Apa Saja Efek Positif dan Negatif Olahraga untuk Kulit?

Ilustrasi: olahraga lari (Fitsum Admasu via unsplash)Ilustrasi: olahraga lari (Fitsum Admasu via unsplash)

Olahraga merupakan salah satu aktivitas fisik yang dilakukan untuk menjaga sekaligus meningkatkan kualitas hidup.[1] Meskipun ada banyak manfaat olahraga untuk kesehatan tubuh, beberapa orang merasakan kejanggalan pada kondisi kulitnya. Ini menimbulkan sebuah pertanyaan, apa ada efek samping atau negatif olahraga untuk kulit?

Efek Negatif Olahraga untuk Kulit

Dilansir dari HuffPost, manfaat olahraga sangat banyak, mulai dari membentuk otot tubuh, meningkatkan suasana hati, hingga membuat kulit menjadi lebih bercahaya. Meskipun aktivitas fisik ini bisa membantu menjaga kesehatan kulit, tetapi juga bisa menyebabkan iritasi pada kulit Anda. Biasanya, gangguan kulit yang muncul akibat workout adalah jerawat, ruam, gatal-gatal, dan infeksi.

Gangguan kulit seperti ini tidak hanya muncul di kulit wajah, tetapi juga kulit tubuh. Untungnya, penyakit kulit seperti ini tidak berbahaya dan sebagian besar bisa disembuhkan dalam waktu yang singkat dan mudah. Meskipun begitu, sebaiknya Anda berusaha mencegahnya daripada mengobati yang mungkin membutuhkan banyak biaya.

Dilansir dari sumber yang sama, olahraga bisa meningkatkan produksi keringat yang menyebabkan kondisi kulit menjadi buruk pada beberapa orang. Bagi Anda yang memiliki kulit sensitif dan mudah berjerawat, sebaiknya tidak berolahraga secara berlebihan. Ini mungkin bisa menyebabkan jerawat yang sulit dihilangkan, eksim, dan radang folikel di bagian kepala.

Baca juga:  Info Lengkap Cara Memilih Bedak yang Mengandung SPF
Ilustrasi: wanita berolahraga (Logan Weaver via unsplash)

Ilustrasi: kulit wajah berkeringat (Hayley Lawrence via unsplash)

Keringat juga bisa menyebabkan kulit menjadi lebih lembap dan ini membuat bakteri berkembang biak dengan cepat. Bakteri yang tumbuh melebihi batas normal, bisa menyumbat pori-pori di kulit dan menyebabkan benjolan seperti komedo atau jerawat nanah yang menyakitkan.

Untuk mencegah hal tersebut, Anda bisa m menggunakan pakaian yang longgar dan berbahan katun saat berolahraga. Baju seperti ini akan menyerap keringat dan membuat kondisi kulit menjadi tidak lembap. Sebaliknya, pakaian yang ketat berisiko terhadap ruam di area lipatan, akibat gesekan antara kulit dan kain.

Sebagai tips ampuh untuk mengurangi risiko gangguan kulit akibat workout, Anda bisa membersihkan diri. Setelah olahraga, cucilah muka Anda menggunakan sabun muka yang mampu menghilangkan kotoran dengan baik. Facial wash akan membantu mengurangi dan menghilangkan penumpukan keringat, minyak, dan bakteri penyebab jerawat. Pastikan juga Anda mandi setelah olahraga. Basuhlah seluruh tubuh menggunakan air dan sabun hingga bersih. Ini membantu mencegah gangguan kulit tubuh seperti jerawat punggung.

Baca juga:  Terapi Hormon Adjuvant, Mampukah Atasi Kanker Prostat?

Efek Positif Olahraga untuk Kulit

Tidak semua orang merasakan efek negatif olahraga untuk kulit. Ada juga yang merasakan efek positif setelah workout. Seorang pendiri Skin Wellness Dermatology di Birmingham, Alabama bernama Corey L. Hartman mengatakan, olahraga memiliki manfaat yang tak terhitung banyaknya untuk tubuh secara keseluruhan, terutama kulit.

Ilustrasi: wanita berolahraga (Logan Weaver via unsplash)

Ilustrasi: wanita berolahraga (Logan Weaver via unsplash)

Manfaat olahraga untuk kesehatan dan kecantikan kulit bisa dirasakan jika Anda melakukan workout dengan tepat. Aktivitas fisik yang tepat akan membantu jantung memompa darah dengan lebih cepat dan banyak. Hal ini bisa meningkatkan sirkulasi darah yang mengalirkan oksigen serta nutrisi ke kulit, mendorong perkembangan kolagen untuk mencegah kulit kendur dan membantu proses regenerasi sel dengan cepat.

Dengan penjelasan tersebut, bisa disimpulkan olahraga tidak selamanya berefek buruk. Jumlah kolagen yang banyak di dalam kulit, juga mampu membuat kulit Anda menjadi lebih elastis dan kenyal. Sehingga, Anda bisa mengurangi sekaligus menghambat gejala penuaan, antara lain, keriput, garis halus, dan kulit bergelambir.

Baca juga:  Info Lengkap Cara Membuat Susu Almond Booster ASI

Beberapa orang juga berpendapat, olahraga tidak selalu berdampak buruk. Berkeringat saat olahraga memang hal yang wajar, tetapi ini bisa diatasi. Disamping itu, olahraga bisa membuat kulit tampak bersinar dan awet muda. Ini karena proses regenerasi sel yang stabil dan banyaknya kandungan oksigen pada darah di area wajah.

Manfaat lain olahraga untuk kulit adalah mampu meningkatkan daya tahan kulit. Pada orang yang kurang olahraga, biasanya kulitnya lebih sensitif dan mudah rusak, apalagi jika terkena polusi udara dan sinar matahari. Hal ini berbeda dengan mereka yang sering melakukan aktivitas fisik secara rutin. Kulit yang semula rapuh dan sensitif, mampu menjadi lebih kuat dan tidak mudah rusak, karena sudah terlatih dan dapat beradaptasi dengan berbagai kondisi saat berolahraga.

[1] Oktriani, Seni, Iyus Solihin, Lilis Komariyah. 2019. Physical Activity in Elderly: An Analysis of Type of Sport Taken by Elderly in Bandung. Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga Universitas Pendidikan Indonesia, Vol. 4(1): 62-67.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: