tidak mengantongi izin BPOM biasanya mengandung beberapa bahan yang berbahaya untuk kulit dalam pemakaian jangka panjang.[1] Hal ini dapat memberikan efek negatif bagi kulit dan tubuh.

Untuk mengetahui apakah Yu Chun Mei sudah mengantongi sertifikat BPOM atau belum, Anda bisa langsung mengunjungi website resmi Badan Pengawas Obat dan Makanan. Pilih laman cek BPOM produk, Anda akan menemukan formulir pengecekan di bagian atas laman. Isikan nama merek produk (Yu Chun Mei) dan pilih kategori produk.

Setelah itu, klik menu ‘Cari” di bagian pinggir formulir dan Anda akan mendapatkan hasilnya. Berdasarkan pengecekan yang telah dilakukan oleh penulis pada tahun 2020, produk dengan merek Yu CHun Mei sudah terdaftar BPOM. Menurut hasil yang telah didapatkan, produk Yu Chun Mei BPOM diproduksi oleh PT Cressindo Kusuma yang berlokasi di Kota Jakarta.

Baca juga:  Tips Untuk Memutihkan Wajah Secara Rutin Dengan Bahan Alami

Produk paket skincare dari Yu Chun Mei yang sudah memiliki izin beredar dari BPOM, yaitu Pure Gold 24K Serum – Perfect Bright, Lightening Day Cream, Lightening Night Cream, Brightening Cleanser, dan Serum Whitening Essence. Setiap produk tentu memiliki manfaat yang berbeda-beda di kulit. Meskipun sudah terdaftar di BPOM, apakah produk-produk dari Yu Chun Mei aman?

Varian Produk Yu Chun Mei

Aneka varian produk Yu Chun Mei (sumber: medium.com)

Aneka varian produk Yu Chun Mei (sumber: medium.com)

  • Pure Gold 24K Serum – Perfect Bright. Produk ini merupakan serum dari Yu Chun Mei yang dilengkapi dengan partikel emas, vitamin C, vitamin E, dan A-HA. Serum ini terbilang aman bagi Anda yang tidak memiliki alergi terhadap komposisi produk, terutama kandungan vitamin C. Selain itu, serum juga memiliki manfaat untuk memutihkan, mencerahkan, menghaluskan, melembapkan, memperbaiki jaringan, menghilangkan flek, menghilangkan noda bekas jerawat, dan menyegarkan kulit wajah.
  • Lightening Day Cream. Produk tersebut merupakan cream siang dari Yu Chun Mei yang mengandung UV filter, vitamin E, ekstrak cordyceps, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B12, vitamin K, dan asam lemak. Produk ini konon aman untuk Anda yang tidak memiliki kulit sensitif atau memiliki alergi terhadap ekstrak cordyceps. Selain itu, menurut review konsumen, produk ini dapat melindungi kulit dari sinar UV, menghaluskan, melembutkan, dan mencerahkan kulit wajah.
  • Lightening Night Cream. Untuk perawatan malam, Anda bisa memakai krim malam ini. Night cream dari Yu Chun Mei memiliki komposisi vitamin E, antioksidan, dan ekstrak cordyceps. Berdasarkan review konsumen, krim ini aman bagi Anda yang memiliki kondisi kulit normal dan kering. Selain itu, cream tersebut bermanfaat untuk mencerahkan, melembutkan, menghilangkan jerawat, menghilangkan noda atau flek, dan mengencangkan kulit wajah.
  • Brightening Cleanser. Produk pembersih wajah ini memiliki formula lembut yang mengandung lightening, vitamin E, dan glutation. Produk tersebut terbilang aman dipakai oleh Anda yang memiliki kondisi kulit normal atau kombinasi. Selain itu, produk tersebut juga mengandung ekstrak cordyceps yang konon bermanfaat untuk membersihkan kulit hingga ke pori-pori, menghilangkan bekas jerawat, dan menyegarkan kulit.
  • Serum Whitening Essence. Selain menawarkan serum dengan tambahan bulir-bulir emas, Yu Chun Mei juga menawarkan serum herbal. Produk tersebut memiliki komposisi berupa pure and natural herbal extract, hyaluronic acid, liquorice horse chestnut flower essence, dan alga essence. Serum ini terbilang aman dipakai oleh Anda yang memiliki kondisi kulit normal. Selain itu, serum tersebut juga memiliki khasiat untuk mencerahkan dan memutihkan kulit.
Baca juga:  Bahaya Kandungan Zat Kimia Pada Produk & Tips Menghindarinya

Itulah produk dari Yu Chun Mei yang terdaftar di BPOM. Karena sudah mengantongi sertifikat dari BPOM dan dikabarkan tidak mengandung bahan-bahan kimia berbahaya, maka setiap produk di atas terbilang aman. Namun, hasil pemakaian produk skincare Yu Chun Mei tentu akan berbeda pada tiap orang, tergantung dari kondisi kulit masing-masing.

[1] Sukristiani, Dwi. 2014. Pengetahuan tentang Kosmetika Perawatan Kulit Wajah dan Riasan pada Mahasiswi Jurusan Kesejahteraan Keluarga Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang (Skripsi). Program Studi Pendidikan Tata Rias dan Kecantikan Jurusan Kesejahteraan Keluarga Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: