Apakah Ada Hubungannya Antara Diet Dengan Tingkat Kesuburan?

diet, tingkat, kesuburan, pria, wanita, tingkat, kehamilan, hamil, sehat, asam, folat, suplemen, vitamin, A, olahraga, nutrisi, asam, lemak, omega, 3, janin, obesitas, dokter, B12, ikan, daging, bebas, merkuri Ilustrasi: tes kehamilan positif (sumber: wakemedvoices.org)

Ada beberapa pendapat mengenai hubungan tingkat kesuburan dan yang menarik perhatian. Salah satu pernyataan penting adalah tentang apa yang perlu dan tidak perlu dikonsumsi. Lalu, juga ada pernyataan tentang yang sebaiknya dikonsumsi untuk bisa . Anda sedang merencanakan ? Sebaiknya makan dan mengesampingkan cara meningkatkan kesuburan.

Penelitian mengenai hubungan antara diet dengan tingkat kesuburan

Peneliti dari Harvard T.H. Chan School of Public Health and Harvard Medical School telah mempublikasikan hasil dari penelitian yang menguji dampak dari diet terhadap tingkat kesuburan.

Untuk yang sedang merencanakan kehamilan, vitamin dan yang memiliki dampak positif terhadap tingkat kesuburan yaitu folic acid, vitamin B12, omega 3, dan diet seperti diet Mediterania.

Di lain sisi, antioksidan, vitamin D, produk berbahan dasar susu, kedelai, kafein, dan alkohol memberi sedikit dampak atau tidak sama sekali terhadap kesuburan. Lemak dan makanan untuk diet yang tidak sehat seperti daging merah, kentang, makanan dan manis ternyata memiliki dampak negatif.

Penelitian yang melibatkan kaum mengungkapkan bahwa kualitas semen semakin meningkat dengan diet tidak sehat, sementara itu, hasil penelitian menunjukkan hal sebaliknya dengan diet tinggi lemak jenuh.

Alkohol dan kafein memengaruhi kesuburan, baik atau buruk. Kualitas semen bukanlah sebuah prediktor sempurna dari tingkat kesuburan, dan sebagian besar penelitian tidak benar-benar menguji dampak dari diet sebelum kehamilan pada tingkat keberhasilan kehamilan.

diet, tingkat, kesuburan, pria, wanita, tingkat, kehamilan, hamil, sehat, asam, folat, suplemen, vitamin, A, olahraga, nutrisi, asam, lemak, omega, 3, janin, obesitas, dokter, B12, ikan, daging, bebas, merkuri

Selain membuat tidak sadar, konsumsi alkohol berlebihan berpengaruh pada kesuburan

Bagi yang melakukan bantuan teknologi untuk kehamilan, wanita lebih mungkin mengonsumsi suplemen asam folat atau diet tinggi isoflavon (estrogen dengan antioksidan), di mana kesuburan pria mungkin dapat ditingkatkan dengan konsumsi makanan yang mengandung antioksidan.

Jadi, apa yang harus dilakukan ketika Anda sedang merencanakan kehamilan?

Rata-rata pasangan yang merencanakan kehamilan secara (tanpa bantuan teknologi), mungkin perlu memerhatikan hasil penelitian berikut. Makanan diet sehat adalah ide yang bagus, baik untuk pria dan wanita. Ekstra asam folat dan B12, dan asam lemak omega 3 mungkin akan berpengaruh untuk wanita, tetapi diet sehat dapat direkomendasikan juga untuk siapapun. Dan, vitamin yang dikonsumsi sebelum hamil (termasuk asam folat dan vitamin B12) juga direkomendasikan untuk wanita yang merencanakan kehamilan. Suplemen asam folat telah diketahui sejak lama berfungsi untuk menurunkan risiko masalah neurologi.

Pertanyaan yang mungkin belum ada jawabannya tentang diet dan kesuburan

Walaupun Anda mengetahui hasil penelitian merupakan sesuatu yang cukup penting untuk pilihan makanan atau teknik diet, tetap ada beberapa pertanyaan dasar yang mungkin belum ada jawaban pasti, seperti:

  • Berapa banyak porsi atau kandungan asam folat atau B12 yang seharusnya dikonsumsi? Apakah konsumsi suplemen lebih menguntungkan daripada pada makanan yang dikonsumsi saat diet?
  • Sumber makanan apa dan berapa banyak kandungan dari diet lemak omega 3 yang terbaik? Bagaimana seharusnya wanita menyeimbangkan risiko dari kontaminasi ikan yang mungkin mengandung racun seperti merkuri?
  • Apakah ada orang-orang yang perlu mendapatkan perhatian lebih dalam diet?
  • Bagaimana komponen yang baik dalam diet?

Peneliti telah berusaha mencari jawaban dari beberapa pertanyaan di atas, antara lain konsumsi dari minuman manis (terutama soda atau minuman berenergi) dinilai berhubungan dengan tingkat kesuburan rendah bagi pria dan wanita. Sementara itu, minum soda diet dan jus buah-buahan tidak memiliki efek negatif terhadap kesuburan. Kemudian, wanita dengan tingkat konsumsi makanan cepat saji yang tinggi dan kurang asupan buah-buahan akan berdampak terhadap waktu kehamilan lebih lama daripada mereka yang melakukan diet sehat.

diet, tingkat, kesuburan, pria, wanita, tingkat, kehamilan, hamil, sehat, asam, folat, suplemen, vitamin, A, olahraga, nutrisi, asam, lemak, omega, 3, janin, obesitas, dokter, B12, ikan, daging, bebas, merkuri

Aneka makanan laut/seafood, bagus untuk meningkatkan kesuburan

Untuk pasangan, mereka yang mengonsumsi lebih banyak seafood atau makanan laut akan lebih cepat mendapatkan momongan daripada pasangan yang jarang mengonsumsi seafood. Dan, bagi sebagian besar wanita hamil, disarankan untuk mengonsumsi seafood lebih sedikit daripada jumlah yang direkomendasikan, seperti 2 hingga 3 porsi ikan rendah merkuri (salmon, kerang, udang) per minggu.

Mungkin, masih banyak pertanyaan yang belum terjawab mengenai bagaimana diet yang baik dan pengaruhnya terhadap tingkat kesuburan. Oleh karena itu, diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mencari tahu jawabannya.

Sebagian besar dokter akan memberi saran kepada wanita usia subur atau yang berencana hamil untuk mengonsumsi vitamin prenatal (sebelum kehamilan) setiap hari. Atau, paling sedikit setidaknya vitamin dikonsumsi sebulan sebelum rencana kehamilan. Dosis asam folat yang lebih tinggi daripada biasanya direkomendasikan untuk wanita tertentu, tergantung obat dosis yang disarankan dan kondisi medis masing-masing orang.

Berikut ini ada beberapa rekomendasi untuk membantu memaksimalkan kemungkinan kehamilan yang sehat, yaitu:

  • Mencoba untuk menjaga berat badan yang sehat. Wanita obesitas dinilai memiliki risiko komplikasi penyakit lebih tinggi dan kemungkinan dua kali lipat lebih lama untuk bisa hamil. Begitu pula dengan wanita dengan berat badan kurang, dianggap membutuhkan waktu empat kali lebih lama untuk bisa hamil. Bagi Anda yang memiliki kelebihan berat badan atau obesitas, dianjurkan untuk bisa menjalankan pola makan sehat dan seimbang.
  • Hindari konsumsi vitamin dalam dosis berlebih. Mengonsumsi terlalu banyak vitamin A dapat berakibat buruk bagi janin yang sedang berkembang.
  • Rutin berolahraga sesuai dengan anjuran. Diet sehat dan olahraga merupakan dua hal persiapan penting sebelum masa kehamilan.
  • Mengunjungi dokter spesialis kandungan untuk meninjau apa yang dapat Anda lakukan untuk mengoptimalkan peluang keberhasilan kehamilan. Misalnya, obat-obatan tertentu berbahaya bagi janin yang sedang berkembang, dan obat yang harus dihentikan konsumsinya sebelum merencanakan kehamilan.

Selain tips di atas, jika Anda ingin melakukan diet, sebaiknya jangan bergantung kepada penelitian mengenai diet dan kesuburan untuk mencegah kehamilan. Diet yang tidak sehat dan menghindari vitamin tambahan atau asam lemak omega 3 bukan merupakan bentuk pengendalian kelahiran.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: