Apakah Tanda Kehamilan Setelah Telat Haid 1 Hari?

Tanda, kehamilan, setelah, haid, telat, 1, hari, terlambat, menstruasi, hamil, test pack, negatif, positif, minggu, awal, mungkin, dikatakan, Ilustrasi: kehamilan

Siklus menstruasi yang datang terlambat memang merupakan suatu tanda awal kehamilan yang paling sering disadari oleh seorang wanita. Namun selain kehamilan, telat menstruasi juga bisa disebabkan oleh beberapa faktor lain. Mengenali keterlembatan datang bulan ini, membuat wanita yang tak jarang bertanya-tanya apakah setelah telat haid 1 hari, merupakan suatu tanda kehamilan?

Siklus menstruasi dikatakan normal jika berada pada rentang 21-35 hari dengan lama sekitar 3-7 hari. Siklus haid yang di bawah maupun lebih dari 35 hari, dapat dikatakan siklus yang tidak teratur. Namun jika siklus Anda masih berada di rentang tersebut, maka tentunya masih dapat dikatakan siklus yang teratur. Adanya kemajuan dan kemunduran jika berada pada rentang tersebut, merupakan hal yang normal dan merupakan suatu variasi saja.

Dr Devika Y dari Alodokter mengatakan bahwa siklus menstruasi yang terlambat tidak hanya menjadi faktor penentu kehamilan, tapi juga bisa disebabkan karena hal lain, seperti menopause, stres, kelelahan, sindroma ovarium polikistik, gangguan hormonal, penyakit kronis, penyakit tiroid, obesitas, penurunan berat badan secara drastis, penggunaan obat tertentu, penggunaan alat kontrasepsi, dan lain-lain.

Biasanya, sindrom pre-menstruasi atau PMS dan tanda awal kehamilan memiliki kemiripan. Hal ini akan bertambah sulit dibedakan bagi mereka yang sedang berharap untuk hamil.
Nah, meski perbedaan gejala dapat bervariasi pada setiap perempuan, tentu Anda wajib tahu bagaimana cara membedakan gejala haid yang terlambat dan tanda awal kalau sudah positif hamil.

Haid yang datang terlambat disebabkan karena terjadinya pembuahan sel telur oleh sperma di dalam rahim, sehingga hal ini menyebabkan kadar hormon estrogen tetap dipertahankan pada level yang tinggi agar penebalan dinding rahim terjadi untuk mempersiapkan proses implantasi/penempelan hasil pembuahan pada dinding rahim dan mencegah dinding rahim tersebut meluruh, sehingga menstruasi tidak akan terjadi.

Tanda, kehamilan, setelah, haid, telat, 1, hari, terlambat, menstruasi, hamil, test pack, negatif, positif, minggu, awal, mungkin, dikatakan,

Ilustrasi: menstruasi (beautyhealthtips.com)

Tidak ada ketetapan berapa lama haid terlambat maka seseorang dapat dikatakan hamil, karena apabila kehamilan benar terjadi, maka haid tidak akan terjadi selama 9 bulan kehamilan tersebut. Melainkan untuk membantu memastikan kehamilan pada tahap awal, biasanya digunakan test pack. Test pack dapat membantu mendeteksi adanya kehamilan dengan cara memeriksa adakah hormon hCG (hormon kehamilan) pada urine seseorang. Biasanya testpack ini digunakan setelah seseorang mengalami haid yang terlambat sekitar 1-2 minggu.

Beberapa jenis test pack yang ada di pasaran memang bisa digunakan di hari pertama Anda terlambat menstruasi. Bahkan, beberapa merek menawarkan keakuratan tinggi, sehingga Anda bisa memakai test pack selang beberapa hari setelah berhubungan seks. Tapi akan lebih akurat hasilnya jika Anda memakai test pack seminggu setelah terlambat haid. Karena, lama pembentukan zigot pada tiap calon ibu bisa berbeda-beda dan tak ada yang tahu persisnya. Ada yang cepat, tapi ada yang baru terbentuk setelah beberapa hari terlambat haid.

Pada sebagian perempuan, pengetesan yang terlalu cepat kemungkinan besar menunjukkan hasil negatif palsu. Artinya, meski hasil tes kehamilan negatif, sebenarnya mungkin saja Anda hamil (pembuahan sudah berhasil, tapi plasenta belum terbentuk). Alhasil, belum ada hormon hCG yang dilepaskan ke darah dan urine.

Yang perlu diketahui adalah di minggu-minggu awal kehamilan, hormon hCG dalam urine meningkat ganda setiap dua atau tiga hari. Jadi, alat tes kehamilan akan lebih peka mendeteksi hormon kehamilan apabila Anda menunggu hingga seminggu setelah terlambat haid. Setelah memakai test pack, Anda akan mendapati simbol atau perubahan warna tertentu yang menyatakan hasil tes positif atau negatif.

Untuk hasil tes positif ditunjukkan dengan dua garis, sementara hasil tes negatif ditunjukkan dengan satu garis. Bila Anda mendapati hasil positif, maka Anda harus menemui dokter untuk mengkonfirmasi kebenarannya dan melakukan perawatan dini kehamilan. Namun, bila hasilnya negatif, masih tetap ada kemungkinan Anda hamil. Jadi, lakukan pengetesan lagi selang seminggu kemudian.

Salah mengikuti petunjuk penggunaan alat tes kehamilan (test pack) juga bisa menyebabkan hasilnya negatif. Oleh karena itu, terlebih dahulu baca aturan penggunaan test pack dengan cermat. Bila hasil pengetesan ulang tetap negatif, tapi Anda belum juga menstruasi, maka segera temui dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Tanda, kehamilan, setelah, haid, telat, 1, hari, terlambat, menstruasi, hamil, test pack, negatif, positif, minggu, awal, mungkin, dikatakan,

Ilustrasi: hasil tes hamil positif (healthline.com)

Dilansir dari laman Alodokter, ada beberapa tanda kehamilan yang layak untuk dicermati, yakni:

  • Perubahan hormon pada awal kehamilan dapat membuat payudara terasa lebih padat, sensitif, dan lebih kencang. Puting terlihat lebih muncul (menonjol) dan berwarna lebih gelap dengan pembuluh darah yang lebih tampak pada permukaan kulit payudara.
  • Perubahan saat hamil juga menyebabkan kebanyakan wanita lebih sering ingin buang air kecil pada awal kehamilan, terutama pada malam hari. Pada tahap kehamilan selanjutnya, keinginan buang air kecil lebih disebabkan oleh pembesaran rahim yang menekan kantong kemih.
  • Merasa sangat lelah. Gejala ini dapat berlanjut terutama pada 3 bulan awal masa kehamilan. Kondisi ini umumnya disebabkan oleh meningkatnya kadar progesteron dan perubahan pada produksi darah, detak jantung, dan metabolisme tubuh. Atasi kondisi ini dengan mengkonsumsi makanan bernutrisi dan beristirahat cukup, serta hindari menangani kelelahan dengan mengonsumsi kafein yang dapat membahayakan janin.
  • Mual dan muntah. Umumnya, baru akan terasa pada usia kehamilan 6 minggu, namun juga bisa muncul lebih awal. Situasi ini lebih sering terjadi di pagi hari karena menumpuknya asam lambung selama Anda tidur (morning sickness).
  • Hilangnya nafsu makan.
  • Konstipasi. Perubahan hormon dapat menyebabkan kinerja sistem pencernaan melambat sehingga menimbulkan kondisi sembelit.
  • Suasana hati yang mudah berubah tanpa alasan yang jelas.
  • Pusing yang kerap dirasakan di awal usia kehamilan akibat turunnya tekanan darah dan menyempitnya pembuluh darah.
  • Terkadang kehamilan diawali dengan bercak-bercak darah yang keluar dari vagina.

Namun sayang, beberapa gejala di atas tidak selalu merujuk kepada kehamilan, tapi dapat menjadi tanda adanya penyakit. Beberapa wanita bahkan juga tidak merasakan satu pun gejala di atas sebelum hamil. Menggunakan alat tes kehamilan (test pack) yang dijual bebas di pasaran dapat menentukan kepastian kehamilan.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: