Apa Yang Akan Terjadi Jika Berhenti Konsumsi Pil KB?

pil, kb, wanita, pria, berhenti, lepas, konsumsi, periode, datang, bulan, 3, tubuh, menyesuaikan, hormonal, indung, telur, hamil, suntik, alat, kontrasepsi, hormon, efek, oral, kadar, vitamin, B, asam, folat, resep, rambut, konsultasi, dokter Mencoba menghentikan konsumsi pil KB (sumber: NY Post)

Ada ribuan obat resep di pasaran. Ketika seseorang berbicara tentang , KB merupakan salah satu yang banyak dikonsumsi. Terdapat banyak pendapat kuat yang beredar, tetapi suka atau tidak, masih merupakan bentuk kontrasepsi reversibel yang populer di Amerika Serikat. Selain menjadi kontrasepsi yang baik, KB juga merupakan pengobatan efektif untuk PCOS. Beberapa orang bahkan telah mengonsumsi sejak masa puber. Tetapi, sebagian dari orang yang mengonsumsi itu juga ingin mengetahui kapan waktu yang tepat untuk berhenti konsumsi , dan apa dampaknya terhadap tubuh jika mereka berhenti mengonsumsi .

Pertama, jika Anda minum pil dan menyukainya, tanpa ada efek samping, mungkin tidak ditemukan alasan untuk berhenti. Ada kesalahpahaman umum bahwa tubuh Anda membutuhkan istirahat dari konsumsi pil setiap beberapa tahun. Secara , hal itu bisa dikatakan tidak benar. sehat dan tidak merokok dinilai aman untuk tetap menggunakan pil selama masa menopause. Risiko keseluruhan terjadinya komplikasi utama dengan kontrasepsi oral terbilang rendah.

Satu efek samping yang jarang terjadi adalah risiko kecil terjadinya penggumpalan darah. Bisa digambarkan perbandingannya dengan 3 banding 100.000. Risiko mungkin akan mencapai tingkat tertinggi dalam tiga bulan pertama konsumsi pil, tetapi menurun setelah itu.

Selain itu, tubuh Anda membutuhkan waktu sekitar tiga bulan untuk menyesuaikan diri dengan konsumsi pil dan tiga bulan untuk menyesuaikan diri untuk lepas dari pil. Jadi mengapa Anda harus menghentikan pil? Jika Anda memiliki kondisi medis seperti tekanan darah tinggi atau diabetes, risiko pembekuan darah Anda mulai meningkat secara signifikan di atas usia 35 tahun. Jadi, pada titik itu Anda harus menemukan bentuk kontrasepsi lain. Wanita lain memilih untuk menghentikan pil karena efek samping atau alasan paling jelas yaitu mencoba .

Setelah Anda menghentikan pil, mungkin diperlukan waktu 4-6 minggu supaya periode Anda kembali seperti biasa. Jika dalam waktu 3 bulan Anda belum , sebaiknya konsultasi ke dokter. Mayoritas wanita mungkin tidak merasakan perbedaan besar tetapi mungkin mereka bisa merasakan beberapa gejala ringan saat tubuh menyesuaikan untuk tidak mengonsumsi pil.

Jadi, apa sebenarnya yang akan terjadi pada tubuh Anda ketika berhenti mengonsumsi ?

pil, kb, wanita, pria, berhenti, lepas, konsumsi, periode, datang, bulan, 3, tubuh, menyesuaikan, hormonal, indung, telur, hamil, suntik, alat, kontrasepsi, hormon, efek, oral, kadar, vitamin, B, asam, folat, resep, rambut, konsultasi, dokter

Nyeri terjadi pada masa ovulasi (sumber: herhaleness.com)

Pil bekerja dengan mengganggu komunikasi antara otak dan indung telur dan mengganti fluktuasi hormonal normal dengan tingkat hormon yang sama di dalam pil. Bagi banyak wanita, hal itu mengurangi intensitas gejala PMS dan membuat mereka lebih ringan dan kram berkurang. Efek menguntungkan itu akan hilang ketika pil dihentikan konsumsinya. Fenomena itu adalah alasan mengapa Anda akan sering mendengar wanita menyalahkan ligasi tuba.

Jika Anda menghentikan konsumsi pil untuk mencoba hamil, rekomendasi umum adalah menghentikan pil (dan beralih ke metode non-hormonal seperti kondom) sekitar tiga bulan sebelum Anda ingin mulai mencoba hamil. Salah satu efek kontrasepsi oral adalah penurunan kadar vitamin B dan asam folat dalam tubuh Anda. Jadi, sangat penting untuk memulai konsumsi vitamin prenatal 3-6 bulan sebelum mencoba hamil untuk membantu mencegah cacat lahir dan mempersiapkan tubuh Anda untuk saluran nutrisi kehamilan.

Pil juga dapat menekan hormon testosteron, yang berarti bahwa ketika Anda berhenti konsumsi pil, Anda mungkin melihat jerawat dan beberapa rambut dagu tumbuh. Namun, manfaatnya adalah libido Anda biasanya akan meningkat, yang dapat membantu jika niat Anda untuk menghentikan pil adalah demi merencanakan kehamilan. Pergeseran hormon juga dapat memicu kerontokan rambut pada beberapa wanita (tetapi biasanya hilang dalam 3-6 bulan).

Dalam penelitian, sejumlah kecil wanita bertambah berat badannya karena konsumsi pil, dan ada juga yang kehilangan berat badan. Jika Anda adalah salah satu dari sejumlah kecil yang kehilangan berat karena pil, maka Anda mungkin melihat keuntungan ketika berhenti konsumsi pil. Satu hal yang perlu diperhatikan adalah gejala-gejala PMS dapat muncul kembali ketika lepas dari pil. Jadi bersiaplah ketika Anda tiba-tiba mengidam coklat dan kembung seminggu sebelum periode menstruasi Anda.

Pil KB mencegah ovulasi dan mengurangi kemungkinan adanya kista ovarium. Dari pil, Anda mungkin memerhatikan nyeri siklus pertengahan yang umum terjadi pada ovulasi. Jika rasa sakit berlanjut dan memburuk melalui siklus berikutnya, sebaiknya konsultasi dengan dokter Anda.

pil, kb, wanita, pria, berhenti, lepas, konsumsi, periode, datang, bulan, 3, tubuh, menyesuaikan, hormonal, indung, telur, hamil, suntik, alat, kontrasepsi, hormon, efek, oral, kadar, vitamin, B, asam, folat, resep, rambut, konsultasi, dokter

Mengonsumsi pil KB untuk mengontrol kehamilan (sumber: Huffington Post)

Pil KB akan berfungsi baik sebagai kontrasepsi dan pengurang banyak gejala selama masa datang bulan. Jika Anda menyukainya dan berfungsi untuk Anda, maka tidak perlu melakukan perubahan dalam konsumsi pil. Tetapi jika saatnya untuk melanjutkan, ketahuilah bahwa tubuh mungkin membutuhkan sedikit penyesuaian. Periode (datang bulan) Anda akan berada pada fase normal setelah tiga bulan lepas dari pil.

Selama beberapa dekade, alat kontrasepsi berupa pil KB telah populer dikonsumsi oleh wanita. Tetapi, kini, pil pengendalian kelahiran pria akan masuk di pasaran. Informasi itu menurut hasil studi baru dalam skala kecil yang dipaparkan di Chicago, AS. Obat itu diketahui aman dan efektif.

Penelitian menunjukkan bahwa pil harian untuk pria akan menurunkan tingkat hormon, sama dengan bentuk kontrasepsi jangka panjang lainnya. Studi menunjukkan tidak ada tanda-tanda kekurangan testosteron atau kelebihan testosteron. Pil KB pria dinilai sebagai alat kontrasepsi oral yang aman untuk digunakan pada pria dengan respons hormon yang konsisten dan sekaligus efektif sebagai kontrasepsi.

Penelitian mengatakan bahwa banyak pria lebih suka pil sebagai kontrasepsi reversibel, daripada suntikan untuk jangka panjang atau gel topikal. Jika seorang pria menggunakan satu atau dua pil KB, tidak akan terjadi apa-apa. Tapi, jika seseorang minum pil KB setiap hari dalam jangka waktu yang lama, mungkin pria akan merasakan dorongan seksnya menurun, jumlah rambut wajah bisa turun dan alat genital pria mungkin akan mengecil.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: