Apa Itu Lucid Dreaming?

lucid, dreaming, mimpi, sadar, REM, fase, siklus, tidur, waktu, menit, tahap, terakhir, penting, dream, jam, kesadaran, dunia, nyata, di, kesehatan, rapid, eye, movement, non, NREM Ilustrasi: tertidur pulas

merupakan aktivitas rutin yang dilakukan setiap hari. Manfaat kognitif, fisik, dan emosional dari terbilang cukup bisa dirasakan. Mungkin dalam waktu sekitar satu setengah jam Anda terpejam, tubuh akan memasuki tahap terakhir dan paling penting dari siklus yaitu REM.

Sebelum Anda benar-benar memasuki fase tidur terakhir, setidaknya ada empat tahap yang akan dihadapi. Menurut dr. Astuti Sp. S (K) menjelaskan bahwa orang dewasa normalnya tidur selama 7-8 hari. Selama waktu tidur tersebut, akan terjadi 5 tahap siklus tidur.

Tahap pertama adalah waktu memulai tidur karena sudah Anda mengantuk. Pada tahap ini, seseorang belum benar-benar tertidur, tetapi masih sedikit sadar. Tidak lebih dari 15 menit, orang tersebut akan tertidur atau memasuki siklus tidur tahap dua. Pada tahap kedua ini, tekanan darah mulai menurun, detak jantung pelan-pelan mulai mengendur. Tahap ini juga ditandai dengan badan merasa dan yang istirahat.

Kemudian, memasuki tahap tiga dan empat, seseorang akan semakin pulas tidurnya. Tahap ketiga adalah fase non-rapid eye movement (NREM), di mana tubuh akan memperbaiki sel-sel yang rusak setelah seharian beraktivitas. Dilanjutkan dengan tahap empat ini, ketika tekanan darah dan suhu tubuh masih rendah. biasanya akan muncul pada kedua tahap ini.

Tahap terakhir adalah rapid eye movement (REM). Pada tahap ini, mimpi seseorang akan utuh. Secara perlahan, detak jantung dan tekanan darah kembali meningkat. Seseorang pun akan merasa siap terbangun setelah melewati siklus tidur sebelumnya.

REM biasanya terjadi selama 90 menit setelah terpejam. Dan Anda akan menghabiskan sekitar 20 menit untuk memasuki tahap ini. Setiap interval REM akan semakin lama. Fase pertama dari REM biasanya pendek, kemudian pada malam hari akan menjadi lebih lama.

Meskipun secara teknis, tubuh istirahat ketika sedang tidur, tetapi selama fase REM, akan sangat waspada. Bahkan, keadaan otak saat fase tersebut hampir sama dengan keadaan otak pada saat Anda terjaga.

lucid, dreaming, mimpi, sadar, REM, fase, siklus, tidur, waktu, menit, tahap, terakhir, penting, dream, jam, kesadaran, dunia, nyata, di, kesehatan, rapid, eye, movement, non, NREM

Ilustrasi: fase tidur setelah melalui tahap awal

Ada yang menunjukkan bahwa orang yang kekurangan fase REM saat tidur, mungkin akan meningkatkan risiko obesitas, permasalahan , dan meningkatkan inflamasi. Hal itu jelas bahwa REM menambah kualitas dalam hidup dan mimpi.

Tetapi, apa yang akan terjadi ketika keadaan sadar dan alam Anda bersatu? Hal itu bisa disebut dengan lucid dreaming/lucid dream. Kejadian itu biasa juga disebut dengan mimpi sadar. Lucid dream adalah keadaan di mana seseorang menyadari dirinya sedang bermimpi dan ia bisa mengendalikan apa yang terjadi dalam mimpinya.

Lucid dream biasa terjadi pada fase REM. Fenomena ini ditandai dengan kesadaran bahwa saat itu Anda memang sedang bermimpi, bukannya berada di dunia nyata. Kemudian, tidak seperti mimpi pada umumnya, Anda punya kendali terhadap apa yang terjadi dalam mimpi tersebut. Misalnya di dalam mimpi sadar, Anda melihat ada sebuah rumah di seberang sungai. Anda tidak tahu apa atau siapa yang ada di dalam rumah tersebut, maka secara sadar Anda menggerakkan diri untuk menyeberangi sungai dan mendekati rumah tersebut, persis seperti di dunia nyata.

Akan tetapi, kejadian dalam lucid dream Anda belum tentu masuk akal. Seperti mimpi lainnya, Anda bisa melakukan hal-hal yang tidak mungkin terjadi di dunia nyata atau bertemu dengan orang-orang tak terduga. Misalnya Anda mimpi berada satu pesawat dengan artis idola Anda. Lalu secara sadar, Anda memberanikan diri untuk mengajak artis tersebut untuk terjun ke luar pesawat bersama-sama.

Di dunia nyata, hal-hal seperti ini tidak mungkin terjadi, bukan? Namun, justru karena Anda sadar sedang berada dalam mimpi, Anda jadi berani bicara langsung dengan artis idola tanpa gugup. Tak tanggung-tanggung, Anda juga lompat ke luar pesawat dan melayang-layang di angkasa. Ini berarti Anda punya kendali terhadap mimpi.

Sebenarnya setiap orang memiliki kemampuan untuk menyadari sedang bermimpi, tapi tergantung seberapa cepat Anda menyadari hal ini dan kemudian bisa mengontrolnya. Setidaknya setiap orang akan mengalami lucid dream satu kali seumur hidupnya secara tidak sengaja.

lucid, dreaming, mimpi, sadar, REM, fase, siklus, tidur, waktu, menit, tahap, terakhir, penting, dream, jam, kesadaran, dunia, nyata, di, kesehatan, rapid, eye, movement, non, NREM

Ilustrasi: gambaran di alam mimpi

Tujuan manusia mengalami lucid dream sendiri belum diketahui secara pasti. Akan tetapi, banyak terapis dan ahli yang memanfaatkan kondisi mimpi sadar sebagai pengobatan atau terapi. Misalnya untuk menyembuhkan trauma psikologis, meningkatkan kepercayaan diri, mengembangkan kepekaan diri, dan menjelajahi alam bawah sadar.

Pasalnya, dalam lucid dream, Anda bisa melakukan berbagai hal yang belum bisa atau tidak mungkin dilakukan di dunia nyata. Bahkan, beberapa terapis akan memicu mimpi sadar pada orang yang lumpuh agar dalam mimpinya ia bisa merasakan bebasnya bergerak dan berjalan.

Meskipun dalam kebanyakan kasus lucid dream terjadi begitu saja tanpa disengaja, para ahli telah menemukan beberapa teknik untuk memicu mimpi tersebut. Salah satunya yaitu sebelum tidur Anda harus meluangkan waktu untuk memikirkan apa yang ingin ada dalam mimpi. Mungkin Anda ingin mencari solusi untuk masalah yang sedang dihadapi atau pergi ke suatu tempat. Apapun itu, cobalah untuk fokus pada pikiran tersebut hingga Anda tertidur.

itu disebut dengan predeterminasi dan harus selalu dilatih berulang-ulang dalam waktu yang cukup lama. Anda juga bisa memancing lucid dream dengan membiasakan diri untuk bangun tidur setiap lima sampai enam jam. Akan tetapi, cara ini tidak direkomendasikan untuk dilakukan setiap hari karena bisa mengacaukan jam tidur Anda. Jam tidur yang tidak teratur atau kurang tentu dapat membahayakan .

Deskripsi: Ketika keadaan sadar dan alam bawah sadar Anda bersatu akan menimbulkan lucid dreaming/lucid dream. Kejadian itu biasa juga disebut dengan mimpi sadar. Lucid dream adalah keadaan di mana seseorang menyadari dirinya sedang bermimpi dan ia bisa mengendalikan apa yang terjadi dalam mimpinya.

 

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: