Apakah Ada Cream Penghilang Mata Panda di Apotek? Berapa Harganya?

Wanita bermata panda (sumber: pinnaclefigure.com)Wanita bermata panda (sumber: pinnaclefigure.com)

Anda mungkin sering mendengar istilah mata panda. Mata panda sendiri merupakan istilah yang digunakan untuk menggambarkan keadaan lingkaran hitam di bawah mata. Penyebabnya bisa bermacam-macam, mulai dari kurang tidur, kelelahan, pola hidup tidak teratur atau menatap layar komputer terlalu lama.

Penyebab Mata Panda

  • Alergi/dermatitis atopic.
  • Heredity atau faktor keturunan.
  • Pigmentasi atau penumpukan pigmen melanin pada daerah sekitar mata yang bisa disebabkan oleh paparan sinar matahari.
  • Nasal congestion atau penumpukan cairan pada daerah sekitar hidung dan rongga di bawah mata, sehingga menyebabkan mata terlihat lebih gelap dan sembab.
  • Aging skin yang disebabkan lapisan kolagen yang berkurang.

Bahkan, ada beberapa peneliti yang berpendapat bahwa mata panda atau lingkaran hitam di bawah mata merupakan gejala dari adanya penyakit anemia, hati, dan tanda dehidrasi. Dokter mata dari klinik mata Moolchand mencoba menjabarkan hubungan di antara hal tersebut.

Setiap manusia memiliki pembuluh darah kecil yang berada di bawah kulit sekitar mata. Pembuluh darah ini sangat halus sehingga sel-sel darah merah bergilir untuk melewatinya. Namun, dalam prosesnya, sel darah merah merembes ke daerah sekitarnya. Untuk mengatasi hal ini, tubuh akan memproduksi enzim untuk membersihkan darah yang berada pada tempat yang bukan semestinya.

Penguraian sel darah merah oleh enzim inilah yang meninggalkan bekas hitam atau biru pada kulit. Mengapa bekas hitam atau biru mudah terlihat pada sekitar mata? Hal ini dikarenakan kulit di sekitar mata merupakan kulit yang paling tipis. Mengenai hubungan lingkaran di bawah mata dengan berbagai kemungkinan penyakit, bisa dilihat pada uraian singkat berikut.

Baca juga:  Rekomendasi Produk Masker yang Dikenal Cocok untuk Kulit Berjerawat
Wanita bermata panda karena kurang darah

Wanita bermata panda karena kurang darah

Hubungan Mata Panda dan Penyakit

  • Mata Panda Pertanda Anemia. Kekurangan zat besi adalah salah satu penyebab paling umum dari munculnya lingkaran hitam. Kadar zat besi yang rendah dalam tubuh merupakan penyebab paling umum dari anemia. Dengan demikian, Anda bisa mulai melakukan diet seimbang yang kaya sayuran berdaun hijau, produk susu, dan semua jenis buah-buahan untuk menjaga tubuh agar tetap sehat.
  • Mata Panda Tanda Dehidrasi. Dehidrasi adalah alasan lain yang dinilai menyebabkan lingkaran hitam di bawah mata. Ketika tubuh tidak memiliki jumlah air yang cukup, gejala dehidrasi sering terlihat di daerah tertentu, termasuk di sekitar mata. Karena itu, disarankan untuk mengonsumsi setidaknya 8-10 gelas air dan termasuk buah segar setiap hari. Anda juga dianjurkan untuk membatasi asupan minuman berkafein seperti teh, kopi, alkohol, dan minuman berkafein lainnya.
  • Gejala Penyakit Hati. Lingkaran hitam juga bisa menunjukkan disfungsi hati karena berbagai penyakit hati. Salah satu contoh dari penyakit hati adalah hepatitis.
  • Kekurangan Gizi. Lingkaran gelap di sekitar mata dapat disebabkan oleh gizi buruk. Untuk mencegahnya, Anda bisa melakukan diet sehat dan bergizi dengan mengonsumsi vitamin seperti A, C, K, E, dan nutrisi untuk membantu mencegah munculnya lingkaran hitam.
  • Alergi. Setiap kondisi yang menyebabkan mata gatal dapat menjadi pencetus warna gelap di daerah sekitar mata. Hal ini dipengaruhi oleh tindakan menggosok atau menggaruk kulit di sekitar mata. Selain itu, beberapa alergi makanan juga dapat menyebabkan daerah bawah mata terlihat lebih gelap. Bahkan, lingkaran hitam pada anak-anak sering menunjukkan masalah alergi.
Baca juga:  Harga Bersahabat, Ini Manfaat Sabun Kolagen HPAI untuk Tubuh dan Wajah

Mencegah Mata Panda

  • Melakukan kompres mata dengan lap bersih yang telah dibasahi dengan air dingin. Anda juga bisa memanfaatkan kantong teh berisi teh hijau atau potongan mentimun sebagai kompres.
  • Tidur cukup selama 7-8 jam per hari.
  • Tidur dengan posisi berbaring dengan kepala agak lebih tinggi.
  • Hindari kebiasaan sering menggosok-gosok atau mengucek mata.
  • Membersihkan riasan mata sebelum tidur.
  • Mengonsumsi buah dan sayuran yang kaya antioksidan, serta makanan yang mengandung kalium seperti pisang, kacang, yoghurt.
  • Kurangi atau hindari minuman beralkohol atau kafein, dan jangan lupa untuk minum air putih dengan jumlah harian yang cukup.
Memakai krim untuk mengatasi mata panda (sumber: conturacosmetic.com)

Memakai krim untuk mengatasi mata panda (sumber: conturacosmetic.com)

Produk Penghilang Mata Panda

Selain melakukan berbagai tindakan di atas, Anda juga bisa melakukan perawatan dengan menggunakan cream, gel, salep, atau alat yang bisa membantu menghilangkan mata panda. Salah satu alat yang dijual bebas di pasaran adalah eye roll-on Garnier. Produk itu berupa roll-on yang memberikan efek pijatan. Anda tinggal menggerakkan eye roll-on di sekitar mata secara perlahan dan Anda akan merasakan sensasi rasa dingin dan segar. Harganya sekitar Rp70 ribu.

Jika Anda merasa kurang nyaman menggunakan eye roll-on, bisa mencoba produk lain, misalnya Eye Lift Gel dari brand Aubeau. Harganya sekitar Rp170 ribuan untuk ukuran 15 gr. Selain itu, produk eye gel lain yang bisa dicoba adalah Complete Lift Eye Contour Lift Gel dari brand RoC. Produk RoC ini berupa gel mata yang diklaim mengandung anti penuaan dini dan juga dapat mengangkat kontur mata serta mengurangi kerutan pada area mata. Anda bisa mendapatkannya di Sogo, Guardian, Century, Watsons, dan lainnya. Eye gel dari RoC bisa didapatkan dengan harga sekitar Rp400 ribu.

Baca juga:  Teknik Pelekatan Yang Baik & Cerita Di Balik Proses Menyusui

Perlu Anda ketahui bahwa harga produk cream penghilang mata panda di atas tidak terikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Sebagai perbandingan, harga produk cream penghilang mata panda tersebut pada tahun sebelumnya berkisar Rp60 ribuan hingga Rp390 ribuan per kemasan.

Tidak hanya di tempat seperti Sogo, Guardian, atau Watsons, Anda juga bisa mendapatkan produk untuk mata di apotek, salah satunya Apotek K24. Untuk produk yang berhubungan dengan keluhan seperti mata panda atau menghilangkan kantung mata, Apotek K24 menyarankan produk/obat seperti Ever-E kapsul, Nourish Skin, Retin A, dan Probio-C.

Di apotek, Anda mungkin akan menemukan sebagian besar produk mata yang berhubungan dengan mata merah, iritasi, dan lainnya. Untuk mengetahui apakah ada produk cream penghilang mata panda di apotek, Anda bisa menghubungi apotek terdekat atau berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan obat yang tepat.

[Update: Almasshabur]

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: